Seringkali anda kesulitan dalam mengendalikan perasaan jika
berhadapan dengan rekan kerja yang tak anda disukai apalagi jika anda harus terus bekerja sama dalam satu team unit kerja. Inilah yang bisa anda
lakukan agar tetap berkepala dingin walau perasaan sedang tidak nyaman:
·
“Memaafkan
akan lebih meringankan daripada terus menyimpan dendam”,belajarlah untuk
memaafkan keterbatasan diri untuk memahami orang orang yang sulit anda
mengerti,sekaligus belajarlah untuk bisa memaafkan kesulitannya untuk mengerti
anda.
·
“Setiap
orang memiliki caranya sendiri dalam menghadapi persoalan termasuk menyelesaikan tugasnya”. Berikan kebebasan kepadanya untuk menyelesaikan tugasnya secara bertanggung jawab, jangan terlalu
banyak member saran selama tidak melanggar prinsip kerja.
·
“ Setiap
orang lebih bersemangat bila dipuji bukan dimusuhi”. Milikilah ketulusan
hati untuk memberikan pujian dan motivasi agar dapat menjalin kerja sama yang
harmonis dengan orang yang tak disukai.
·
“ Diam mungkin lebih baik dari pada berbicara muncul banyak persoalan”. Jika semua
pembicaraan lebih karena kepentingan ego yang tak ada manfaatnya ditanggapi
maka diam tidak menanggapi akan lebih baik bagi anda.
·
“Jika terpaksa anda menegur karena kesalahannnya lebih baik terkait pada
hasil yang ingin dicapai bukan menilai hasil upayanya”. Buatlah teguran yang mengarah untuk perbaikan
mutu dan hasil kerja dengan kalimat poitif bukan dengan maksud untuk menyerang.
Termasuk mungkin memperbaiki nada suara yang mengarah kepada lebih bersahabat.
·
“Anda
hanya bertugas mengingatkan bukan mengubah perilakunya”. Berhentilah memaksakan kehendak untuk mengubah
perilaku orang lain dikarenakan hanya akan melelahkan perasaan anda,biarkan
orang dengan pilihan sikapnya dan bertanggung jawab atas konsekuensi logis yang
diterimanya .
0 komentar:
Posting Komentar