Pages

Jumat, 15 Januari 2016

Implementasi Ibadah Profesional Mukmin


“Sesungguhnya  orang orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh , mereka itu adalah sebaik baik makhluk (QS Al Bayyinah: 7)

Dalam dunia karir dan bisnis menjadi sosok yang berhasil selalu menjadi inspirasi bagi semua profesional jika saja mereka mau mengambil hikmah dibalik perjalanan sukese para inspirator tersebut. Tidak cukup bagi kita mengagumi keberhasilannya tanpa mengetahui bagaimana awal mula merintis karir usaha, kiat apa saja yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dan kesulitan..? Serta sikap mantal apa saja mereka bisa berhasil..?


Dari analisa saya ada beberapa hal yang memang secara istiqomah mereka lakukan dan keseluruhannya adalah ajuran dari ajaran agama islam, yaitu:
1.       Bersyukur
Menyadari pentingnya memiliki sikap syukur sebagai alasan peningkatan mutu kehidupan , maka syukur harus menjadi prioritas pertama dari apapun yang bisa anda raih saat ini. Sehingga ada alasan untuk bertambah barakoh nikmat yang bakal anda peroleh dimasa depan.
2.       Bersungguh sungguh
Apapun pekerjaan jika dikerjakan  secara bersungguh sungguh pasti akan menemukan hasilnya. Bersungguh sungguhlah dalam menjalankan tugas akan membuat anda memiliki kemampuan lebih sekaligus hasilnya.
3.       Tidak  bangga hati
Merasa harus terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dibidang bisnisnya untuk meraih keberhasilan dan memiliki daya saing dengan kesedian beradaptasi dan evaluasi terhadap langkah yang sudah ditempuh.
4.       Berpikir kemanfaatan bagi orang lain.
Berorientasi kepada kepuasan klien atau konsumen akan merangsang kecerdasan seseorang untuk meningktkan daya kreatifitas yang dimilikinnya untuk menemukan dinamika keinginan dan kebutuhan klien / konsumen yang dilayaninya sehingga keberadaan profesional tersebut  akan terus dibutuhkan.
5.       Yakin dalam pengawasan Allah
Baik sendiri ataupun berada dalam kerumunan seorang profesional muslim selalu merasa Allah bersama nya sehingga mereka senantiasa menjaga etos profesionalitas pelayanannya. Mereka menyadari bahwa kepatuhan (taqwa) dalam menjalani profesi karirnya merupakan inestasi untuk kepentingan akhirat.
6.       Semangat melayani
Menyadari fungsi dan  tujuan hidup manusia  adalah beribadah kepada Allah SWT maka memberikan pelayanan terbaik terhadap semua yang menjadi tanggung jawabnya adalah wujud implementasi ibadah dalam berprofesi. 
7.       Tidak mengulang kesalahan yang sama
Manusia adalah gudangnya lupa dan kesalahan namun mengulang kesalahan yang sama adalah sebuah kebodohan. Seorang profesional akan senantiasa belajar dari kegegalannya agar tidak terjerumus kembali pada kesalahan yang sama
8.       Menjaga silaturhami
Memiliki seribu teman belum lah cukup tetapillah memiliki satu musuh sudah cukup banyak adalah prinsip seorang profesional muslim dengan demikian mereka berupaya untuk menjaga sikap dalam sebuah pergaulan.

Delapan kiat adalah ciri keberhasilan para profesional muslim dalam menjalankan bisnisnya, kita bisa belajar dari kegagalan umat terdahulu dan berpikir untuk mendapatkan syurga dan rahmatnya Allah sebagai tempat kembali dengan memberikan yang terbai pada saat ini selagi bisa..!

0 komentar:

Posting Komentar