Tak dapat dipungkiri di era persaingan yang sengit ini,
setiap pegawai berharap dapat dipertahankan diperusahaan/instansinya,berbagai
cara dilakukan agar dirinya tidak termasuk yang di “promosingkirkan”.
Namun patut
disadari juga tak ada karyawan abadi pegawai abadi dalam suatu organisasi,oleh
karena itu setiap pegawai mesti harus dapat menjamin mutu kinerja pribadi agar
dimanapun mereka berada tetap “diperhitungkan”. Inilah beberapa tipsnya:
1. Integrity: Pertahankan
kejujuran,loyalitas ,dedikasi dan bekerja sesuai dengan aturan berlaku. Dengan demikian tak ada alasan
bagi menjemen menemukan kesalahan/pelanggaran yang anda lakukan.
2. Critical Thinking: Berpikir kritis
terhadap tugas tugas yang dibebankan agar target yang ditetapkan dapat
terselesaikan secara berhasil guna dan tepat guna. Berpikir kritis termasuk
memiliki kesediaan menerima kritik tanpa sakit hati ,dikarenakan kehadiran
kritik untuk perbaikan mutu kinerja.
3.
Adaptability : Miliki sikap siap melaksanakan tugas-tugas
baru jangan terpaku hanya tugas rutin
yang sudah menjadi SOP anda, agar
kemampuan anda terhadap beban tugas yang berbeda menjadi meningkat. Jangan menolak
tugas yang diberikan pimpinan dengan beraneka macam dalih ,dikeranakan pimpinan
sudah mempertimbangkan kompetensi dan hasil yang diharapkan dengan menugaskan
anda .
4.
Spirit
of Learning : kembangkan kegemaran untuk belajar baik untuk peningkatan
target mutu kinerja maupun belajar untuk pengembangan kualitas sikap
mental,termasuk kecepat tanggapa dalam menerima dan mengolah informasi terbaru untuk perbaikan maupun
kemajuan organisasi dimana anda bekerja.
Bersikaplah terbuka pada orang lain perbedaan pendapat atau serangan
kritik kepada anada sesunguhnya adalah “materi pembelajaran” .
5.
Leadership
by Example: Contoh dari keberhasilan
atas pekerjaan yang anda jalankan “berbicara”
lebih keras daripada usulan dan saran yang terlalu ideal
apalagi sulit diimplemantasikan.
Kepeloporan dan keteladanan anda
dalam meningkatkan mutu kerja yang dapat terlihat hasilnya lambat laun
akan diikuti oleh para pegawai lain.
Mungkin juga dipertimbangkan sebagai sistem sikap kerja yang
dikembangkan pada unit kerja anda.
6.
Do
the Best : Biasakanlah diri anda untuk memberikan yang terbaik dari yang
bisa anda kerjakan, dapat dipastikan hasil yang anda dapatkan akan
lebih baik. Bukankah tak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan pula. Dengan demikian aura positif yang anda pancarkan akan membangkitkan orang lain menjadi yang
terbaik pula.
“Tumbuhkan kualitas kinerja anda
agar hasil dari apa yang anda kerjakan benar benar berkualitas”. Kank Hari, Personality
Development Coach
0 komentar:
Posting Komentar