“Makin hari
pekerjaan makin menumpuk, atasan “Killer” nya minta ampun, banyak program yang
nggak jalan, perilaku masayarakat makin menjengkelkan, rekan kerja semua
individualistik”. Perilaku kerja orang orang pesimis biasanya tidak senang
dengan pekerjaan mereka,tidak jarang meremehkan instansi ,atasan serta rekan
kerja dimana dia bertugas. Tidak jarang beragam keluhan dan alasan yang mereka
kemukakan terasa begitu meyakinkan dan sepertinya ada benarnya. Namun jika anda
menanggapi nya bisa jadai perilaku buruk rekan kerja anda makin menjadi
jadi,bisa jadi perilaku buruk ini pun akan segera menular kepada anda. Oleh
karena itu anda perlu strategi dalam mengahadapi nya,inilah cara agar anda
dapat “menakhlukkan” rekan kerja dengan perilaku buruknya:
·
Jangan
Berikan Waktu Padanya: Peluang bagi orang berperilaku buruk untuk
mempengaruhi pola pikir anda serta menyebarkan virus bagi perilaku buruknya adalah masalah waktu.
Jika anda menanggapi segala macam keluhan dan
perilaku buruknya maka anda sama dengan memperkuat perilaku buruknya.
·
Tetapkan
Batasan Aturan Main dalam Kerja Sama Team:
Anda harus membuat pedoman dalam pembagian beban tugas secara bertanggung jawab,harus jelas SOP nya,siapa mengerjakan apa bagaimana
hasilnya, sehingga anda tidak menjadi korban kambing hitam, ketika ada
pekerjaan yang tidak terselesaikan. Jangan biarkan diri anda terseret dalam
perilaku buruknya dalam menjalankan pekerjaan,seperti menunda banyak mengeluh
atau membeicarakan hal yang tidak perlu.
·
Sarankan
Kepadanya Untuk Berkonsultasi Dengan Atasan: Penguatan perilaku buruk pada
rekan kerja anda akan semakin menjadi jadi jika tidak segera menemukan solusi yang tepat atas
“ketidakpuasannya”. Sebaiknya anda tidak menjadi psikiater atau konsultan bagi
kesulitan reka kerja anda .Dikarenakan akan mendorong pengeuatan perasaan dan
perilaku buruk dalam jangka panjang. Interaksi tidak kondusif ini jika dibiarkan
akan mengganggu kelancaran program kerja yang sedang dan akan dijalankan. Oleh
karena itu berikan saran kepadanya untuk segera berkonsultasi dengan atasannya.
Berikan ide gagasan atau saran kepada atasan untuk menciptakan system lingkungan yang berbudaya kerja
positif dan optimis sehingga suasana kerja menjadi lebih menyenangkan.
0 komentar:
Posting Komentar