Pages

Minggu, 31 Mei 2015

Interpersonal Relations: Kiat “ Dipercaya” Atasan



“.....Wahai para hamba Allah sesungguhnya Allah telah menghilangkan dosa,kecuali kepada orang yang membuat kedzaliman itulah dosa dan kehancuran.! Sabda Rosulullah SAW . Para sahabat bertanya, lantas apakah yang paling baik yang kami berikan kepad
a manusia ..?, Rosul menjawab: Akhlak yang baik.!”.  HR Ahmad ( Abu Anas Majid ,Sahihu At Tibbi an Nabawi fi Daw’i’l Kitabi wa As Sunnati wa Aqwali As Salafi )

Saya senang perilaku si Fulan,sepertinya dia bisa mengerti kondisi saya, mencoba mengklarifikasi informasi yang belum jelas sumbernya, walaupun memberikan saran dia dapat memahami apa yang sebenarnya terjadi pada beban yang saya tanggung, sehingga tanpa harus banyak membantah dia  dapat menjalankan tugasnya dengan baik”. Kata seorang Area Manager Perusahaan Home Aplliance yang baru enam bulan menjabat di perusahaan itu .

All too often in our communication we fail to distinguish adequtely between the object and events which  we communicate.  We fail to see the differences involved and instead see similarities. As we have noted  uniqueness is common to all event and object.....” William V Haney ,Communication and Interpersonal Relations.

Sabtu, 30 Mei 2015

Kiat Menghindari Kesalahpahaman Dengan Atasan




Saya ini tidak faham sama sekali seluruh konsep saya disuruh mengganti setelah saya ganti eh disuruh pakai konsep yang lama,enggak ngerti apa maunya tuh bos”.Sambil geleng geleng kepala,sang supervisor itu kembali kemeja komputernya untuk membuka file konsep sebelumnya. 

Kejadian ini mungkin saja pernah anda alami, namun jika anda tidak bersabar dan hati hati justru anda hanya akan terfokus kepada memberikan penilaian negatif saja kepada atasan  tanpa bisa berkoordinasi dengan baik bersama mereka ujung ujung anda bisa kehilangan hubungan baik, good relationship. 

Most of us accept or reject new  ideas or change our behavior more in response to fellings than to fact. Even when we try to reason objectively,we are likely to be influenced by more subjective factor”. Harlod J Leavitt. Managerial Psychology

Senin, 25 Mei 2015

Kisah Sukses Pengusaha Luxury Brand, “Tidak semua pengunjung yang datang pasti membeli !”.

Sesungguhnya harta itu indah dan manis,barang siapa mengambilnya dengan benar dan meletakkannya dengan benar, maka dia sebaik baik penolong. Barang siapa menambilnya dengan cara tidak benar, maka bagaikan orang yang makan tapi tidak kenyang.  HR Bukhari ,Kitab   Ar –Riqaq, Bab MaYuhdaru min Zuhrati Ad dunya wa At Tanatus Fiha.

Patricia B Seybold dalam The Costumer Revolution : “the succeed in the costumer economy, you’ll to  deliver a total costumer experience that consistent with your brand personality and brand image across all interaction touch point and distribution channels. Costumer relationship built on trust. You build your brand by paying attention to the qualities that matter to costumers,such a good value, reliable fulfillment and ease of decision making “

Minggu, 24 Mei 2015

Ciri Ciri Kehilangan Makna Hidup Dalam Menjalani Profesi





Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. Qs Yunus : 62 

Successful life is one that balances work love and play ,so that though attention is paid to earning a living, practicing a successful life enriches you human being ,something figures in a bank book cannot do  ”. Psychological Science

Mungkin saja anda saat ini merasa bahwa tujuan anda berkarir tidak seperti yang anda bayangkan seperti pada saat  pertama kali masuk kerja, mungkin saja anda juga mulai bosan dengan rutinitas yang menjemukan yang hanya membuat anda kehilangan gairah kerja, atau mungkin saja anda merasa kehilangan sesuatu padahal anda sama sekali tidak kehilangan benda satupun, waspadalah sesungguhnya anda sedang kehilangan makna hidup.  Adapun ciri ciri bahwa anda sedang kehilangan makna hidup dalam menjalani profesi adalah sebagai berikut:

Jumat, 01 Mei 2015

Komunikasi Manajer (1):Manajer Baru Pada Perusahan Nyaris Rugi

Apa yang anda lakukan ketika diminta memimpin perusahaan yang nyaris bangkrut..?
Para top manajer sukses biasanya akan merombak sistem manajemen lama dengan konsep manajemen baru  yang didesain untuk kemajuan perusahaan ketika dirinya mulai dipercaya untuk memimpin perusahaan itu.

Selanjutnya mereka Share on the vision kepada semua elemen manajemen terkait dengan memberikan pembagian kewenangan secara rigit dalam penugasan dan tanggung jawab kepada staff atau bawahannya.


Tahap berikutnya meyakinkan klien atau pelanggan tentang jalannya perusahaan yang survive bahkan sustainable.

Ketelitian (1) : Syarat Mutlak Bekerja di Departemen Store

Ketelitian merupakan hal penting dimiliki setiap profesional,dengan ketelitian seseorang akan terhindar dari kesalahan,kegagalan dan resiko besar dari kecerobohannya. Ambil contoh ketelitian yang diterapkan pada departemen store,ketelitian pada dandanan seragam para SPG,  tata cara mendisplay dan melipat pakaian serta tata cahaya ruangan adalah bagian yang diharapkan dapat memanjakan konsumen sekaligus dapat membentuk citra dan performa dari sebuah toko.


Lebih baik teliti daripada semuanya berantakan adalah prinsip yang harus dipegang semua bidang usaha.