Pages

Selasa, 03 Desember 2013

Kalimat Efektif Pembangkit Daya Tarik Dan Motivasi (Psikologi Komunikasi Organisasi )

“Saya sering tidak mengerti dengan para staf berapa kali kita briefing tetap saja belum termotivasi…”begitulah kata seorang area manager menghadapi perilaku para staff di kantornya. Ada banyak rapat ,meeting yang kadang tidak dapat membawa perubahan semangat staffnya,sekan semua kata ,kalimat,atau komitmen  hanya berlaku sesaat. setelah itu kembali seperti semula.Apa penyebabnya..? Kalimat yang terucap tidak efektif artinya banyak kelimat kalimat berhamburan namun tidak dianggap bermanfaat bagi pendengarnya. Lantas bagaimana agar kalimat dapat menarik perhatian dan membuat orang lain termotivasi . Berikut “mantra”nya




·         Buatlah tugas yang akan dijalankan terkesan mudah untuk dilaksanakan.

Pada dasarnya orang cenderung menghindari kerumitan  dan menghendaki kemudahan  oleh karene itu menarik perhatian staff dengan merasa lebih mudah mengerjakan adalah solusi.”sebenarnya anda hanya bertugas seperti biasa hanya saat ini dimudahkan dengan software yang sudah teraplikasi dengan komputer masing masing,sehingga anda lebih mudah tidak harus keliling kesana kemari untuk mencari data…”

·         Buatlah setiap orang  merasa dibutuhkan

Salah satu kebutuhan dasar psikologi manusia adalah perasaan dibutuhkan ,dengan merasa dibutuhkan maka akan tumbuh perasaan dihargai kehadirannya,dengan demikian mereka memiliki motivasi untuk menjalan peran dan fungsinya sebagai staff.
“Oke ,untuk tugas ini sesuai kompetensi yang dibutuhkan sepertinya anda yang paling cocok untuk melaksanakannya..!”

·          Tunjukkan peluang yang akan didapatnya.

Peluang adalah salah satu alasan seseorang meletakkan harapan untuk mendapatkan dan  meningkatkan mutu kehidupannya . Peluang dalah kesempatan yang dapat diwujudkan. Memberikan tugas yang dapat membangun kesan akan adanya peluang bagi  staf dapat meningkatkan motivasi kerjanya.” Ini kesempatan bagimu untuk menunjukan bahwa kamu dapat menjalankan tugas yang diamanahkan kepadamu..!”. 

·         Untuk kemajuan Pribadinya
Setiap orang pasti menyukai segala informasi untuk kemajuan pribadinya,jika kalimat yang anda ucapkan adalah untuk membangun perbaikan dan  kemajuan  karir maupun pribadinya ,pasti akan didengarnya. “mungkin bagimu dilibatkan dalam beberapa tugas tambahan ini belum menghasilkan uang  banyak ,tapi jangan lupa dengan mengerjakan tugas ini kamu mendapat kesempatan belajar yang berguna bagimu kelak..!”

·         Jaminan tidak diberi sanksi atau disalahkan  saat mencoba dan  melakukan kesalahan pertama .


Tidak seorangpun suka melakukan kesalahan atau disalahkan apalgi jika berakibat fatal ,dipecat atau sejenisnya ,terlebih jika kesalahan itu adalah karena ketidak tahuannya . Jaminan dari anda bahwa mencoba peralatan atau system yang baru adalah bagian dari pembelajaran dan tidak mendapatkan sanksi akan mendorong para staf untuk termotivasi berani melaksanakan  .”Karena ini adalah system  /alat yang baru saya dan anda adalah masih dalam taraf belajar jadi jangan takut untuk terus belajar sampai menguasai..!”.

·         Katakan saat ini juga

Manusia bisa lupa terhadap  apa yang dilakukan  pada masa lalu atau bahkan enggan menanti masa depan. Oleh karena itu  mereka sangat termotivasi jika harapan nya dapat terwujud saat ini Jika anda dapat meyakinkan bahwa harapan nya dapat diwujudkan segera mereka akan termotivasi untuk melaksanakannya..”selesaikanlah beberapa tugas yang menjadi target hari ini saya akan upayakan pencairannya hari ini juga..!”.

Disampaikan dalam Rapat Koordinasi “ Up Grading Your Staff” yang dihadiri oleh Kabid/kasie SD  seJatim  di Hotel Purnama Oleh Kank Hari Santoso ,Konsultan dan Motivator MSDM.

0 komentar:

Posting Komentar