Pages

Senin, 11 Maret 2013

Membangun Karakter Sukses Dalam Karir



Banyak orang berupaya menemukan cara sukses bertahun  agar dapat digunakan untuk kepentingan sendiri maupun untuk  kepentingan banyak orang , namun tidak jarang sebagian orang hanya bermimpi sukses tanpa berani membayar ongkosnya yakni berjuang mwujudkan impiannya . Berikut ini  perilaku yang melekat pada pribadi sukses;



Inspirasi tokoh ;
Orang bejo lebih beruntung dari orang pintar”,kalimat yang diucapkan oleh  Bob  Sadino,pria yang dikenal dengan kostum suka memakai celana pendek ini  benar benar wirausaha yang benar benar merintis  usahanya dari bawah . setelah merantau sembilan tahun di Amsterdam ,Belanda,  Hamburg dan Jerman sejak tahun 1958 ,Bob bertekad tidak lagi ingin jadi karyawan .maka ia harus bekerja keras ,pernah menjadi sopir taksi ,mobilnya tabrakan dan hancur. Ia pernah menjadi kuli dengan upah seratus rupiah sehari. Suatu hari ,temannya menyarankan memelihara ayam untuk mengatai depresi yang dialamin ya.Bob menuruti saran itu  ketika berternak ayam, itu muncul inspirasi berwirausaha  dan kemudian mendirikan Kem Chiks.
Pendiri dan pemilik  tunggal  Super Market KemChiks    ,bersama istrinya kerap dimaki pelanggan serta pembantu orang asing.

 Namun Hal ini tidak membuat Bob dan Istrinya patah semangat ,mereka mengaca pada diri sendiri dan memperbaiki layanan. Lewat kerja kerja ,akhirnya bisnis Swalayan Kem  Chiks nya berkembang pesat ,merambah ke agrobisnis ,khusunya hortikultura dan mengelelo kebun kebun sayur  mayur untuk konsumsi orang asing di Indonesia .Untuk menjalin  memenuhi swalayannya itu ia menjalin kerja sama dengan para petani dibeberapa daerah.

Bob yakin bahwa setiap langkah sukses selalu diawali dari kegagalan demi kegagalan .perjalanannya wirausaha tidak semulus yang ia kira,ia dan istrinya sering jungkir balik . Baginya  uang  bukan yang nomor satu .Yang penting kemauan komitmen ,berani mencari dan menangkap peluang.

“kelemahan banyak orang ,terlalu banyak berpikir untuk membuat rencana sehingga tidak berani melangkah “yang paling penting adalah tindakan ,itulah Kata om Bob panggilan akrab  Bob Sadino. ( Sumber Great Marketer Indonesia ,Majalah Marketing )


Menyimak dari pengalaman Om Bob maka inilah hikmah yang bisa diambil:
  1. Kesadaran bahwa sukses adalah perjuangan tidak ada keberhasilan yang dicapai dengan mudah dan instan. Mereka biasanya bekerja keras ,mencoba berbagai cara,memperbaiki diri dan belajar hal hal baru ,belajar lebih dalam ,menambah wawasan dan tidak mengenal putus asa. Karena formula sukses adalah bersungguh sungguh pada bidang yang anda geluti. Bersungguh sungguhlah untuk meraih keberhasilan karena dengan bersungguh sungguh anda akan menemukan apa yang anda ingin dapatkan.

  1. Mengembangkan  kepribadian dan memperluas pergaulan,dengan terus menerus mengasah pikiran,perasaan dan perilaku ,mereka berinvestasi untuk masa depan diri sendiri. Membaca buku ,mencari inspirasi dan motivasi ,ikut diklat seminar ,belajar dari para tokoh maupun biografi ,memperluas jaringan relasi dsb.’ Walaupun saat ini anda belum mengalami perkembangan dalam hal financial setidaknya anda  harus berkembang diri sisi pola pikir dan kepribadian.
  2. Bangga terhadap profesi,tantangan terberat biasanya diawal awal tahun,namun jika kesadaran makin kuat dan yakin bahwa profesi yang digeluti dapat mengantar kepada masa depan  lebih maju dan lebih baik, akan membuat setiap pekerja akan dijalankan dengan suka cita.  Jika seseorang bangga terhadap profesinya maka akan memiliki perasaan berharga selama menjalankan profesi ,memiliki rasa percaya diri dan hidup merasa lebih bermakna.
  3. Membangun sikap mental positif,mereka biasanya tidak terombang ambing oleh iklim situasi  sistem yang mungkin saja tidak bersahabat. Sikap mental positif menjadi landasan kegiatan aktivitas keseharian ,tidak mudah menyalahkan orang lain dan selalu  instrospeksi  diri .Dengan meletakkan sisi positif dalam pikiran maka kesulitan apapun  bisa diselesaikan ,arena orang yang memiliki sikap mental positif akan memiliki sikap optimis.
  4. Mengelola waktu secara efektif ,orang sukses hampir setiap waktu yang dimiliki tidak ada yang tidak bermakna bagi dirinya ,mereka membagi,mengalokasikan dan menggunakan waktu secara bermanfaat.

Semua orang bisa memiliki keunikan masing masing namun dalam mencapai sukses mereka biasanya memiliki kemiripan seperti yang telah dijelaskan

0 komentar:

Posting Komentar