Pages

Kamis, 08 Maret 2012

Power Up Your Integrity , Cara Menjadi Pegawai Negeri Sejahtera tanpa Korupsi.


Case Study


Meskipun tahu dilingkungan kerjanya banyak kegiatan rekan kerja yang melakukan “kecurangan kecil kecilan “mulai dari memark up anggaran,nilai kwitansi yang tidak sama dengan trmasaksi ,mencuri asset  instansi ,memberikan laporan kegiatan yang tidak sesuai dengan penyelenggaraan  dan berbagi kecurangan yang lainnya .Rosa tetap berpendirian bekerja jujur itu bisa memberikan ketenangan hati tersendiri sehingga tidak perlu harus ikut ikutan.Lantaran tahu sebesar apapun benda yang dicuri terang terangan maupun sembunyi pada akhirnya akan habis dan dapat dipastikan akan menimbulkan kecemasan saat diaudit.Makanya Rosa  memilih tidak ikut  ambil bagian dalam “koalisi- jahat”.

Sebagai staf operasional ,sisa waktu dari jam pulang kantor digunakan untuk berdagang batik dan parfum omzetnya lumayan.Lantaran konsumen dalam instansinya  merupakan konsumen tetap yang repeat buying belum konsumen lain yang dibangun melalui komunitas yang dibangunnya.Termasuk membangun jaringan networking melalui media ICT. Baginya bukan nilai rupiah yang banyak yang membahagiakan namun hasil keringat dari kerja yang jujur yang membuatnya nyaman dan damai.

Prinsip ini dipegang sampai saat ini ketika mendapat jabatan kasie keuangan di instansi lain ,ia tetap sosok yang dapat memotivasi dirinya dan memotivasi orang lain,ia dapat mengenali ragam perilaku karyawan lain tanpa ikut arus,dirinya sosok yang ramah namun disegani,ia memiliki kejelasan territory management  ,memiliki kinerja yang terukur dan membanggakan serta  berbagi atribut  positif yang lain . 


Qur’anic Framework




“Dan janganlah kamu mengatakan terhadap apa yang disebut sebut oleh lidahmu secara dusta ‘ini halal dan ini haram ‘ untuk mengada adakan kebohongan terhadap Allah. Sesungguhnya orang orang yang mengada adakan kebohongan terhadap Allah tiadalah beruntung “QS An Nahl 116.


Power Up Your Integrity


Dengan makin dituntunya instansi untuk menjalankan keterbukaan public maka tak ada satupun bidang bidang kerja yang tidak menjalankan sistem manajemen yang transparan,jujur,adil akuntable serta bisa diakses.Walupun masih saja ada bebrapa oknum yang main main lantaran merasa tidak mungkin ketahuan,kalau menurut saya itu hanya persoalan waktu.

Mau tidak mau suka tidak suka positif mental attitude sebagai pegawai  negeri menjadi ukuran, dari bagaimana instansi bersangkutan mengembangkan filosofi organisasinya.Perubahan mental dan mindset  dari setiap jajajaran pelaku organisasi tersebut terutama top manajeman,kepala bidang,kepala seksi ,penyelia sampai pegawai operasional.Dengan kata lain integritas professional harus merupakan paradigma bagaimana memandang menjadi pegawai  negeri sebagai abdi Negara ,pelayan masyarakat dan memegang amanat TUhan.


Kita mengetahui di era serba maju ini ,untuk bisa bertahan dan sukses menjadi CEO di perusahaan /instansi harus memiliki kompetensi dan integritas.Sehingga dapat memberikan keteladanan bagi bawahan .enggade employee untuk bisa memiliki semangat kerja dan berdedikasi tinggi .Karena tuntutan akan layanan sudah mulai bergerak dari disiplin ,efektif dan terbaik .

Apa saja syarat agar menjadi pegawai ber integritas  dan “sejahtera “yang professional :

Pertama .  Comitment and Self Dignity.

Komitmen dan menyadari makna profesi yang digeluti.Jadi ,menjadi pegawai bukan hanya lantaran tututan kebutuhan,nggak bisa cari pekerjaan lain atau sekedar kewajiban  melainkan kesadaran dan kebanggan akan makna pelayanan terbaik yang bisa diberikan. Buatlah diri anda dapat dibedakan karena cara anda menggunakan waktu kerja untuk memberikan layanan terbaik bagi “stake holder” anda. Dan nisacaya anda akan merasa puas karena merasa bisa memberikan yang terbaik.


Kedua. Do the best

Fokus pada pelayanan terbaik.Artinya jika setiap pegawai memiliki mindset  memberikan pelayanan terbaik maka yang ada pada setiap upayanya adalah meningkatkan mutu kinerjanya. Mengembangkan kualitas diri dengan pengetahuan yang mendalam tentang pekerjjaaannya .job enrichment Disamping memahami prosedur bidang bidang lain sehingga terjadi sinergi antara bidang satu dan yang lainnya ,job enlargement .Sehingga dapat memberikan kepuasaan kepada konsumen dan dilayani sekaligus memahami insight costumer dengan baik.


Ketiga .Interpersonal  Intelligence

Sebagai pegawai perlu menyadari bahwa hubungan dengan rekan kerja,atasan dan masyarakat bukan sebatas transactional  service,bukan sebatas hubungan kerja selesai pekerjaan  administrasi selesai pula relasinya. Namun yang perlu dibangun adalah hubungan persaudaraan/persahabatan diluar jam kantor ,bisa dalam bentuk komunitas go-wes sepeda ,jalan sehat atau komunitas komunitas lainnya.  Hal ini untuk menambah upaya self branding yang anda miliki ,bisa saja anda hanya pegawai /staaf biasa saja namun dalam komunitas dimana hubungan antar anggotanya equivalen ,bisa saja keahlian serta mental attitude diketahui akan sangat membantu bagi kepentingan di instansi dimana para stake holder itu bekerja. Promosi secara kuantum ini akan lebih cepat meletakan anda pada posisi yang pantas untuk skill yang anda miliki.


Keempat,  Professional value and personal Value.

Memahami dan mengimplementasikan nilai nilai filosofi instansi  seperti ,visi –misi-value instansi,pelayanan,standar kinerja  serta makna hidup anda sendiri dalam kerja akan dapat menimbulkan kebahagiaan tersendiri. Lantaran anda tidak memliki kecemasan lantaran janji instansi yang telah terucapkan,tertulis dan dikomunikasikan.   Kejujuran pada Budaya Jepang sampai dihayati oleh  sopir taksi yang dengan senang hati dan tulus mengembalikan dompet penumpangnya yang tertinggal kepada pemiliknya  .Label jujur pada Negara Jepang  melekat pada setiap karakter orang Jepang  menjadi icon dan Brand Nation  tersendiri.

Kelima,Distinctive Contribution

Bukan menjadi Pegawai NegerI biasa adalah prinsip yang menjadi filosofi dalam bekerja dengan memberikan yang terbaik dari yang anda  bisa. Kecepatan dan ketepatan kerja adalah ciri karyawan yang memberikan kontribusi unggul itu. Mengingat saat ini  tuntutan waktu adalah bagian penting dalam denyut nadi kehidupan bisnis dan professional. Servie solution adalah budaya kerja yang wajib dikembangkan oleh pegawai negeri terutama PNS muda.sehingga mereka dapat membewa perubahan baru bagi budaya kerja PNS dimasa depan dan sekaligus mengankat citra PNS.

Berusahalah meningkatkan kualitas hidup sehari hari  sebagai wujud syukur dan tanggung jawab kepada TUhan,keluarga dan Negara



0 komentar:

Posting Komentar