Kank, Sebagai atasan
baru di tempat kerja ini,saya ingin menata ulang sumber daya manusianya. Saya
ingin setiap pegawai benar benar dapat bekerja sebagaimana mestinya dan meiliki
integritas. Apa yang mesti saya lakukan..?
“Good management give a degree of order and consistency to key
dimensions like the quality and performance of work”.
Perubahan bisa mendatangkan penolakan bahkan “pemberontakan”
jika niat baik anda untuk menata ulang pegawai untuk kebaikan mereka tidak
dapat diterima secara baik baik pula. “More changes always needed more leadership .”Oleh karena itu
beberapa tips berikut ini semoga bermanfaat.
·
System of
action trying to ensure that those people actually do the job.
Mengukur dedikasi pegawai bukan sekedar
absen kehadiran namun juga harus diukur mereka yang melakukan pekerjaannya
secara signifikan. Mereka yang senantiasa hadir dikantor tanpa melakukan
pekerjaan yang signifikan hanya tutut membantu pemborosan energy ,mulai dari
air listrik sampai gaji itu sendiri. Ukurlah beban kerja yang harus diselesaikan dengan
waktu untuk menyelesaikannya.
·
Keeping
people moving in the right direction .
Agar tidak menimbulkan penolakan apalagi
pemberontakan maka persiapkanlah strategi komunikasi yang efektif,informasi apa
untuk siapa,pastikan setiap pihak yang berkepentingan mendapatkan dan memahami
informasi yang ingin anda sampaikan berkaitan dengan tata ulang SDM tersebut.
·
Design career experiences to develop that potential competences
Mutu pekerjaan jauh lebih penting daripada
sekedar selesainya pekerjaan dengan hasil yang tidak memuaskan. Oleh karena itu
bagaimana mereka menyesaikanpekerjaannya lebih penting dari hsail pekerjaan
yang dikerjakan secara tidak tepat. Anda harus dapat membangkitkan ketulusan
hasrat SDM untuk meningkatkan mutu produktivitasnya bukan semata mata mereka
yang bekerja menggugurkan kewajibannya alias berorientasi pada besaran gaji
yang diterima. Oleh karena itu anda harus membangun sistem remunerasi yang dapat mengakomodasi mutu kinerja mereka.
·
Be actively seek out people with leadership potential and exposed
them .
Perhatikan karakter pegawai ,terutama yang
tetap mempertahankan loyalitas dan dedikasi disaat instansi /perusahaan anda
sedang krisis. Merekalah orang –orang yang selayaknya mendapatkan apresiasi ,lantaran
mereka memiliki kesetiaan,penghormatan ,kepercayaan dan penghargaan serta rasa
memiliki organisasi temapt dimana mereka bekerja.
·
Despite
mayor obstacle to change
Petakan kembali kompetensi SDM dan posisi tenaga kerja yang dibutuhkan ,sebagai
pemimpin yang memiliki kewenangan dan kesempatan anda dapat mengatur kembali
siapa memiliki apa ,bisa apa dan hasilnya bagaimana secara tepat sesuai dengan core competences masing masing SDM .
“Hargailah pegawai yang memiliki komitmen
terhadap pekerjaannya supaya anda dihargai atas apa yang sudah anda kerjakan’.
Kank Hari.
0 komentar:
Posting Komentar