Pages

Minggu, 01 April 2012

Time Management For Happiness,Manajemen Waktu Untuk Sukses Dan Bahagia


“Demi waktu,sesungguhnya manusia itu dalam keadaan merugi…….” Al qur’an



 Case Study

“Seandainya waktu itu aku tidak melakukan kebodohan yang aku lakukan tentu tidak akan begini jadinya…apa yang kudapat hari ini hanyalah penyesalan dan kekecewaan,mengapa aku begitu bodoh mengambil keputusan yang salah ,sehingga begini akibatnya,bukan haya kerugian materi tapi kelelahan fisik dan psikis yang aku rasakan. Saat aku punya uang banyak dulu apapun bisa aku beli aku lupa bahwa uang pun bisa habis,apalagi saat ini usiaku kian menua,sakit sakitan sepertinya sulit aku mendapatkan kesempatan seperti waktu itu.
Seandainya aku diijinkan kembali kewaktu yang lalu tentu aku jaga  dengan baik….!”





 Ada cukup banyak orang yang menjelang akhir perjalanan hidupnya merasa rugi atau tidak sedikit orang orang masa kini merasa bahwa hidupnya tidak memiliki makna lantaran kecewa dan menyesal akibat tidak dapat mengelola dan menikmati waktu kehidupan.banyak orang orang yang “gagal” tidak mendapatkan perubahan apapun dalam memperjuangkan kualitas hidupnya lantaran tidak dapat menghargai waktu yang diberikan TUhan kepadanya.Mereka membuang –buang waktu untuk kegiatan yang tidak bermanfaat.

Ada sebagian manusia yang memaknai waktu adalah uang ,sehinggga sepanjang waktu hidupnya hanya mengejar uang sepintas memang mereka sukses namun pada kenyataannya mereka justru tidak bahagia lantaran kehidupan keluarga dankehidupan sosialnya tidak berjalan bahagia.  Ada juga manusia yang bermalasan malasan dengan membuang buang kesempatan dan peluang untuk meningkatkan taraf kehidupannya  sehingga pada akhirnya kesulitan keuangan ,keretakan keluarga dan dijauhi masyarakat .Ini adalah kesalahan dalam mengelola waktu.

Waktu diberikan kepada semua manusia yang hidup didunia ini ,setiap hari datang ,setiap orang mendapatkan jatah yang sama . hanya bedanya orang yang berhasil dan bahagia selalu “berhati ;hati dalam mengelola waktu ,sementara yang lainnya berakhir dengan penyesalan seumur hidup ,kecewa dan tidak bahagia.Waktu adalah umur kehidupan seseorang ,sekali terlewat tidak pernah kembali lagi.Karena itu mengisi waktu dengan kegiatan yang bermakna dan bermanfaat akan menciptakan kebahagiaan dalam kehidupan sehari hari.


Perhatikan Aktivitas Keseharian


Jangan pernah berpikir tidak ada yang berubah dalam kehidupan keseharian anda.nikmati dan berbahagialah dengan rutinitas yang anda akan lewati hari ini.Walaupun kegiatan itu bersifat rutin jangan biarkan rutinitas itu menjadi kegiatan yang membosankan. Buatlah jadwal waktu yang sudah ana tetapkan adalah kegaiatan kreatif yang bermakna ,bagi kehidupan pribadi maupun bermanfaat bagi orang lain niscaya anda akan bahagia. Hargailah kegiatan  anda sebagai pelayanan  kehidupan yang bermakna.Buat detik detik kehidupan anda sebagai aktivitas yang membahagiakan.
Jangan sia siakan hari ini

Hari ini merupakan jatah umur kita yang harus kita lewati ,semakin banyak hari demi hari yang kita lewati semakin banyak pula jatah umur yang sudah kita habiskan .jangan menyia nyiakan umur ,menunda pekerjaan ahanya akan menyisahkan beban berat dikemudian hari dan ketidak puasan pada hari ini.Hal hal yang tidak penting dalam sehari hari yang anda jadikan kebiasan untuk anda tanggapi scara serius sementara yang benar benr penting dan genting  tiadak segera anda selesaikan, Hanya akan memubang umur dengan percuma. Memanfaatkan dan menikmati waktu hari ini adalah jalan meraih sukses dan kebahgiaan.


 Hindari Kecerobohan

Kecerobohan bisa ditimbulkan dua hal tidak disengaja atau disengaja. Jika kecerobohan yang bisa berakibat pada kesalahan ,saat pertama kali orang lain mungkin bisa memaafkan ,namun orang bakal tidak akan mempercayai anda lagi jika anda melakukan kecerobohan berulang ulang. Ada kecerobohan yang didasarkan pada kesengajaan seperti merokok,mabuk ,kecerobohan semacam ini bukan saja menghilangkan respect orang lain namun juga merusak diri sendiri.

Jangan pernah menyepelekan kesalahan kecil dengan berpikir masih ada kesempatan memperbaiki nya dikemudian hari,mungkin jika keslahan itu baru pertama adalah bagian dari pembelajaran. Namun jika itu menyangkut hak orang lain dan kesalahan dilakukan berulang ulang anda tidak akan dihargai dan dipercaya oleh mereka.Bahkan anda akan teridentifikasi sebagai orang yang layak untuk tidak dipercaya dan diberi kesempatan lagi lantaran terlalu  ceroboh.

Mulailah dengan perencanaan kerja/aktivitas ,bekerjalah dengan rencana itu . berpikirlah dan pertimbangkan masak masak setiap keputusan yang anda ambil ,karena keputusan yang salah hanya akan menimbulkan kekecewaan ,penyesalan dan kesulitan serta keputus asaan.Miliki  sikap fleksible dan berkreasi tanpa kehilangan fokus agar anda dapat beradaptasi dengan kesulitan/tantangan,.Susunlah skala prioritas pekerjaan anda  berusahalah untuk berbahagia dan bermakna mengerjakan tugas anda.Sebenarnya setiap orang punya kesempatan untuk menekan kesalahan kesalahannya dengan prinsip kehati hatian dalam setiap pengambilan keputusan dan tindakan.


Jangan menunda perbuatan baik


Pekerjaan menunda sering membiasa pada setiap orang lantaran mempercayai masih ada hari esok. Namun seringkali penundaan bisa berakibat penyesalan ,lantaran penundaan atas kesempatan itu telah diserobot oleh orang lain.Timing ,kecepat tanggapan seseorang menangkap peluang dan berani mengambil tindakan adalah bagian dari  strategi sukses.

Jangan remehkan arti kesempatan dengan menundanya ,lantaran justru kesemoatan itu tidak bakal datng kedua kali apalgi jika sudah diserobot oleh orang lain,bisa berakibat penyesalan dan kesedihan. Anggaplah setiap kesempatan sebagai peluang besar yang harus anda segera manfaatkan agar dapat meraihnya lebih awal,sehinga anda lebih bisa menumbuh kembangkan sebagai kesuksesan besar.

Jangan menunda berkaitan dengan menghentikan kebisaan buruk,memulai aktivitas kebaikan,menjaga kesehatan ,membaca serta aktivitas yang lainnya. Sebelum penyesalan dan jatah kehidupan mengikis anda.

Bersambung



3 komentar: