Aparatur pemerintah adalah abdi Negara yang berkewajiban
melayani rakyatnya . Apalagi di zaman yang telah mengalami
perubahan maka harapan serta perilaku
masyarakat juga berubah. Masyarakat menjadi semakin cerdas dan mengetahui hak haknya demikian juga dalam mengambil sebuah keputusan
untuk mendapatkan kepuasan atas layanan prima. Untuk mendapatkan informasi sebuah layanan ,
masyarakat rela menghabiskan waktunya untuk mengejar sumber solusi ke lembaga
yang berkaitan walaupun jarak tempuh nya jauh , atau menggunakan peralatan gad
get untuk mendapatkan solusi atas persoalan yang dihadapi walupun dengan biaya
yang tidak sedikit .
Oleh karena itu sebagai aparatur pemerintahan , perlu lebih
memiliki kepekaan dalam melihat
perilaku masyarakat yang kian cerdas dan sadar hak haknya apalagi didukung dengan perkembangan teknologi
yang memudahkan saluran informasi dan komunikasi.
Satuan Kerja Pemerintah
Daerah perlu menciptakan sebuah jalinan informasi dan komunikasi dengan lembaga
internalnya di berbagai daerah disamping bekerja sama dengan SKPD lain
terkait,guna terciptanya sinkronisasi,komitmen dan penyatuan program agar layanan kepada masyarakat semakin kuat.
Sistem koordinasi yang terbentuk tentunya perlu diterapkan
pula dengan standar pelayanan yang lebih baik ,memiliki ciri khas yang tulus dan solutif dalam melayani
masayarakat sekaligus mencerminkan sebuah kultur aparatur
pemerintahan yang berdidikasi dan memiliki integritas .
Dalam workshop yang bertajuk Pelayanan Prima Pendidikan ini, Pakar MSDM dan Kehumasan, Hari Santoso mengatakan
apa yang telah di sabdakan Rosulluulah
SAW :” Bahwa setiap orang pada dasarnya adalah pemimpin dan setiap pemimpin
akan diminta pertanggung jawabannya “.
Berikut Ulasan Hari Santoso ,yang biasa disebut Kank Hari
,Ustad Pengembangan MSDM
di SAS 107,5 FM Surabaya
0 komentar:
Posting Komentar