Pages

Rabu, 07 Januari 2015

MSDM Islami Kiat ASN Menghadapi Atasan Sulit di Ajak Maju dan Susah Diyakinkan

Kank ,saya menjadi serba sulit sebagai profesional saya tentu berpikir progres kemajuan  Instansi,namun tidak jarang saya malah dianggap mengada ada dan terlalu mencampuri kebijakan atasan, jadinya saya memilih diam atau apatis,daripada  memiliki ide untuk perbaikan organisasi tapi malah dimusuhi. Lantas saya harus bagaimana..?

“..............Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”. Qs Al Baqarah :116

Untuk sementara “tahan diri” saja dulu dikerenakan penolakan atasan kepada ide anda lebih karena perasaan tidak nyaman dalam dirinya(unsafety felling) yang bisa saja disebabkan trauma pengalaman masa lalu, sedang bermasalah atau defends mechanism. Dengan kemampuan menahan diri anda akan dapat memahami alasan mengapa atasan berbuat demikian. Sehingga anda tidak terlau sakit hati atas perlakuan atasan kepada anda.


Mukmin yang bergaul dengan manusia dan sabar atas gangguan mereka lebih baik daripada yang tidak bergaul dengan manusia dan tidak sabar atas gangguan mereka” (HR Ibnu Majah dan Tirmidzi).

Selanjutnya berupayalah menjadi orang yang kehadiran anda tidak dirasakan mendatangkan ancaman bagi mereka,dengan memenuhi tugas kewajiban pekerjaan rutin anda secara optimal dan tugas tambahan secara maksimal, dengan demikian tidak ada alasan bagi atasan menyalahkan anda tidak menunaikan kewajiban sekaligus anda merasa nyaman karena tidak beban mengabaikan kewajiban sehingga  anda lebih “setara” dan win- win position. ketika berhadapan dengan atasan.  

Atasan yang sulit di ajak maju dan susah diyakinkan memiliki beberapa karakter seperti terlihat pasif alias kelihatan seperti  tidak berbuat apa apa  namun sebenarnya agresif dan ‘berdarah dingin”   sehingga keputusannya bisa fatal ,oleh karena  itu personal approach yang anda kembangkan semestinya tidak menghakimi,berusahalah mendengarkan mengerti keluhan dan kebutuhan untuk diakui (need of recognation) mereka adalah orang orang yang membutuhkan peneguhan dan penghargaan untuk menaikan citra dan harga dirinya.

 Lebih banyaklah untuk tidak ingin kelihatan superior di hadapannya  karena pada dasarnya mereka lebih ingin dianggap superior dan tidak ingin   dikalahkan. Bagaimanapun  jika anda mengalah untuk tidak memperlihatkan ego suprioritas,lebih banyak mengandung manfaat bagi anda daripada anda ngotot yang akibatnya tidak mengantarkan anda pada tujuan yang sebenarnya  yakni memperbaiki keadaan, sadarilah bahwa hanya dengan cara yang baik manfaat kebaikan bisa dirasakan kebaikannya.   

Kenalilah leadership style atasan anda apakah termasuk tipe  administratif yang lebih cenderung memahami sebuah ide jika disampaikan melalui bahasa tulis  lengkap dengan studi kelayakannya, atau atasan tipe audiotery alias lebih suka mendengarkan penjelasan anda .  Atau tipe kombinasi keduanya yakni anda dapat menjelaskan proposal atau data pendukung secara persuasif dan mudah dimengerti oleh atasan anda.

Bersabarlah untuk persetujuannya, dikarenakan atasan punya banyak pertimbangan untuk membuat keputusan mengingat  setiap keputusan akan diambilnya  banyak menghasilkan perubahan bagi perilaku setiap anggota organisasi. Sekaligus memberikan pencerahan kepada anda bahwa ide yang anda sampaikan hanyalah sebatas saran sebab letak kewenangan berada pada atasan


Bersabarlah atas penolakan atasan bisa jadi ini menjadi ujian bagi mutu kualitas hubungan interpersonal anda sekaligus ujian bagi anda atas perilaku tidak menyenangkan dari orang lain”.Kank Hari 

0 komentar:

Posting Komentar