Pages

Rabu, 05 Desember 2012

Cara Mengubah Nasib Buruk


Kank ,saya  merasa sering mengalami sial seperti nya ini sudah suratan nasib kehidupan saya. Bagaimana caranya agar dimasa depan nasib buruk ini tidak menimpa saya kembali ..?






Katakanlah: "Dia-lah yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati". (tetapi) Amat sedikit kamu bersyukur. QS Mulk 23

Sebagai manusia kita memiliki kewenangan untuk menentukan nasib hidup sendiri. Dengan catatan anda tidak terpuruk dan terfokus pada keburukan nasib yang berujung hanya penyesalan.

Pertama: Belajar Dari Pengalaman

 Bisa jadi Keterpurukan nasib bukan lantaran kejadian yang terus menerus menimpa seseorang,namun sering kali orang mengulang ulang kesalahan yang sama dan tidak pernah belajar dari pengalaman yang semestinya memberikan pelajaran yang berharga kepadanya. Karena itu boleh saja anda gagal atau kehilangan kesempatan namun jangan pernah gagal atau  kehilangan kesempatan untuk memperoleh hikmahnya, agar anda tidak terus menerus mengulangi kesalahan yang sama.


Kedua : Lakukan apa yang anda inginkan bukan yang anda bakal sesali .

Tanyakan apa yang sebenarnya anda inginkan dalam hidup anda ,apakah  anda ingin kaya,cantik/tampan ,ataukah ketenteraman.. Sehingga ketika anda memutuskan untuk meraihnya anda ber sungguh sungguh memperjuangkan untuk mendapatkannya dan dapat mensyukurinya ketika anda bisa meraihnya. Sering kali  dalam proses meraih keinginan hanya didorong oleh keinginan nafsu sehingga berakhir dengan penyesalan. Ambil contoh:banyak orang menyesal setelah melakukan pembelian karena barang yang dibeli benar benar tidak dibutuhkannya. Atau banyak orang menyesal lantaran saat mengambil tindakan atau sikap hanya tergesa -gesa atau sekedar mempertahankan gengsi. Jadi pikirkan sebelum bertindak..! .

Ketiga :Bergaulah

Pergaulan dapat membuat anda jauh lebih ringan dalam mengatasi keterpurukan terutama pergaulan yang membuat anda optimis untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat. Manusia adalah makhluk sosial yang semestinya harus bergaul untuk saling berbagi dan menguatkan. Jangan memperparah  keadaan dengan berdiam diri dirumah atas keterpurukan yang anda alami .Karena dengan anda “memenjara “diri dirumah dengan aneka keterpurukan ,wawasan anda dan cara pandang anda tertutup oleh pengembangan pikiran negatif yang anda kembangkan sendiri dirumah .Akibatnya anda makin terpuruk dalam kesulitan. Segera keluar rumah bergaul lah dengan teman teman anda paling tidak anda bisa bercengkerama dan bergembira sejenak.

 Keempat :Terbukalah dalam wawasan dan pengalaman baru.

Jangan takut untuk menerima kritik saran sepahit apapun,karena jika saran itu mengandung kebenaran yang membawa kearah perbaikan nasib  anda di masa depan, tidak ada salahnya anda mencobanya. Jangan terjebak dengan pola pikir  negatif anda apalagi mempertahankannya hanya lantaran gengsi  .Berusahalah  untuk menemukan ,menciptakan peluang solusi atas persoalan yang anda hadapi  dengan terbuka pada saran kritik atau masukan  dan miliki rasa ingin tahu untuk mencobanya niscaya anda akan mendapatkan pengalaman baru untuk menemukan jalan keluar


Kelima : Miliki Harapan dan Do’a

Singkirkan  pesan pesan  atau prasangka negatif yang menghambat kemajuan anda dalam meningkatkan upaya perbaikan diri  ,terus lah berjuang dalam memperbaiki keadaan yang sedang anda hadapi .Milikilah harapan masa depan lebih baik,  dengan demikian anda mempunyai gairah untuk meraihnya . yakinlah pada upaya perbaikan nasib yang anda perjuangkan dan berdoalah. Karena dengan berdoa anda memiliki penguatan dan keyakinan bahwa Tuhan akan menolong anda pada saat yang tepat untuk meraih keberhasilan.

Milikilah keyakinan masa depan lebih baik dengan berupaya meningkatkan kebaikan anda pada masa kini ,niscaya anda akan mengalami perubahan keadaan.

0 komentar:

Posting Komentar