Konsep pelayanan prima terus
berkembang dari waktu ke waktu. Pesatnya perubahan dan perkembangan Teknologi
Informasi Komunikasi mengharuskan
instansi pemerintahan memiliki relationship strategy yang
bisa diandalkan . Untuk itulah aparatur pemerintahan perlu meningkatkan
keterampilan teknis dalam komunikasi dan relasi disamping tentu saja sikap mental melayani yang harus dipupuk.Aparatur
pemerintahan bukan sekedar aparat yang kerjanya hanya memerintah memerintah
saja tapi benar benar pelayan masyarakat. Ada beberapa elemen kunci yang harus
dikembangkan aparat pemerintah dalam memberikan pelayanan prima sekaligus melaksanakan
keterbukaan publik. Elemen kunci itu adalah:
Pertama, Integrasi
Integrasi merupakan kunci bagi lembaga terkait untuk memberikan pelayanan optimal.
Karena masyarakat tidak ingin bertele
tele dalam mendapatkan informasi ataupun solusi atas persoalan yang
dihadapinya. Terlebih dengan adanya Teknologi Informasi Komunikasi integrasi
dari bidang dan unit terkait semestinya sudah bukan lagi penghalang. Sehingga
masyarakat mendapatkan pelayanan (informasi )melalui perangkat gadget yang
dimilikinya,ambil contoh kota Surabaya dengan pelayanan dinas pendidikan
terpadu online, Banyuwangi dengan keterbukaan keuangan online dsb.
Kedua, Koordinasi.
Semua petugas aparatur
pemerintahan harus paham bahwa mereka
tidak bisa bekerja secara individual, melainkan makhluk social yang
membutuhkan hubungan kerjasama, disamping
dengan berkoordinasi urusan dengan masing masing daerah terkait sekalipun sudah
memiliki perangkat TIK yang canggih dapat terselesaikan pada wilayah kerja unit
bersangkutan. "Karena itu,rapat koordinasi semestinya merupakan komitmen
koordinasi antar pusat dan daerah dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat
," saat saya sampaikan dalam
seminar pelayanan prima pendidikan kepada petugas PPID Jawa Timur.
Bersambung…
0 komentar:
Posting Komentar