Pages

Jumat, 09 Maret 2012

Build Your Self Image , Cara Membangun Citra Diri Yang Di Terima …


“Jika kamu menyeru mereka,mereka tiada mendengar seruanmu dan kalau mereka mendengar ,mereka tidak dapat mem pekenankan permintaanmu”Qs Al Faathir :14



Tantangan bagi seseorang saat ini adalah kehadirannya dapat diterima dimana mereka berada.Banyak cara dilakukan  agar citra diri dapat mendongkrak popularitas secara Instant.Trend kedepan model terkenal –populer secara instant  ini akan terus berkembang dengan adanya ICT utama nya you tube.

Mereka bukan membangun citra diri berdasarkan reputasi kualitas pribadi terkenal sesaat.Hal ini membuat banyak diantara kita yang tidak lagi memikirkan bagaimana menjadi pribadi yang diterima dan dikenal lantaran karya dan perbuatan yang dilakukan tapi cukup lima belas menit bisa terkenal. 

Padahal terkenal sesaat tanpa diimbangi  dengan “isi” kompetensi yang memadai akan mudah pudar,kompetisi tanpa kompetensi akan mudah basi.Bagaimana agar anda bisa memiliki citra diri positif ,diterima dan  dikenang  dapat mendatangkan solusi bagi orang lain..? inilah beberapa langkah sederhana:



1.Focus On “Conversation” Your Talent & Mental Attitude


“The future belongs to those who prepare for it” ( Ralph Waldo Emerson )

Masyarakat kita lebih kolektif dalam menilai suatu produk atau perilaku seseorang. Mereka tidak jarang subjektif menurut referensi komunitasnya daripada penilaian secara pribadi.Membuat anda akan lebih cepat dikenal kan oleh salah satu anggota kelompok kepada  anggota /kelompok orang lain . Jika talent  dan mental attitude anda berkesan dibenak salah satu atau beberapa kelompok ,maka semua anggota komunitas itu akan lebih mudah diterima oleh mereka . Tidak jarang orang orang yang “diagungkan” komunitas ,kehadirannya dielu -elukan anggota komunitas bersangkutan.Karena itu Conversation –skill wajib anda lakukan agar talent and metal attitude anda bisa dikenali.


1.       Wisdom ,High Competency And Humble

“If you cannot accept it,you have to change your self ‘

 Tuntutan bahwa anda memiliki kompetensi yang bisa diandalkan  adalah sebuah keharusan untuk memenangkan persaingan.Bagi orang orang yang memiliki kompetensi tinggi beranggapan bahwa dengan kompetensinya dirinya patut mempertahankan “ego “ sektoral yang tinggi. Karena beranggapan dirinya yang super dan dibutuhkan ,padahal tidak ada orang super, diatas langit ada langit ,diatas kompetensi yang dimiliki ribuan orang siap mengganti.Bagi orang  yang “wisdom “pantang sombong merendahkan orang lain dan menolak kebenaran .Mereka selalu berpikir orang lain tidak suka direndahkan dan kebenaran adalah informasi yang sangat berguna, sehingga kehadiran orang ‘wisdom’ selalu diterima dimana pun berada karena kerendahan hati yang dimilikinya.

2.       Strong Emphaty

“If you are  aware of your impact on others,you may not be too surprised by the feedback you recieive.”

Setiap orang suka dihargai ,dimengerti dan dimanusiakan ,sebagaimana anda pun menyukai nya. Karena itu sikap menghormati  pendapat dan karya orang lain,keinginan untuk mengerti kesulitan orang lain dan memperlakukan orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan adalah bagian terpenting perilaku empati yang kuat.Kekuatan empati yang anda miliki membuat anda akan “diterima tidak sebatas “ hub transaksiaonal,sebatas hubungan rekan kerja atau  rekan bisnis namun anda akan ditempatkan dihati orang lain dilubuk hati yang paling dalam , kehadiran anda dirindukan dan kepergaian anda ditangisi.


3.       Servant Leadership

“The best practice is to check out  your own interpretation with a number of  other people  and if their translation of you matches the feed back start talking to your self!”


Kepemimpinan yang melayani,artinya setiap aktivitas yang anda miliki selalu berorientasi memberikan kemanfaatan bagi orang lain . Karena sebaik baik manusia adalah yang kehadirannnya dapat memberikan kemanfaatan bagi orang lain. Apakah harta,ilmu,tenaga atau sikapnya. Miliki kekuatan untuk mempengaruhi orang lain melalui hasrat yang besar untuk melayani orang lain ,baik dalam mengerti kecemasannya,menghargai pendapat maupun karyanya atau dapat memberikan solusi bagi persoalannya.Seorang pemimpin tidak akan menadapat keuntungan kalau hanya berpikir keuntungan pribadi.


4.       Imitator and Inovator

We cannot see what is showing on our face if our hand is covering it . So pull your hand away and take a peek.


Falsafah proses pembelajaran 3N: Niteni ,Niroke dan Nambahi yang diajarkan olah Kihajar Dewantara ,merupakan pedoman bagi seseorang untuk dapat produktif menghasilkan karya inovatif.Karena untuk menghasilkan sebuah karya tidak harus melalui ide original.Produk produk dari Jepang ,Korea dan Cina mengambil pola 3N. Mereka bukan sekedar meniru tetapi perniru yang bisa memberikan added value pada hasil produksinya.Mereka melakukan proses churning yaitu melakukan proses imitasi dan inovasi dengan cepat.mereka meniru apa yang dilakukan Negara barat dan dengan cepat melakukan inovasi. Bagi anda yang dapat melakukan peniruan sekaligus berinovasi, kehadiran anda lebih mudah diterima lantaran datangnya dari bangsa sendiri apalagi jika dapat memberikan layanan mudah ,murah ,cepat dan tepat guna.


6.Flexible and Adaptif 


 “You may have  wonderfull ideas and grand intentions,but be sure that you are expressing those plans  and ideas in way that other  can hear you..”

Memegang teguh pada komitmen sesuai portofolio  sebagai ikatan  formal yang dibuat  adalah keharusan. Namun fleksible sesuai kasus dan situasi yang terjadi akan membuat orang merasa dapat dimudahkan atas  harapan yang dimilikinya.Lantaran pada kondisi yang tak terduga “unpredictable variable” orang bisa saja tidak sanggup menjalani komitmen nya.Apapun yang dibuat dari komitmen asal masing masing pihak bisa saling mengerti tidak menjadi masalah.Karena itu sikap fleksible anda yang sesuai kebutuhan akan membuat orang lain merasa nyaman membangun relasi bersama anda.

Sedangkan sikap adaptif akan membuat anda lebih mudah dalam menyesuaikan diri atas situasi ,lingkungan perkembangan teknologi sehingga anda lebih mudah diterima orang lain. Lantaran anda bisa bergaul dan mendatangkan rasa aman bagi orang lain .Tanpa memperbesar jurang perbedaan yang ada.


1.       Be Obsever

“It is relief to know why you behave as you do and what can do about it.”

Pengamatan akan dapat mendatang ide ide yang bisa menghasilkan suatu karya atau kegiatan yang bermanfaat bagi orang lain. Mengamati yang menjadi need ,want and anxiety dari orang lain dapat memberikan gagasan dan memotivasi bagaimana cara memenuhinya. Asahlah terus kecakapan anda mengamati dari dekat apa yang terjadi pada masyarakat sekitar anda .Jika  anda terus menerus anda lakukan akan menghasilkan intuisi memberikan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan  ,keinginan dan kecemasan orang lain.Sehingga ide/karya anda menjadi solusi bagi mereka.


Kata orang bijak ,dimana ada langit disitu bumi berpijak kemampuan ‘membawa diri akan membuat anda bisa diterima oleh orang lain.



0 komentar:

Posting Komentar