Pages

Kamis, 07 Januari 2016

Potensi Kreatif Menurut Islam


“Wahai segenap jin dan manusia, jika kalian sanggup menembus penjuru langit dan Bumi. Maka lintasilah . Kalian tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan (QS Ar Rahman 33)

Dalam ayat ini Allah memberi isyarat kepada manusia  (dan jin)   bahwa  Allah memberikan keleluasaan  kepada mereka  untuk mengeksplorasi  imajinasi dan upayanya  sekaligus membangkitkan potensi kreatif  dan daya inovasi melakukan terobosan yang tidak dapat diduga sebelumnya.  Terbukti banyak tokoh tokoh islam dunia yang memberikan karya terbesarnya untuk kemashalatan dunia seperti Ibnu Sina, Ibnu Khaldun, Jabir Ibnu Aflah pendiri Observatorium di Spanyol , al Biruni  Buku Pengobatan dan kesehatan Dunia  dsb .


Bagaimana caranya agar anda bisa  berpikir dan bertindak kreatif
1.      Dalam hidup ini ada banyak alternatif jawaban,  jangan terpaku hanya pada satu jawaban yang benar.  Ambil  contoh, Jika anda gagal dalam berusaha lapangkanlah dada karena bumi Allah ini luas dan banyak contoh ragam pekerjaan sebagai sumber rejeki.
2.      Tidak semua yang logis itu selalu berhasil, karena yang tidak logis justru banyak mendatangkan keberhasilan.   Contoh , nggak logis lulusan dengan IPK 3, 5  dari PT ternama kerjanya  kok jualan  namun bagaimana jika omset jualannya mencapai ratusan juta.
3.      Jangan hanya terpaku pada aturan, karena kecepatan perubahan dapat membuat peraturan terlambat menyesuaikan diri . Contoh , jika untuk bertemu dengan direktur terlalu birokratis lewat aturan main, tapi bertemu saat bersepeda / menjalani hobi bersama tentu tidak ada larangan maka temuilah direktur anda dengan ikut klub besersepada mereka .
4.      Tidak semua yang  tidak bisa dilakukan/diterapkan  saat ini tidak berguna, karena bisa saja justru solusi dari persoalan yang terlambat disadari. Contoh, penerapan IT yang dianggap belum pas saat itu digunakan,  justru berkembang pesat dan sangat dikuasai oleh kompetitor saat ini.
5.      Kesalahan dalam uji coba itu bukan kriminal, karena tanpa mengakui adanya kesalahan bagaimana menemukan perbaikan. Jadi alasan  adanya kesalahan adalah agar manusia dapat menyempurnakan karyanya. Sebagaimana peluang pertobatan untuk memperbaiki mutu kehidupan seorang  manusia.
6.       Jangan takut dibilang bodoh saat melakukan inovasi, karena kebodohan adalah ketidak mau tahuan atas apa yang terjadi. Sangat banyak orang sukses dianggap bodoh pada awalnya justru mempertahankan sukses sampai beberapa keturunan.
7.      Keberanian menjelajah diluar zona nyaman merupakan tantangan bagi orang yang inovatif. Berapa banyak orang yang keluar dari zona nayamannya justru merasa bersyukur karena tidak terjebak pada penderitaan yang harus diembannya selama berada di zona nayaman. Bertahan dengan pola pikiran lama akan tergilas oleh perubahan.
8.      Beranikan diri untuk kretaif karena kreatifitas itu hanya milik mereka yang berani kretaif. Mulai dari peka terhadap lingkungan temukan potensi kebutuhan yang bisa dipenuhi dan anda akan dibutuhkan.

Itulah alasan kenapa sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain agar manusia bersangkutan mampu berpikir kreatif memberikan kemanfaatan bagi orang lain dengan memenuhi kebutuhannya.  

0 komentar:

Posting Komentar