Pages

Minggu, 18 Maret 2012

Resep Meraih Kebahagiaan Menurut Petunjuk Qs Al Fatihah , (uri-uri Jawa )


Tidak ada satu pun manusia yang tidak ditimpa keresahan akibat  memikirkan perbaikan dan kemajuan hidupnya.Namun tidak jarang pula mereka justru tidak bisa menikmati ke suksesan hidup nya dengan baik   lantaran nafsu yang tak pernah terpuaskan dan  besarnya hasrat ingin menguasai. Sementara yang tidak berhasil mewujudkan harapannya akan kecewa,cemas ,gelisah dan putus asa.Lantas bagaimana sebenarnya meraih kebahagiaan…



1.       bakal putus amalane yen miwiti lelaku ora moco basmalah” ,bakal putus amalan apabila tanpa dimulai ,Dengan menyebut Nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang “.Menyebut Nama Allah bisa berarti merupakan niat awal dalam melakukan sesuatu hanya lantaran bentuk pengabdian  kepada Nya. Sehingga dalam proses pelaksanaan tugas menjalankan prinsip yang trustworthy ,bisa dipercaya. Mengerjakan sesuatu sebagaimana mestinya secara optimal akan mendatangkan ketenangan,karena tidak dilanda kecemasan lantaran perbuatan curang.

2.       “Sakabehe pujian mung  gadane gusti Allah “,Segala Puji Hanya Milik Allah.Apabila setiap orang menyadari Allah   Yang Maha Terpuji ,tentu dalam melakukan amalan kebaikan tidak memiliki motivasi dan pretensi  ingin mendapatkan simpati ataupujian dari orang lain. Sehingga tetap berkesinambungan perbuatan baiknya  tanpa atau mendapat pengakuan dan pujian dari orang lain.Ketulusan adan keikhlasan akan membuatnya nyaman dalam memperbaiki keadaan.

3.       ‘Bukti soko ono katresnan iku seneng menehi “ .  Bukti dari rasa sayang adalah kesenangan memberi  karena Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang .Dengan menduplikasi sifat Allah ini akan membuat setiap orang akan memiliki kesenangan memberi daripada meminta  sebagai bukti menyayangi  dan peduli terhadap sesuatu.Sedangkan pemberian bisa bermacam macam,harta .ilmu tenaga ,dan sikap yang baik.Kehidupan dunia ini akan menjadi sejahtera dan harmoni  bila masing masing orang lebih senang memberi  daripada meminta.

4.       ‘Sakabehe lelaku ono balesane ‘.Segala Perbuatan ada balasannya karena Allah Yang Menguasai Hari Pembalasan . Jika setiap manusia yakin semua perbuatan pasti akan mendapatkan balasan tentu semestinya hanya perbuatan baik yang dilakukan ,bahkan mendorong memberikan yang terbaik dari yang dia bisa untuk kepentingan terbaik kebaikan umat manusia.dengan menyadari adanya hari pembalasan manusia akan menghindari perbuatan yang merugikan pihak lain sekaligus dapat melestarikan kehidupan bagi anak cucunya.

5.       ‘amarga ibadah awakmu oleh pitulungan” lantaran ibadah akan mendapatkan pertolongan Allahkarena Hanya kepadaMU kami menyembah dan hanya kepadaMu kami mohon pertolongan. Banyak orang mengabdikan diri  ,loyalitas dan setia bukan untuk Tuhannya .Akibatnya  mereka bisa menjadi kecewa ,tak satupun orang yang dijadikan curahan kesetian bakal menolong .Pada dasarnya setiap orang memilih keselamatannya sendiri sendiri apalagi jika ada musibah bahkan mereka menolak disangkut pautkan.Karena itu jika anda meninginkan pertolongan oleh Nya setialah kepadaNYa.

6.       mlakuho sing jejer ojo mengah minguh “ berjalanlah memegang prinsip jangan tergoda rayuan,Berilah petunjuk jalan yang lurus. Dalam memperjuangkan prinsip kebenaran dan kebaikan selalu saja ada rintangan dan godaan yang membuat orang bisa melalaikan niat awal menjalani kehidupan ,karena manisnya tipuan dunia.Memegang prinsip yang kita pegang teguh bisa dikalahkan oleh situasi dan lingkungan yang  tidak kondusif.Karena itu meminta pertolongan dari kuasaNya yang akan membuat kita berada dalam petunnjukNya.Sehingga tidak terjebak penyesalan.

7.       “ Ukiren  sejarah uripmu marang lelaku sing bener ojo sing olo’,mengukir sejarah hidup dari perilaku yang baik dan benar bukan salah dan dosa. Meminta petunjuk kepadaNYa jalan yang diridhohi dan bukan jalan yang dhalim . Mengingat saat ini orang sulit mempertahankan jalan kebenaran lantaran perbuatan tidak benar sudah menjadi kebiasaan hidup sehari hari masyarakat. Hanya orang yang meyakini keberadaaNYa yang akan mendapat petunjukNya.


0 komentar:

Posting Komentar