Pages

Rabu, 27 Maret 2013

Membuat Diri Menjadi Lebih Kreatif




Tidak jarang makin banyak ilmu yang diketahui seseorang   makin sulit  menjadi  kreatif lantaran terjebak pada ilmu yang di dewakan  ,lebih terlalu banyak kapalan terlalu berpikir analisis tidak berani ambil sikap .Padahal agar bisa bertahan dan menjadi pemenang dalam kompetisi  di era perubahan jaman  terpaku pada teori tidak menjawab tantangan zaman .Tidak ada kesulitan yang menyebabkan kegagalan  melainkan kegagalan yang diciptakan oleh diri sendiri.






 Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur. Qs An Nahl ;78




Makin besar harapan anda untuk berhasil makin besar pula upaya yang harus dilakukan untuk mencapai keberhasilan itu , ambil contoh pemberdayaan UKM oleh Unilever  dengan program pembudi –daya an  ikan air tawar untuk bahan baku  Royco,bekerja sama dengan UGM  menciptakan penyedap rasa cair bebas mono sodium glutamat (MSG).Unilever dengan “festival jajan Bango” dan memberdayakan komunitas petani  kedelai hitam  untuk bahan baku kecap bango   Starbuck  memberdayakan petani kopi  Aceh  dengan hasil kopi dengan mutu kopi yang bagus .Sementara itu sebagai pribadi  anda harus dapat menyesuaikan diri dengan kondisi  sebagai berikut :


·         Lakukan  saja apa yang menjadi rencana anda karena biasanya anda terjebak untuk menunda,mengingkari atau meninggalkan  ide yang sudah diimpikan ,sehingga  tidak  jarang hanya  tinggal menjadi angan angan. Yang lebih menyedihkan jika ide yang dimiliki justru berhasil dibuktikan oleh orang lain .Anda harus segera memulai melakukan ide yang sudah anda miliki.

·         Betapapun  banyak gelar atau ilmu yang anda miliki jangan berhenti belajar ,karena belajar  akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang anda miliki,kecenderungan orang yang merasa berpengetahuan dan berpengalaman adalah enggan menerima pengetahuan baru dan belajar.

·         Berani mencoba ,tidak jarang kreativitas  tidak dapat berjalan optimal karena  seseorang tidak memiliki keberanian  berubah dan mencoba sesuatu yang baru  mereka terjebak kondisi yang dianggap nyaman saat ini. Jika anda ingin kreatif milikilah keberanian mencoba  jangan terjebak pada kenyamanan yang tidak bakal  kekal.

·         Jangan merasa diri paling penting dan paling dibutuhkan ,dengan demikian anda bisa beralasan untuk tidak menerima tentangan yang lebih besar untuk mencapai kemajuan di masa depan. Padahal dengan berhadapan dengan masalah anda memiliki pengetahuan baru untuk menyelesaikan  tantangan kemajuan. Jika anda merasa orang VIP maka anda akan kesulitan menyelesaikan tantangan baru lantaran anda sering menolak tugas yang semestinya anda lakukan .

·         Merasa terlalu banyak yang sudah dilakukan padahal tidak banyak yang sudah dihasilkan .Cukup banyak orang merasa sok sibuk padahal tidak satu pun  pekerjaan besar yang telah dilakukan,dari  satu hari yang dirasa terasa beban berat atas pekerjaan yang dilakukan padahal jika di runtut  tidak banyak waktu bekerja. Jadi lakukan pekerjaan  dengan optimal  jangan hanya merasa anda terlalu sibuk karena setiap pekerjaan yang berhasil  diselesaikan akan mendatangkan kepuasan pribadi.

·         Terlalu percaya diri pada pengalaman dan kompetensi yang dimiliki padahal sudah tidak relevan dengan zamannya. Sadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna setiap  perubahan memerlukan dinamika termasuk pengalaman dan kompetensi yang anda miliki.

·         Menggunakan cara pandangnya sendiri ,jangan mempersempit dunia dengan menggunakan kaca mata sendiri  ,miliki keterbukaan dalam pengetahuan,pengalaman dan pengetahuan baru agar anda bisa beradaptasi dengan lingkungan di mana anda tinggal .

Merombak cara berpikir lebih penting daripada sekedar menyalahkan keadaan adalah cikal bakal kreatif.   

0 komentar:

Posting Komentar