Pages

Minggu, 18 Maret 2012

Resep Meraih Kebahagiaan Menurut Petunjuk Qs Al Fatihah , (uri-uri Jawa )


Tidak ada satu pun manusia yang tidak ditimpa keresahan akibat  memikirkan perbaikan dan kemajuan hidupnya.Namun tidak jarang pula mereka justru tidak bisa menikmati ke suksesan hidup nya dengan baik   lantaran nafsu yang tak pernah terpuaskan dan  besarnya hasrat ingin menguasai. Sementara yang tidak berhasil mewujudkan harapannya akan kecewa,cemas ,gelisah dan putus asa.Lantas bagaimana sebenarnya meraih kebahagiaan…



1.       bakal putus amalane yen miwiti lelaku ora moco basmalah” ,bakal putus amalan apabila tanpa dimulai ,Dengan menyebut Nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang “.Menyebut Nama Allah bisa berarti merupakan niat awal dalam melakukan sesuatu hanya lantaran bentuk pengabdian  kepada Nya. Sehingga dalam proses pelaksanaan tugas menjalankan prinsip yang trustworthy ,bisa dipercaya. Mengerjakan sesuatu sebagaimana mestinya secara optimal akan mendatangkan ketenangan,karena tidak dilanda kecemasan lantaran perbuatan curang.

2.       “Sakabehe pujian mung  gadane gusti Allah “,Segala Puji Hanya Milik Allah.Apabila setiap orang menyadari Allah   Yang Maha Terpuji ,tentu dalam melakukan amalan kebaikan tidak memiliki motivasi dan pretensi  ingin mendapatkan simpati ataupujian dari orang lain. Sehingga tetap berkesinambungan perbuatan baiknya  tanpa atau mendapat pengakuan dan pujian dari orang lain.Ketulusan adan keikhlasan akan membuatnya nyaman dalam memperbaiki keadaan.

3.       ‘Bukti soko ono katresnan iku seneng menehi “ .  Bukti dari rasa sayang adalah kesenangan memberi  karena Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang .Dengan menduplikasi sifat Allah ini akan membuat setiap orang akan memiliki kesenangan memberi daripada meminta  sebagai bukti menyayangi  dan peduli terhadap sesuatu.Sedangkan pemberian bisa bermacam macam,harta .ilmu tenaga ,dan sikap yang baik.Kehidupan dunia ini akan menjadi sejahtera dan harmoni  bila masing masing orang lebih senang memberi  daripada meminta.

4.       ‘Sakabehe lelaku ono balesane ‘.Segala Perbuatan ada balasannya karena Allah Yang Menguasai Hari Pembalasan . Jika setiap manusia yakin semua perbuatan pasti akan mendapatkan balasan tentu semestinya hanya perbuatan baik yang dilakukan ,bahkan mendorong memberikan yang terbaik dari yang dia bisa untuk kepentingan terbaik kebaikan umat manusia.dengan menyadari adanya hari pembalasan manusia akan menghindari perbuatan yang merugikan pihak lain sekaligus dapat melestarikan kehidupan bagi anak cucunya.

5.       ‘amarga ibadah awakmu oleh pitulungan” lantaran ibadah akan mendapatkan pertolongan Allahkarena Hanya kepadaMU kami menyembah dan hanya kepadaMu kami mohon pertolongan. Banyak orang mengabdikan diri  ,loyalitas dan setia bukan untuk Tuhannya .Akibatnya  mereka bisa menjadi kecewa ,tak satupun orang yang dijadikan curahan kesetian bakal menolong .Pada dasarnya setiap orang memilih keselamatannya sendiri sendiri apalagi jika ada musibah bahkan mereka menolak disangkut pautkan.Karena itu jika anda meninginkan pertolongan oleh Nya setialah kepadaNYa.

6.       mlakuho sing jejer ojo mengah minguh “ berjalanlah memegang prinsip jangan tergoda rayuan,Berilah petunjuk jalan yang lurus. Dalam memperjuangkan prinsip kebenaran dan kebaikan selalu saja ada rintangan dan godaan yang membuat orang bisa melalaikan niat awal menjalani kehidupan ,karena manisnya tipuan dunia.Memegang prinsip yang kita pegang teguh bisa dikalahkan oleh situasi dan lingkungan yang  tidak kondusif.Karena itu meminta pertolongan dari kuasaNya yang akan membuat kita berada dalam petunnjukNya.Sehingga tidak terjebak penyesalan.

7.       “ Ukiren  sejarah uripmu marang lelaku sing bener ojo sing olo’,mengukir sejarah hidup dari perilaku yang baik dan benar bukan salah dan dosa. Meminta petunjuk kepadaNYa jalan yang diridhohi dan bukan jalan yang dhalim . Mengingat saat ini orang sulit mempertahankan jalan kebenaran lantaran perbuatan tidak benar sudah menjadi kebiasaan hidup sehari hari masyarakat. Hanya orang yang meyakini keberadaaNYa yang akan mendapat petunjukNya.


Jumat, 16 Maret 2012

Belajar Meraih Keberuntungan dan Kebahagiaan Di Tempat Kerja, Professional Officer Excellent


Case Study

 Budiman ,Sebagai Pegawai  Honorer  Baru ,apalagi cuma staf di sebuah Instansi, tentu  tidak bisa berbuat macam macam. Meskipun di Instansi tersebut cukup banyak pegawai titipan  yang etos kerja  dan kinerja  profesionalitas  tidak terukur  untuk hasil karyanya. Sehingga  Budiman hanya wait and see  untuk mengerjakan tugas keseharian.Karena meskipun SK penempatannya sudah jelas namun yang dikerjakan tidak sebanyak waktu jam kerjanya.Akibatnya memang bisa dipastikan lebih banyak waktu luang.




Budiman tidak seperti yang lainnya ,untuk sengaja menghindari pekerjaan utama atau pekerjaan tambahan .Budiman  justru selalu mengerjakan tugas utamanya sebaik mungkin dan menyelesaikan tugas tambahannya tepat waktu. Sehingga atasannya selalu memperhitungkan Budiman untuk proyek proyek kegiatan selanjutnya,lantaran etos kerja  serta” performance” nya.


Qur’anic  Frame work
                                                     
Apakah salah seorang diantara kamu ingin memiliki kebun kurma dan anggur  yang dibawahnya mengalir sungai –sungai dan segala macam buah buahan ada didalamnya……..”Qs Al Baqarah 266



Abstract and Implementation 

Professional officer responds proactively to the wider needs of the environment and the community in which it operates and encourages its people to do likewise”

Pada saat ini dan di masa depan instansi apapun dituntut untuk dapat memberikan pelayanan prima,lantran “konsumen “dari lembaga bersangkutan, bisa komplain melalui berbagai media yang bisa berdampak pada citra lembaga  . Maka  pegawai apapun statusnya (honorer ,PNS)  semakin dituntut menunjukan perannya sebagai  mitra strategis dan agent of change bagi kemajuan dan kebaikan,instansi bersangkutan. Tidak asal menjadi pegawai menunggu kenaikan pangkat dan tunjangan/gaji.

Meskipun masih banyak dijumpai stereo type bahwa  kinerja pegawai  negeri sipil belum optimal alias banyak waktu luangnya serta belum memberikan kepuasaan  kepada pelanggannya   nyaris beredar disetiap lapisan masyarakat. Menanggapi label dan kenyataan yang memang kurang menyenangkan ini ,seorang pegawai  negeri ‘profesional “ harus menanggapi dengan kebesaran hati.Bagaimana pun keluhan,penilaian masyarakat itu semestinya merupakan “cambuk “bagi setiap pegawai untuk bekerja lebih profesional .Agar  masyarakat menyadari  bahwa anggapan  pegawai  negeri sipil itu kinerja belum optimal menjadi berubah.Yakni mereka mendapatkan pengalaman pelayanan prima bagi solusi yang dicarinya.

Dengan bekal knowledge  dan knowhow  yang dimiliki pegawai lantaran proses  rekrutmen &diklat yang diselenggarakan instansi bersangkutan.PNS yang profesional ditantang untuk menggali  dan mengaktualisasikan  potensi terpendam dirinya untuk dapat  memberikan kinerja terbaiknya bagi pelayanan prima di Instansi dimana mereka bekerja.

Inilah beberapa cara perilaku yang bisa anda kembangkan untuk menjadi pegawai (PNS/Non PNS) yang handal pada instansi anda bekerja  :



1.       Bersyukur dan Bersabar

"Patient ,is this deep and the powerful sense ,is not same a joy that  are going well  or willing ness  to invest  in enterprises that are obviously heading for success." 



Implementasi rasa syukur adalah menghargai profesi yang anda  terima dan selanjutnya ,profesional dalam kinerja secara optimal .Sehingga menghasilkan  karya yang memuaskan. Sedangkan bersabar adalah bentuk pengendalian diri untuk tidak ikut arus  yang terjadi pada perilaku  negatif pegawai lainnya, yang bisa berdampak  pada rasa tidak nyaman pada diri sendiri. Tergesa gesa,putus asa dan terlalu banyak menuntut hanya akan membuat anda kecewa dan mengecewakan semua pihak konsumen,rekan kerja dan atasan.

Kunci sukses : Fokus pada penyelesaian tugas secara optimal tanpa harus  sombong dan mengabaikan rekan kerja.  


2.       Hindari Rasa Iri

“Beware how take away hope from another human being”

Perasaan iri bisa saja menyelimuti anda bilamana  perlakuan  “unfairness “terjadi pada anda,apalagi dimana banyak pegawai yang menggunakan cara cara tidak etis untuk mendapatkan proyek atau perhatian dari atasan.

Ada baiknya anda mengevaluasi latar belakang mengapa anda iri atas “keberhasilan “ pegawai lain. Mulailah dari  penyebab anda iri  ,apakah lantaran kompetensi prima,sifat watak atau lainnya. Selanjutnya ada baiknya anda belajar cara sukses  kepada pegawai bersangkutan dari pada memusuhinya ,sehingga sekalipun anda belum mendapatkan proyeknya setidaknya anda mendapatkan resep suksesnya.

Kunci Sukses ; Rasa iri bisa berdampak positif jika membuat anda ingin  bekerja lebih baik…

3.       Fokus Pada Melaksanakan Tugas

Taking  responsibility for your actions is the grown up  thing  to do…

Jangan tergoda oleh pengaruh dorongan hati atau pengaruh rekan kerja yang membuat anda menjadi tidak berfokus pada pelaksanaan tugas,karena reliability seorang pegawai adalah keterandalannya dalam menyelesaikan tugasnya secara optimal.Dengan melaksanakan tugas secara optimal anda akan sangat berbahagia dan bersemangat menghadapi tantangan tugas/target berikutnya.Anda akan mendapatkan kepuasaan kerja lantaran berhasil memberikan yang terbaik dari yang anda bisa…


Kunci Sukses : Temukan kebahagiaan dalam bekerja lantaran anda bisa memberikan  performance yang terbaik dari yang anda bisa.


4.Kantor adalah Jembatan Surga

The challenge is that it takes consciousness to grow consciousness . Think about what it means  for this to be true


Persepsi dan believe system memberikan pengaruh besar terhadap professional life yang anda jalani. Pada kenyataannya  perilaku yang muncul kepermukaan adalah cerminan dari kualitas isi hatinya. Karena itu professional value yang berbasis dari system keyakinan yang anda anut berpengaruh pada penampilan,perasaan,,ucapan ,tindakan dan kinerja  serta berdampak langsung pada rasa percaya diri ,harga diri dan citra diri.


Kunci Sukses; Niatkan bekerja sebagai ibadah agar anda dapat mempersembahkan yang terbaik dari yang anda bisa.

Minggu, 11 Maret 2012

Belajar Hidup Lebih Optimis

"Kami akan memperlihatkan kepada mereka segenap" ayat" Kami  di seluruh  penjuru alam   dan pada diri mereka sendiri...". QS Fushshilat:53 
 
Perasaan optimis merupakan cara pandang seseorang tentang adanya harapan di masa depan.Sekalipun ragam persoalan yang dihadapi terus menghimpitnya.Rasa optimis mendorong seseorang untuk terus berupaya dan melakukan perubahan ,seperti seorang pelari marathon yang  sudah melihat garis finish didepannya.Orang optimis hanya dengan melakukan suatu perubahan keadaan  yang akan terwujud daripada membiarkan kecemasan,dan kegalauan yang bakal  merusak gairah hidupnya.






Inilah kiat agar hidup lebih optimis:

1.       “Anda akan menciptakan keadaan seperti yang anda pikirkan”.hanya orang yang berpikir baik baik tentang keadaan dirinya akan memperlakukan dirinya dengan lebih baik sehingga yang bakal terjadi tidak ada lain kecuali kebaikan .  

2.       “Lebih baik berusaha daripada membiarkan hati galau” .Jika galau dibiarkan dia akan menggerogoti kebahagiaan dan keberanian hidup yang anda miliki ,maka lakukan langkah awal dari sebuah perubahan jangan pikirkan kegaluan yang anda rasakan.Setidaknya anda tahu langkah apa yang selanjutnya anda ambil daripada terus menerus galau tidak ada ujung-pangkalnya.

3.       “Jangan cemaskan yang belum terjadi”. Seringkali anda enggan melangkah karena berpikir apa yang bakal anda kerjakan bakal gagal,padahal anda belum mencobanya.Mulailah untuk memiliki keberanian mencoba sebagai langkah awal ,anda akan mendapatkan keuntungan yakni mendapatkan pengalaman belajar sesuatu yang  baru.

4.       “Tidak harus ahli di semua bidang”. Pikiran anda harus bisa menguasai semua bidang lantaran anda melihat orang lain piawai mengatasi segala sesuatu  ,multi talented ,hanya akan membuat anda hanya berfokus pada keterbatasan. Mulailah mengenali talent  dengan mengembangkan sesuatu yang anda sukai dan kuasai,mendorong anda menjadi ahli dan memiliki percaya diri.


5.       “Jangan merasa ditolak oleh lingkungan”.Seringkali orang menarik diri enggan bergaul karena takut kehadirannya tidak diterima dan disukai orang lain atau memandang lingkungan bukan tempat yang pas bagi anda. Setiap orang memiliki kecakapan beradaptasi ,bergaulah ,kenalilah mereka ,pada prinsipnya orang akan menerima orang lain yang bisa menyesuaikan diri.

6.       ‘ Jangan Takut berubah “ Jangan berdiam terlalu lama pada “zona nyaman” yang tidak membawa kebaikan ,kemajuan dan kenyamanan  kehidupan anda.Miliki keberanian melangkah memperbaiki kemajuan hidup anda.Jangan menunggu sampai keadaan membuat anda benar benar harus menyelamatkan diri.


7.       ‘Setiap orang berhak meraih suksesnya sendiri”. ,mulailah dari hal yang paling anda sukai dan kuasai selanjutnya kembangkan sehingga menjadi sebuah inovasi yang bermanfaat bagi orang lain,niscaya mereka akan membutuhkan anda.

8.       Bergaulah dengan orang optimis”. Pergaulan akan menentukan pola pikir persaan dan kebiasaan dalam bertindak .Jika anda bergaul dengan orang optimis anda akan melihat hari esok akan lebih indah dari hari ini apalagi kelamnya masa lalu.


9.       “berhenti lah mencari tip lainya ,segeralah lakukan…!


Jumat, 09 Maret 2012

Build Your Self Image , Cara Membangun Citra Diri Yang Di Terima …


“Jika kamu menyeru mereka,mereka tiada mendengar seruanmu dan kalau mereka mendengar ,mereka tidak dapat mem pekenankan permintaanmu”Qs Al Faathir :14



Tantangan bagi seseorang saat ini adalah kehadirannya dapat diterima dimana mereka berada.Banyak cara dilakukan  agar citra diri dapat mendongkrak popularitas secara Instant.Trend kedepan model terkenal –populer secara instant  ini akan terus berkembang dengan adanya ICT utama nya you tube.

Mereka bukan membangun citra diri berdasarkan reputasi kualitas pribadi terkenal sesaat.Hal ini membuat banyak diantara kita yang tidak lagi memikirkan bagaimana menjadi pribadi yang diterima dan dikenal lantaran karya dan perbuatan yang dilakukan tapi cukup lima belas menit bisa terkenal. 

Padahal terkenal sesaat tanpa diimbangi  dengan “isi” kompetensi yang memadai akan mudah pudar,kompetisi tanpa kompetensi akan mudah basi.Bagaimana agar anda bisa memiliki citra diri positif ,diterima dan  dikenang  dapat mendatangkan solusi bagi orang lain..? inilah beberapa langkah sederhana:



1.Focus On “Conversation” Your Talent & Mental Attitude


“The future belongs to those who prepare for it” ( Ralph Waldo Emerson )

Masyarakat kita lebih kolektif dalam menilai suatu produk atau perilaku seseorang. Mereka tidak jarang subjektif menurut referensi komunitasnya daripada penilaian secara pribadi.Membuat anda akan lebih cepat dikenal kan oleh salah satu anggota kelompok kepada  anggota /kelompok orang lain . Jika talent  dan mental attitude anda berkesan dibenak salah satu atau beberapa kelompok ,maka semua anggota komunitas itu akan lebih mudah diterima oleh mereka . Tidak jarang orang orang yang “diagungkan” komunitas ,kehadirannya dielu -elukan anggota komunitas bersangkutan.Karena itu Conversation –skill wajib anda lakukan agar talent and metal attitude anda bisa dikenali.


1.       Wisdom ,High Competency And Humble

“If you cannot accept it,you have to change your self ‘

 Tuntutan bahwa anda memiliki kompetensi yang bisa diandalkan  adalah sebuah keharusan untuk memenangkan persaingan.Bagi orang orang yang memiliki kompetensi tinggi beranggapan bahwa dengan kompetensinya dirinya patut mempertahankan “ego “ sektoral yang tinggi. Karena beranggapan dirinya yang super dan dibutuhkan ,padahal tidak ada orang super, diatas langit ada langit ,diatas kompetensi yang dimiliki ribuan orang siap mengganti.Bagi orang  yang “wisdom “pantang sombong merendahkan orang lain dan menolak kebenaran .Mereka selalu berpikir orang lain tidak suka direndahkan dan kebenaran adalah informasi yang sangat berguna, sehingga kehadiran orang ‘wisdom’ selalu diterima dimana pun berada karena kerendahan hati yang dimilikinya.

2.       Strong Emphaty

“If you are  aware of your impact on others,you may not be too surprised by the feedback you recieive.”

Setiap orang suka dihargai ,dimengerti dan dimanusiakan ,sebagaimana anda pun menyukai nya. Karena itu sikap menghormati  pendapat dan karya orang lain,keinginan untuk mengerti kesulitan orang lain dan memperlakukan orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan adalah bagian terpenting perilaku empati yang kuat.Kekuatan empati yang anda miliki membuat anda akan “diterima tidak sebatas “ hub transaksiaonal,sebatas hubungan rekan kerja atau  rekan bisnis namun anda akan ditempatkan dihati orang lain dilubuk hati yang paling dalam , kehadiran anda dirindukan dan kepergaian anda ditangisi.


3.       Servant Leadership

“The best practice is to check out  your own interpretation with a number of  other people  and if their translation of you matches the feed back start talking to your self!”


Kepemimpinan yang melayani,artinya setiap aktivitas yang anda miliki selalu berorientasi memberikan kemanfaatan bagi orang lain . Karena sebaik baik manusia adalah yang kehadirannnya dapat memberikan kemanfaatan bagi orang lain. Apakah harta,ilmu,tenaga atau sikapnya. Miliki kekuatan untuk mempengaruhi orang lain melalui hasrat yang besar untuk melayani orang lain ,baik dalam mengerti kecemasannya,menghargai pendapat maupun karyanya atau dapat memberikan solusi bagi persoalannya.Seorang pemimpin tidak akan menadapat keuntungan kalau hanya berpikir keuntungan pribadi.


4.       Imitator and Inovator

We cannot see what is showing on our face if our hand is covering it . So pull your hand away and take a peek.


Falsafah proses pembelajaran 3N: Niteni ,Niroke dan Nambahi yang diajarkan olah Kihajar Dewantara ,merupakan pedoman bagi seseorang untuk dapat produktif menghasilkan karya inovatif.Karena untuk menghasilkan sebuah karya tidak harus melalui ide original.Produk produk dari Jepang ,Korea dan Cina mengambil pola 3N. Mereka bukan sekedar meniru tetapi perniru yang bisa memberikan added value pada hasil produksinya.Mereka melakukan proses churning yaitu melakukan proses imitasi dan inovasi dengan cepat.mereka meniru apa yang dilakukan Negara barat dan dengan cepat melakukan inovasi. Bagi anda yang dapat melakukan peniruan sekaligus berinovasi, kehadiran anda lebih mudah diterima lantaran datangnya dari bangsa sendiri apalagi jika dapat memberikan layanan mudah ,murah ,cepat dan tepat guna.


6.Flexible and Adaptif 


 “You may have  wonderfull ideas and grand intentions,but be sure that you are expressing those plans  and ideas in way that other  can hear you..”

Memegang teguh pada komitmen sesuai portofolio  sebagai ikatan  formal yang dibuat  adalah keharusan. Namun fleksible sesuai kasus dan situasi yang terjadi akan membuat orang merasa dapat dimudahkan atas  harapan yang dimilikinya.Lantaran pada kondisi yang tak terduga “unpredictable variable” orang bisa saja tidak sanggup menjalani komitmen nya.Apapun yang dibuat dari komitmen asal masing masing pihak bisa saling mengerti tidak menjadi masalah.Karena itu sikap fleksible anda yang sesuai kebutuhan akan membuat orang lain merasa nyaman membangun relasi bersama anda.

Sedangkan sikap adaptif akan membuat anda lebih mudah dalam menyesuaikan diri atas situasi ,lingkungan perkembangan teknologi sehingga anda lebih mudah diterima orang lain. Lantaran anda bisa bergaul dan mendatangkan rasa aman bagi orang lain .Tanpa memperbesar jurang perbedaan yang ada.


1.       Be Obsever

“It is relief to know why you behave as you do and what can do about it.”

Pengamatan akan dapat mendatang ide ide yang bisa menghasilkan suatu karya atau kegiatan yang bermanfaat bagi orang lain. Mengamati yang menjadi need ,want and anxiety dari orang lain dapat memberikan gagasan dan memotivasi bagaimana cara memenuhinya. Asahlah terus kecakapan anda mengamati dari dekat apa yang terjadi pada masyarakat sekitar anda .Jika  anda terus menerus anda lakukan akan menghasilkan intuisi memberikan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan  ,keinginan dan kecemasan orang lain.Sehingga ide/karya anda menjadi solusi bagi mereka.


Kata orang bijak ,dimana ada langit disitu bumi berpijak kemampuan ‘membawa diri akan membuat anda bisa diterima oleh orang lain.



Kamis, 08 Maret 2012

Power Up Your Integrity , Cara Menjadi Pegawai Negeri Sejahtera tanpa Korupsi.


Case Study


Meskipun tahu dilingkungan kerjanya banyak kegiatan rekan kerja yang melakukan “kecurangan kecil kecilan “mulai dari memark up anggaran,nilai kwitansi yang tidak sama dengan trmasaksi ,mencuri asset  instansi ,memberikan laporan kegiatan yang tidak sesuai dengan penyelenggaraan  dan berbagi kecurangan yang lainnya .Rosa tetap berpendirian bekerja jujur itu bisa memberikan ketenangan hati tersendiri sehingga tidak perlu harus ikut ikutan.Lantaran tahu sebesar apapun benda yang dicuri terang terangan maupun sembunyi pada akhirnya akan habis dan dapat dipastikan akan menimbulkan kecemasan saat diaudit.Makanya Rosa  memilih tidak ikut  ambil bagian dalam “koalisi- jahat”.

Sebagai staf operasional ,sisa waktu dari jam pulang kantor digunakan untuk berdagang batik dan parfum omzetnya lumayan.Lantaran konsumen dalam instansinya  merupakan konsumen tetap yang repeat buying belum konsumen lain yang dibangun melalui komunitas yang dibangunnya.Termasuk membangun jaringan networking melalui media ICT. Baginya bukan nilai rupiah yang banyak yang membahagiakan namun hasil keringat dari kerja yang jujur yang membuatnya nyaman dan damai.

Prinsip ini dipegang sampai saat ini ketika mendapat jabatan kasie keuangan di instansi lain ,ia tetap sosok yang dapat memotivasi dirinya dan memotivasi orang lain,ia dapat mengenali ragam perilaku karyawan lain tanpa ikut arus,dirinya sosok yang ramah namun disegani,ia memiliki kejelasan territory management  ,memiliki kinerja yang terukur dan membanggakan serta  berbagi atribut  positif yang lain . 


Qur’anic Framework




“Dan janganlah kamu mengatakan terhadap apa yang disebut sebut oleh lidahmu secara dusta ‘ini halal dan ini haram ‘ untuk mengada adakan kebohongan terhadap Allah. Sesungguhnya orang orang yang mengada adakan kebohongan terhadap Allah tiadalah beruntung “QS An Nahl 116.


Power Up Your Integrity


Dengan makin dituntunya instansi untuk menjalankan keterbukaan public maka tak ada satupun bidang bidang kerja yang tidak menjalankan sistem manajemen yang transparan,jujur,adil akuntable serta bisa diakses.Walupun masih saja ada bebrapa oknum yang main main lantaran merasa tidak mungkin ketahuan,kalau menurut saya itu hanya persoalan waktu.

Mau tidak mau suka tidak suka positif mental attitude sebagai pegawai  negeri menjadi ukuran, dari bagaimana instansi bersangkutan mengembangkan filosofi organisasinya.Perubahan mental dan mindset  dari setiap jajajaran pelaku organisasi tersebut terutama top manajeman,kepala bidang,kepala seksi ,penyelia sampai pegawai operasional.Dengan kata lain integritas professional harus merupakan paradigma bagaimana memandang menjadi pegawai  negeri sebagai abdi Negara ,pelayan masyarakat dan memegang amanat TUhan.


Kita mengetahui di era serba maju ini ,untuk bisa bertahan dan sukses menjadi CEO di perusahaan /instansi harus memiliki kompetensi dan integritas.Sehingga dapat memberikan keteladanan bagi bawahan .enggade employee untuk bisa memiliki semangat kerja dan berdedikasi tinggi .Karena tuntutan akan layanan sudah mulai bergerak dari disiplin ,efektif dan terbaik .

Apa saja syarat agar menjadi pegawai ber integritas  dan “sejahtera “yang professional :

Pertama .  Comitment and Self Dignity.

Komitmen dan menyadari makna profesi yang digeluti.Jadi ,menjadi pegawai bukan hanya lantaran tututan kebutuhan,nggak bisa cari pekerjaan lain atau sekedar kewajiban  melainkan kesadaran dan kebanggan akan makna pelayanan terbaik yang bisa diberikan. Buatlah diri anda dapat dibedakan karena cara anda menggunakan waktu kerja untuk memberikan layanan terbaik bagi “stake holder” anda. Dan nisacaya anda akan merasa puas karena merasa bisa memberikan yang terbaik.


Kedua. Do the best

Fokus pada pelayanan terbaik.Artinya jika setiap pegawai memiliki mindset  memberikan pelayanan terbaik maka yang ada pada setiap upayanya adalah meningkatkan mutu kinerjanya. Mengembangkan kualitas diri dengan pengetahuan yang mendalam tentang pekerjjaaannya .job enrichment Disamping memahami prosedur bidang bidang lain sehingga terjadi sinergi antara bidang satu dan yang lainnya ,job enlargement .Sehingga dapat memberikan kepuasaan kepada konsumen dan dilayani sekaligus memahami insight costumer dengan baik.


Ketiga .Interpersonal  Intelligence

Sebagai pegawai perlu menyadari bahwa hubungan dengan rekan kerja,atasan dan masyarakat bukan sebatas transactional  service,bukan sebatas hubungan kerja selesai pekerjaan  administrasi selesai pula relasinya. Namun yang perlu dibangun adalah hubungan persaudaraan/persahabatan diluar jam kantor ,bisa dalam bentuk komunitas go-wes sepeda ,jalan sehat atau komunitas komunitas lainnya.  Hal ini untuk menambah upaya self branding yang anda miliki ,bisa saja anda hanya pegawai /staaf biasa saja namun dalam komunitas dimana hubungan antar anggotanya equivalen ,bisa saja keahlian serta mental attitude diketahui akan sangat membantu bagi kepentingan di instansi dimana para stake holder itu bekerja. Promosi secara kuantum ini akan lebih cepat meletakan anda pada posisi yang pantas untuk skill yang anda miliki.


Keempat,  Professional value and personal Value.

Memahami dan mengimplementasikan nilai nilai filosofi instansi  seperti ,visi –misi-value instansi,pelayanan,standar kinerja  serta makna hidup anda sendiri dalam kerja akan dapat menimbulkan kebahagiaan tersendiri. Lantaran anda tidak memliki kecemasan lantaran janji instansi yang telah terucapkan,tertulis dan dikomunikasikan.   Kejujuran pada Budaya Jepang sampai dihayati oleh  sopir taksi yang dengan senang hati dan tulus mengembalikan dompet penumpangnya yang tertinggal kepada pemiliknya  .Label jujur pada Negara Jepang  melekat pada setiap karakter orang Jepang  menjadi icon dan Brand Nation  tersendiri.

Kelima,Distinctive Contribution

Bukan menjadi Pegawai NegerI biasa adalah prinsip yang menjadi filosofi dalam bekerja dengan memberikan yang terbaik dari yang anda  bisa. Kecepatan dan ketepatan kerja adalah ciri karyawan yang memberikan kontribusi unggul itu. Mengingat saat ini  tuntutan waktu adalah bagian penting dalam denyut nadi kehidupan bisnis dan professional. Servie solution adalah budaya kerja yang wajib dikembangkan oleh pegawai negeri terutama PNS muda.sehingga mereka dapat membewa perubahan baru bagi budaya kerja PNS dimasa depan dan sekaligus mengankat citra PNS.

Berusahalah meningkatkan kualitas hidup sehari hari  sebagai wujud syukur dan tanggung jawab kepada TUhan,keluarga dan Negara



Minggu, 04 Maret 2012

Moment of Truth Experiential Parenting. ,Meneladankan Nilai Kehidupan pada Anak


Case Study


“Saya tidak senang orang tua yang selalu menceramahi saya ,semua perilaku saya dikomentari ini salah itu salah.Saya tidak bisa bebas mewujudkan apapun yang  saya suka.Padahal  apa yang saya lakukan bukan perbuatan liar ,saya ingin berprestasi  pada minat yang saya miliki.saya sering ribut dengan mereka saya dianggap sebagai anak yang suka membantah.Saya jengkel ,frustrasi dan pusing melihat perilaku mereka.”

“ Saya pernah meminta orang tua untuk menandatangani surat persetujuan  atas kompetisi yang saya ikuti sebagai sarat saya mendapatkan ijin dari sekolah.Hampir saja saya memaksa nggak pulang kerumah karena mereka tidak menyetujui, namun setelah saya menjadi juara mereka mau percaya.yang lebih parah saat orang tua saya dipanggil kesekolah untuk keperluan pengembangan bakat saya mereka berebut tidak mau datang”.

“Saya ingin oran tua yang bisa ngertiin saya,tapi mereka sibuk dengan urusannya sendiri. Saya tidak pernah punya kesempatan untk “curhat” mereka beranggapan saya sudah harus bisa menyelesaikan sendiri.Sebagai anak saya merindukan peran orang tua yang bisa melindungi dan menyayangi saya sebagai anaknya,tapi mereka tidak memperdulikan ,saya sedih kepada siapa lagi saya harus mengadu..!”


Our’anic Frame Work.

“Maka selama mereka berperilaku lurus terhadapmu hendaklah kamu berlaku lurus (pula ) terhadap mereka. Sesungguhnya Allah menyukai orang orang yang bertakwa” QS At Taubah 7






 Approach Strategic

Mendidik anak  dizaman sekarang memerlukan strategi yang efektif agar otoritas kita tidak menjadi momok bagi anak yang mengakibatkan mereka lebih memilih menghindar dari orang tuanya.Anak yang mencari jati diri kehilangan pegangan ,anak melarikan diri dari kepahitan hidup dan anakyang betul betul harus “memusuhi’ orang tuanya adalah wujud kurang sesuainya strategi yang dikembangkan sehingga mendapat penolakan dari anak.Mereka membutuhkan teman sebagai pendamping kegalauan hatinya,mereka menginginkan ide,harapan dan ketakutan dapat anda mengerti. Mereka membutuhkan orang tua yang dapat meletakan equality of relationship dalam komunikasi dan interaksi keseharian.

Sudah saatnya orang tua berani mengakui keterbatasan dan sekaligus menghargai  The Valuable Life Lesson yang diajarkan dan diharapkan dari anak kepada anda selaku orang tuanya.

1.Anak Membutuhkan Bimbingan dan Pendidikan dari Orang tuanya ,They Thought You Responsibility..!

Artinya,anda sebagai orang tua  perlu menyadari peran dan status sebagai orang tua yang semestinya bertanggung jawab dan menerima tugas dalam memberikan bimbingan dan pendidikan.Pendidikan kepada  anak tidak sepatutnya hanya diserahkan kepada sekolah . Pendidikan yang utama adalah bimbingan orang tua didalam rumah.Pendidikan itu mengembangkan dan melestarikan kesehatan jasmani dengan membiasakan    berolah raga,kesehatan kognitif dengan mengajak anak untuk berpikir  imajinatif –analisis- kritis,kesehatan emosi mengajak anak untuk mnegenali perasaan yang dirasakan,dan kesehatan spiritual mengajak anak untuk senantiasa taat beribadah sesuai aturan perintah agama masing masing.

2. Anak Membutuhkan Pengertian,They tought you Listen

Harapan,cita cita ,kecemasan bahkan impian anak berkembang sangat pesat lantaran berbagai informasi ,lingkungan sekitar dan teman sebaya sangat kuat pengaruhnya dalam membentuk minat anak.Sehingga tidak jarang anak membutuhkan pengertian orang tuanya. Bukan menuntut untuk selalu dipenuhi tuntutannya namun mereka membutuhkan seorang teman yang bisa mengerti tentang sesuatu yang dibutuhkannya.karena itu  they tought you how to listen ,not only to their voices  but to their feeling and behavior as well.”

Sebagai orang tua anda dituntut untuk tidak  hanya mengamati yang nampak pada perilakunya namun anda diharapkan dapat memahami apa yang bergejolak dihati anak. Mereka membutuhkan bimbingan untuk mengurai gejolak hatinya.   Jika tidak perilaku yang muncul adalah keinginan besar untuk diperhatikan yang sering dianggap sebagai “kenakalan’.


3. Mereka mengharapkan kesabaran dari anda ,they tought you patience ..!

Dalam menjalani proses perkembangan psikososialnya seorang anak akan mengahadpi beragam tantangan,kesulitan dan cobaan dalam hidupnya. Sedangkan anak bisa beragam cara meresponnya ada  yang positif namun juga ada yang negative. Seringkali respon negative ini menyebabkan orang tuanya sering mis perception dengan ulah anak akibatnya sering terjadi konflik antara orang tua dan anak. Jika konflik tidak terselesaikan dan tidak dapat difahami anak. “Pemberontakan” oleh anak sering dilakukan,mereka menjadi agresif ,tidak patuh ,”nakal” dan aneka perbuatan yang dianggap anti social lainnya.

Kesabaran orang tua untuk terus mendampingi dan meng edukasi amat dibutuhkan anak lantaran anak butuh seorang motivator untuk menghadapi kesulitannya dan memenangkan persaingan. Perjuangan orang tua untuk terus mengawal anaknya menuju kesuksesan dan kebahagiaan adalah sudah menjadi kewajibannya.


4. Miliki Kesiapan pada kejadian tak terduga,They Thaught to discover the reserves of un expected fact ..!

Kejadian yang tak terduga bisa saja menimpa anak kita apakah karena sakit,musibah atau perilaku yang yang melanggar.Mereka  membutuhkan  orang tua yang memiliki kesiapan atas perbuatan yang sama sekali tak terduga . Lantaran ketidak tahuan,ketidak berdayaan ,kesengajaan ataukah akibat tekanan. Pengertian orang tua untuk siap menerima keadaan yang  tak terduga yang terjadi pada anak akan memperkuat  anak untuk tangguh dan tabah selama menjalani masa masa.

Apapun yang terjadi kepada anak ,anak membutuhkan pendampingan.Tugas orang tua mengajarkan anak caranya menerima kenytaan dan merencanakan upaya “recovery” bagi upaya perbaikan dan kemajuan di masa depan.Mengajarkan anak untuk berani mengakui kesesalahan dan selanjutnya belajar dari kesalahan  akan membuta anak banyak mendapatkan pembelajaran,moment of truth experiential learning.


5. Melihat dari sudut pandang anak,They taught you empathy

Trend perilaku anak zaman sekarang kadang membuat orang tua miris,namun anak makin dicegah dan dilarang mereka   makin menjadi menjadi .Kerena guna mempengaruhi hati dan pikiran mereka orang tua perlu memiliki empati. Yakni dapat menempatkan diri dalam benak dan hati mereka,melihat persoalan dari sudut pandang anak.Mencoba memahami dari sudut pandang anak akan membuat anda sebagai orang tua bisa terhindar dari kesalah fahaman,konflik dan pertengkaran. Setelah memahami ajaklah anak berdiskusi tentang pilihan sikap yang diambil, beri kesempatan anak untuk mempertimbangkan keputusan yang diambilnya dengan resiko yang harus ditanggung nya sendiri. Selanjutnya doakan keputusan terbaik yang telah dipilih anak agar anak dimudahkan urusannya.


6. Anak membutuhkan apresiasi keberhasilannya,They thought joy and delight as you saw them succesfully

Respon orang tua atas keberhasilan anak mencapai prestasi atau menyelesaikan tugas sangat berarti karena dapat memenuhi need of recognition dan kebutuhan self respectnya.Dengan anak merasa diakui  upaya nya anak akan memiliki perasaan berharga atas pencapaiannya. Perasaan berharga ini akan meningkatkan harga dirinya.Harga diri anak positif akan mendorong mereka  untuk terus meningkatkan kompetensi diri dalam kompetisi.  
Sebagai orang tua tidak adil kalau hanya menuntut anak berprestasi ,menghukum anak saat bersalah tanpa menghargai keberhasilan yang telah dicapai aanak. Anak yang dihargai akan belajar caranya menghargai ,anak yang dihargai akan bisa  memiliki harga diri positif dan anak yang dihargai akan selalu dapat menjaga harkat dan martabat diri  sendiri dan orang tuanya.



Ciptakan saat yang mengesankan bagi anak agar mereka  bisa bekerja sama dengan lebih baik kepada anda.