“Yang menjadikan mati
dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik
amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun”, QS Al Mulk 2
Citra diri adalah
reputasi kualitas perbuatan yang secara berkesinambungan ,dilihat ,didengar
,dirasakan dan dialami oleh oleh orang lain selama menjalin relasi dengan anda. Boleh saja orang lain melable suatu profesi dengan stigma jelek atau anda berada dalam
lingkungan kerja yang bercitra negative kepada anda
adalah ‘jangan salahkan orang orang/masyarakat menganggap demikian
karena kenyataan yang dilihat dan dialami oleh sebagian masyarakat memang
demikian.
Sementara itu ’Citra profesi yang tertanam dibenak umum memang terletak pada
persepsi ‘.Namun yang tidak boleh anda lupakan sebagai pegawai/profesi boleh sama,tapi jadikan anda dipersepsi lebih baik dibandingkan pegawai lain.Bisa saja dalam
satu instansi pegawai nya rata rata dianggap berperilaku /beretos kerja kurang
baik namun jadikan masyarakat /konsumen justru bisa
membedakan anda dari yang lain ,berbeda dari seperti kebanyakan orang.
Itulah sebabnya
bagaimana anda memposisikan diri sebagai
bukan pegawai biasa yang akan menentukan bagaimana persepsi orang lain kepada anda.Untuk itu disamping
anda penuhi sayarat professional yang
berkaitan dengan standart opresional
procedure (SOP ) anda patut mempertimbangkan unsur unsur potensi keunggulan
yang anda miliki baik berupa pengetahuan dan keterampilan atau sikap mental
sebagai sebagai keunggulan daya saing
yang bisa dirasakan dan mengena pada hati orang yang anda layani.Selain itu
anda juga perlu mempertimbangkan aspek aspek negatif berperilaku tidak
produktif yang dapat menimbulkan kesan buruk.
Guna memperkuat citra
positif pada diri anda perlu mempertimbangkan beberapa unsur berikut ini;
·
Keperibadian unik yang bisa dikenali anda berbeda dengan yang
lain misalnya,kejujuran,rasa tanggung jawab,kedisplinan ,ketelitian atau
dedikasi.
·
Ketepatan dalam melaksanakan tugas atau dapat memberikan solusi
atas kebutuhan tugas yang dibebankan
kepada anda sehingga menghasilkan mutu kerja yang memuaskan.
·
Jadilah pegawai /staf yang memiliki arti penting bagi “stake
holder” baik dalam memenuhi kebutuhan pelanggan atau dapat melampaui batas harapan mereka.
·
Istiqomah dalam setiap upaya perbaikan mutu layanan berbasis
kinerja sehingga anda dikenal memiliki karakter pegawai yang bukan pegawai
biasa atu bercitra pegawai professional .
Citra positif yang melekat pada diri anda jika
semakin bisa dikenali,diterima dan dibicarakan oleh masyarakat yang anda layani
semakin mudah bagi anda untuk mendapatkan promosi jabatan sekaligus merombak
citra negatif menjadi citra positif pada profesi anda.
Disarikan dari Diklat
MSDM Kank Hari Santoso
0 komentar:
Posting Komentar