Pages

Jumat, 17 Februari 2012

Personal Equity.


Allah Swt ber firman . “Janganlah kamu bersikap lemah dan jangan pula kamu bersedih  hati ,padahal kamulah orang yang paling tinggi (derajatnya ) ,jika kamu orang orang beriman  QS Ali Imran 139.




Setiap pribadi memiliki kekayaan  terpendam ,bukan hanya persoalan kekayaan dari sisi materi ,jumlah uang yang dimiliki,jabatan yang diduduki , melainkan lebih dari itu adalah kekayaan akal budi. Orang bisa saja hidup dalam kemewahaan namun jika didapat dari cara tidak benar hanya sekejap menjadi kesedihan yang memalukan. Kekayaan akal budi adalah perpaduan hard skill dan soft skill.Mungkin orang bersangkutan  tidak memiliki jabatan atau kedudukan serta kekayaan ,namun kehadirannya selalu membawa dan menjadi  solusi bagi kesejahteraan dan ketentraman  bagi orang lain. Kehadirannya selalu ditunggu dan dibutuhkan..!

Guna mengenali kekayaan terpendam yang ada dalam diri itu setiap manusia perlu mengaudit diri sendiri ,insight management.Inilah pendekatan yang bisa digunakan performance and character .

.Performance lebih menitik beratkan kepada karya cipta dan hasil upaya yang dilakukan seseorang meliputi :

1.Knowledge

 Ilmu Pengetahuan yang anda miliki bukan sekedar sekumpulan gelar ,melainkan kemampuan berinovasi melalui ilmu yang telah dimiliki sehingga aplikatif dan bermanfaat bagi kehidupan  diri sendiri ,masyarakat dan Negara. Pengetahuan ayang anda miliki harus update secara kontinyu untuk menghadapi tantangan dan kesulitan sekaligus menemukan solusinya.


2.  Knowhow

Ketrampilan sama pentingnya dengan pengetahuan ,ketrampilan yang menghasilkan daya cipta suatu produk dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.Intinya anda harus senantiasa punya karya yang kreatif sehingga suatu saat dapat memenuhi tuntutan pasar. Ketrampilan /knowhow yang harus anda
kuasai adalah ;communication skill,teamwork,leadership ,computer application,time management,etc.


Personal equty dalam performance tercermin pada technical competency ,management competency and value based compentency. Dengan kemampuan anda menampilkan performance dalam karya  akan meningkatkan preferensi masyarakat  dan dunia usaha terhadap tampilan skill yang anda miliki .


Sedangkan character adalah outcome menyangkut nilai sikap dan perilaku keimanan  yang anda tampilkan.Yang tercermin pada  akhlak yakni :

1.       Self Awareness

Kesadaran  diri akan peran status yang anda emban dalam menjalankan tugas dan menunaikan ketuntasan dalam menjalankan     kewajiban .Sehingga karya yang anda hasilkan tidak mengecewakan “costumer “.

2.       Reputation

Reputasi adalah durasi waktu anda dalam menjalankan tugas yang mencerminkan perilaku tulus ,jujur dan bersungguh sungguh sehingga “costumer” yang anda layani terlampaui harapannya.

3.        Differentation

Sejauh mana keunikan pribadi,perilaku dan hasil karya anada   memberikan kemanfaaatan  dan dibutuhkan bagi orang lain. Miliki keunikan dalam memberikan pelayanan kepada orang lain sehingga orang merasakan kemudahan dalam mendapatkan solusi dari pelayanan yang anda berikan . Anda akan diingat karena keunikan itu.

4.       Relevan

Relevansi antara ilmu yang anda miliki dengan karya yang anda hasilkan adalah merupakan kekayaan yang tiada tara. Karena karya yang diciptakan dengan pengetahuan dan kahlian adalah karya yang bermutu.

5.       Dedication

Dedikasi adalah mewujudkan kinerja yang berbasis hasil. Kesetiaan anda menjalankan tugas secara professional  dan bersungguh sungguh sehingga memberikan hasil yang optimal merupakan bekal anda untuk mengumpulkan personal equity .Anda dikenal memiliki loyalitas pada hasil.



Sehingga perpaduan antara  performance dan character akan tercermin dalam perilaku kinerja anda yakni ;   technical competency  tercermin dari  penyelesaian tugas ,management competency : anda memiliki  kecakapan penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan  dan value base competency  anda memiliki: inovasi,pelayanan prima dan berbagai pengetahuan serta pengalaman .kecakaan kecakapan yang anda miliki akan membuat anda diperhatikan banyak orang yang selanjutnya menghasilkan dorongan bagi mereka  untuk bekerja sama dengan anda.

Sadari Personal Equity anda selanjutnya anda temukan kesuksesan yang anda impikan…!

1 komentar:

  1. Thank You for your appreciation ,I hope I can learn samothing for you @ranjan

    BalasHapus