Wahai orang orang yang beriman ,bertawakalah kepada Allah
dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari
esok (akhirat), Bertawakalah kepada Allah ,sesungguhnya Allah Maha Mengetahui
apa yang kalian kerjakan “. Al Hasyr 18
.
“Membangun perubahan cara berpikir tentu bukan cara yang
mudah,perubahan harus melalui proses dan bahkan terkadang banyak rintangan.
Berpikir untuk sesuatu yang lebih baik sudah harus menjadi perilaku dan nilai
keseharian seseorang Kunci utama
perubahan harus melalui proses perubahan itu sendiri”. How Successful People Think
,Jhon c Maxwell.
Ada baiknya kita menyimak wanita yang menjabat sebagai kepala devisi disebuah perbankan ini , beliau pernah mendapat penghargaan di
tingkat Asean memiliki ,semboyan
,selalu belajar untuk menjadi lebih baik ,tak gampang menyerah percaya diri dan
membangun networking. Hal hal tersebut sudah menjadi bagian hidupnya sejak
kecil .”saya dilahirkan dari keluarga sederhana,sejak kecil tertantang untuk
hidup mandiri dan tidak boleh gampang menyerah” ,Katanya
Kebiasaan kebiasan
apa saja yang membuat hidup anda lebih sejahtera sekaligus mengubah pola
kebisaan lama anda yang tidak meningkatkan mutu kualitas hidup anda,berikut
rahasianya:
Memberi melampui
harapan
Haritsah bin Wahab menceritakan bahwa Rosulullah SWA pernah “menantang “ orang untuk bersedekah
dalam sabdanya: “bersedekalah anda
segera ,karena akan datang suatu masa
dimana seseorang berjalan dengan
membawa sedekahnya namun tidak dapat menemui orang yang mau menerima sedekahnya
. Berkata lah salah seorang dari mereka : Seandainya kamu datang kemarin
niscaya aku akan menerimanya,tetapi kini akau tidak lagi membutuhkan sedekahmu..”.
Hr Bukhari
“Saya menuntut lebih dari diri sendiri dibanding yang
diharapkan orang lain kepada saya,perusahaan kami yang bergerak di
telekomunikasi menargertkan pertumbuhan
di atas indutri telko secara umum.Kami tahu tantangan dunia telkomunikasi sesungguhnya
masih sama yankni memberikan nilai lebih kepada pelanggan,sebagai head
corporate communication sebuah perusahaan telekomunikasi,kami harus menyusun
program komunikasi yang inovatif
,kreatif dan agresif untuk mendapatkan pemahaman dan penerimaan karyawan
pelenggan serta seluruh stakeholder perusahaan”. Ujar Head Of Corporate Communication salah satu perusahaan
Telkomunikasi terkemuka di Indonesia.
Perusahaan yang sukses akan memiliki team management yang
memiliki kebiasaan yang mengedepankan value
yakni melakukan lebih banyak dari sekedar yang diharapkan Para professional tidak hanya berpikir berapa
yang semestinya dia terima melainkan berpikir bagaimana memberikan kontribusi
yang lebih besar melebihi dari yang dia dapatkan ,oleh karena itu sistem
promosi jabatan untuk mereka super cepat karena dapat membuat peningkatkan
lebih dari 200 sampai 300 persen dalam setahun.
Jangan Hanya Mengeluh
Dalam perang uhud Nabi pernah tersungkur
dan terluka ,sehingga seorang sahabat berkata “anda ini Rosul Allah ,tetapi
orang orang kafir itu telah menyiksa anda sedemikian rupa ya rosul “.Dengan
tenang belaiau menjawab : Sesungguhnya
saya diutus untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam ini bukan untuk menjadi
sorang pengutuk ..!”.
“Saat itu ,saya masih kerja shift , dini hari saya sudah harus berada di terminal bus
menuju ke rumah kurang lebih pukul 05.00,pukul 14.00 saya harus balik lagi
kekantor untuk kerja.begitu terus menerus kehidupan saya tekuni bertahun tahun.
Namun saya sadar bagian hidup itu memang harus saya lewati oleh karena itu saya
tanamkan dalam pikiran dan perilaku saya,tidak pernah puas,tidak takut
kesulitan dan masih terus ingin belajar serta memberikan yang terbaik untuk
perusahaan,samapi saya pada akhirnya saya menduduki jabatan seperti saat ini
“kata seorang manajer senior alumi Pasca Sarjana Universitas ternama, yang meraih beberapa prestasi dibidang pengembangan bisnis dan ditugasi
untuk membidani produk inovatif consumer
good.
Naluri mempertahankan diri dari kehadiran problem yang datang
biasanya mencari cari alasan atau menghindari persoalan ,perilaku yang muncul
biasanya muncul dalam bentuk rasa tajut,cemas,minder dan mengabaikan masalah
seakan masalah akan pergi dengan sendirinya. Namun tidak demikian dengan
professional yang memiliki jiwa pemenang mereka memiliki keterampilan problem solving dan decision making skill ,mereka dapat menunjukkan kredibilitas
nya dalam mengahadapi kesulitan.
Memberi Kemudahan Bagi Orang
Lain.
Suatu ketika Rosul SAW bersabda kepada Sahabat Abu Dzar :”
Apakah saya belum memberitahukan kepada anda ,amal yang ringan pada badan
tetapi berat pada timbangan..?
Belum,….apakah itu ya Rosul ,Jawb Abu Dzar
“yaitu diam ,bagus akhlak dan meninggalkan apa apa yang
tidak perlu bagi anda”. Jawab Nabi.
“. Inti sari dari strategi saya adalah bagaimana
mendayagunakan para partner,salah
satunya adalah mendorong para distributor mendapatkan penghasilan yang lebih
banyak dengan menjual produk kami,salah satunya adalah menggelar event di
outlet penjualan harus terus ditambah frekuensinya.Kami mengandalkan promosi
below the line untuk mengedukasi pasar ,sehingga omzet dari tahun ketahun terus
meningkat “. Kata Manajer Merk Untuk Produk Child Care Nasional .
Sebagaiman
disampaikan Ricard S Gallanger dalam
bukunya “What to Say to a Costumer “ : “Diera konsumen yang kian kritis ini
pemasar harus mampu menemukan saluran distribusi yang tepat ,mengingat konsumen
lebih memilih mempelajari suatu produk atau layanan dari berbagai sumber. Oleh
karena itu hal ini adalah kesempatan bagi para pemasar perlu memikirkan
cara agar konsumen dapat mendaptkan
kemanfaatan lebih mudah dari kemudahan menggunakan produk atau layanan”.
“Persiapan yang sudah kami lakukan adalah business process, billing system dan costumer relationship management sehingga kami tidak hanya mengandalkan
outlet atau sales channel terkait berbagai
pertayaan dan memberi kemudahan
pelayanan melalui call center “. Kata Costumer Service Manager sebuah provider
perusahaan telekomunikasi ternama. Diberitakan
puluhan ribu pelanggan baru telah dapat diraih setelah menerapkan program tersebut.
Oleh karena itu tak
ada cara lain meraih sukses kecuali dengan memberikan kemudahan bagi orang lain
dengan demikian anda akan dipermudah dalam mewujudkan mimpi meraih sukses di
masa depan. Kank Hari Santoso ,Global HRD insight Management Consulting
0 komentar:
Posting Komentar