“Saya sering tidak mengerti dengan para staf
berapa kali kita briefing tetap saja belum termotivasi…”begitulah kata seorang
area manager menghadapi perilaku para staff di kantornya. Ada banyak rapat
,meeting yang kadang tidak dapat membawa perubahan semangat staffnya,sekan
semua kata ,kalimat,atau komitmen hanya
berlaku sesaat. setelah itu kembali seperti semula.Apa penyebabnya..? Kalimat
yang terucap tidak efektif artinya banyak kelimat kalimat berhamburan namun
tidak dianggap bermanfaat bagi pendengarnya. Lantas bagaimana agar kalimat
dapat menarik perhatian dan membuat orang lain termotivasi . Berikut “mantra”nya
·
Buatlah tugas yang akan dijalankan terkesan
mudah untuk dilaksanakan.
Pada dasarnya orang cenderung menghindari
kerumitan dan menghendaki kemudahan oleh karene itu menarik perhatian staff dengan
merasa lebih mudah mengerjakan adalah solusi.”sebenarnya anda hanya bertugas seperti biasa hanya saat ini dimudahkan
dengan software yang sudah teraplikasi dengan komputer masing masing,sehingga
anda lebih mudah tidak harus keliling kesana kemari untuk mencari data…”
·
Buatlah setiap orang merasa dibutuhkan
Salah satu kebutuhan dasar psikologi manusia
adalah perasaan dibutuhkan ,dengan merasa dibutuhkan maka akan tumbuh perasaan
dihargai kehadirannya,dengan demikian mereka memiliki motivasi untuk menjalan
peran dan fungsinya sebagai staff.
“Oke ,untuk tugas ini sesuai kompetensi yang dibutuhkan sepertinya anda
yang paling cocok untuk melaksanakannya..!”
·
Tunjukkan
peluang yang akan didapatnya.
Peluang adalah salah satu alasan seseorang
meletakkan harapan untuk mendapatkan dan
meningkatkan mutu kehidupannya . Peluang dalah kesempatan yang dapat
diwujudkan. Memberikan tugas yang dapat membangun kesan akan adanya peluang
bagi staf dapat meningkatkan motivasi
kerjanya.” Ini kesempatan bagimu untuk
menunjukan bahwa kamu dapat menjalankan tugas yang diamanahkan
kepadamu..!”.
·
Untuk kemajuan Pribadinya
Setiap orang pasti menyukai segala informasi
untuk kemajuan pribadinya,jika kalimat yang anda ucapkan adalah untuk membangun
perbaikan dan kemajuan karir maupun pribadinya ,pasti akan
didengarnya. “mungkin bagimu dilibatkan
dalam beberapa tugas tambahan ini belum menghasilkan uang banyak ,tapi jangan lupa dengan mengerjakan
tugas ini kamu mendapat kesempatan belajar yang berguna bagimu kelak..!”
·
Jaminan tidak diberi sanksi atau disalahkan saat mencoba dan melakukan kesalahan pertama .
Tidak seorangpun suka melakukan kesalahan atau
disalahkan apalgi jika berakibat fatal ,dipecat atau sejenisnya ,terlebih jika
kesalahan itu adalah karena ketidak tahuannya . Jaminan dari anda bahwa mencoba
peralatan atau system yang baru adalah bagian dari pembelajaran dan tidak
mendapatkan sanksi akan mendorong para staf untuk termotivasi berani melaksanakan .”Karena ini adalah system /alat yang baru saya dan anda adalah masih
dalam taraf belajar jadi jangan takut untuk terus belajar sampai menguasai..!”.
·
Katakan saat ini juga
Manusia bisa lupa terhadap apa yang dilakukan pada masa lalu atau bahkan enggan menanti
masa depan. Oleh karena itu mereka
sangat termotivasi jika harapan nya dapat terwujud saat ini Jika anda dapat
meyakinkan bahwa harapan nya dapat diwujudkan segera mereka akan termotivasi
untuk melaksanakannya..”selesaikanlah
beberapa tugas yang menjadi target hari ini saya akan upayakan pencairannya
hari ini juga..!”.
Disampaikan dalam Rapat Koordinasi “ Up Grading
Your Staff” yang dihadiri oleh Kabid/kasie SD
seJatim di Hotel Purnama Oleh
Kank Hari Santoso ,Konsultan dan Motivator MSDM.
0 komentar:
Posting Komentar