Pages

Minggu, 08 Desember 2013

Panduan Raker Tahunan Efektif : Evaluasi dan Rancangan Program Kerja Aparatur Pemerintah

Desember ,tiba saatnya dimana  beberapa instansi mengadakan raker internal  untuk evaluasi  program  kerja yang telah dijalankan serta evaluasi rancangan program kerja tahun mendatang.Raker bisa antara 2-5 hari ,dimana mereka menyusun planning rancangan program  untuk tahun depan secara detail. Meskipun tidak jarang raker tahunan digunakan sebagai acara rekreasi setelah satu tahun bekerja keras.



          Raker  adalah acara dimana  performa setiap bidang /unit kerja diumumkan secara formal dan bertanggung jawab kepada semua unit diseluruh departemen atau bidang bersangkutan dan setiap kabid/kasie diantara sesama rekan kerja dan pimpinan.Tujuannya agar supaya setiap pimpinan unit bidang /sie  yakni kabid /kasie bisa memberikan laporan pertanggung jawaban kinerja dan hasil kerjanya kepada instansi dalam usaha mewujudkan target yang telah ditetapkan tahun sebelumnya.
       Sebagai sarana mencapai keberhasilan dari rancangan program kerja tahun depan , pentingnya raker sebagai  alat evaluasi dan assessment  yakni menganalisa  apa saja dan  dimana bagian mana kinerja optimal dapat tercapai dan mengapa mengapa bisa tercapai..? Dengan mengetahui rahasia pengalaman berhasil maka akan lebih mudah untuk memperbaiki diri agar lebih berhasil dimasa depan.
    Oleh karena itu setiap peserta raker harus bersedia bersikap jujur menerima ‘rapor’ dari hasil analisa menyeluruh tentang kesalahan atau kegagalan dari kinerjanya.  Keterbukaan hati ,keterbukaan pikiran dan kesediaan untuk di evaluasi harus diutamakan sebelum didominasi oleh prasangka dijadikan kambing hitam  ,mau menangkan ego pribadi  dan pesimis . Sehingga dengan mudah  dapat menemukan sebab/alasan tentang terjadinya kesalahan atau kegagalan yang terulang. Karena mengulang kesalahan hal yang sama adalah kesalahan fatal .
    Dengan demikian  Raker semestinya bertujuan untuk assessment  ,mengidentifikasi kesalahan ,kegagalan dan kekurangan  dari sebuah program yang telah dijalankan. Belajar dari pengalaman kegagalan atau kesalahan  tersebut diperlukan upaya mencari solusi perbaikan dan strategi menghindari kesalahan mengulang dengan melakukan upaya yang lebih baik dan hasil yang lebih baik pada tahun tahun berikutnya. Sudah selayaknya Raker dilakukan secara jujur dan objektif ,dengan memiliki keberanian mengakui apabila melakukan kesalahan, “ saya pikir ini adalah kegiatan yang tidak efektif ,ada baiknya tahun mendatang sebaiknya di tiadakan saja atau diganti dengan kegiatan yang lebih bermanfaat”.
    Iklim kerja sehat dan dinamis pada tahun mendatang akan tercipta jika memanfaatkan Raker sebagaimana mestinya seperti hal tersebut diatas. Para staff dan atasan menjadi logis ,objektif ,tidak egois atau membenarkan diri sendiri dan lebih berpikir solusi daripada mencari kambing hitam . Jalan menuju kinerja optimal ditahun mendatang akan dapat terwujud .
  Raker bukan acara menghabiskan sisa anggaran ,melainkan sebuah forum yang penting untuk mengingatkan semua orang di organisasi /aparatur tersebut oleh pimpinan puncak  tentang tujuan dari pelayanan prima organisasi . Bisa saja selama setahun bekerja antar staf ,seksi atau bidang terjadi konflik kepentingan . Maka penting bagi pimpinan puncak pada bidang atau instansi bersangkutan mengingatkan kembali  tupoksi  dari bidang masing masing . “Saudara-saudara kita jangan lupa Tupoksi dari pelayanan bidang /unit kerja yang kita operasikan .Peran anda sangatlah penting bagi keberhasilan pada tahun tahun mendatang seperti yang sudah lalu lalu’.
 “Nobody wants to thing to be more difficult, tell people that what you’re saying easy to understand or easy to understand or easy to do..”
 Penting bagi seluruh staf mendapatkan trigger dan encourage secara langsung dari Top Management dan saat yang tepat adalah pada acara Raker…!   



0 komentar:

Posting Komentar