Pages

Rabu, 17 April 2013

Seni Memimpin Diri di Era Kompleksitas (Leadership Skill)



Pengelolaan diri menjadi bagian yang sangat penting  ketika seseorang sedang mengejar cita citanya apalag pribadi iEasy going ,seenaknya sendiri bahkan cenderung  pasif dalam meraih mimpi sering menjadi tren perilaku saat ini. Sementara ada orang orang yang tiba tiba berubah haluan  setelah mendapatkan godaan di tengah berjuang mendekati tujuan.

Pada saat ini demikian banyak godaan dan tantangan yang bisa saja orang kehilangan kendali sehingga malah makin menjauhkan dari tujuan hidup semula. Dalam mewujudkan mimpi/ meraih cita cita ada tipe orang yang kreatif ,gigih dan inovatif sehingga cita cita terwujud. Namun juga ada orang orang

Dalam mengejar cita cita seseorang harus berjuang dengan pengetahuan ,kreativitas dan pengalaman  . Seni memimpin diri sendiri adalah upaya pengelolaan yang mengabungkan elemen rasional dan motivasi untuk mencapai tujuan di era yang serba kompleks. Berikut kiat praktis yang semestinya anda lakukan ;


Pertama : Fokus, mengarahkan diri sendiri untuk mencapai cita cita dengan melakukan pekerjaan biasa menjadi luar biasa,pencapaian tujuan menjadi fokus utama dalam aktivitas keseharian. Sehingga dalam setiap godaan yang menghalangi di tengah jalan dapat diatasi dengan baik. Kesulitan yang dilalui sebagai jembatan motivasi untuk meraih tujuan yang ingin dicapai.

Kedua :Introspeksi diri ,orang yang sukses adalah orang yang mau melihat ke dalam diri sendiri dalam setiap pencapaian dari upayanya. Mereka adalah orang yang berani mengakui setiap kenyataan yang dihadapi sebagai cambuk untuk mempersiapkan diri menjadi lebih baik.  Semua bentuk introspeksi diri bertujuan untuk menciptakan kemajuan dan hasil yang lebih baik. Pikirkan kegagalan apa yang harus dikenang agar tidak terulang...!

Ketiga : Kerja lebih baik,kebermaknaan sebuah ilmu pengetahuan adalah jika dapat diterapkan guna kemanfaatan orang banyak. Tidak ada orang pintar atau orang bodoh yang ada adalah orang yang mau berjuang ber sungguh sungguh mewujudkan cita citanya. Pengalaman selama mengerjakan tugas adalah sumber pengetahuan itu sendiri. Jangan sibuk menghafal teori tetapi sibukkanlah diri anda untuk bekerja agar anda menemukan pengetahuan dan pengalaman baru. 

Keempat;Amati lingkungan sekitar,peluang muncul tidak jarang justru dikarenakan stimulasi atau ide dari lingkungan sekitar. Karena itu miliki kepekaan dalam melihat realita kebutuhan di sekitar anda. Selanjutnya buatlah perencanaan untuk mewujudkannya dengan tindakan nyata yang segera anda lakukan.  

Kelima :Kelola waktu ,jika anda ingin sukses hindari penggunaan waktu percuma . tinggalkan kebiasaan malas,kelemahan yang dimaafkan,rutinitas dan ikut kebanyakan orang dapat mengancam keberhasilan pencapaian usaha anda. Lakukan segera mungkin ,niat yang sudah anda miliki untuk arah kemajuan dan kebaikan jangan menunggu penyesalan.

Keenam : Upaya Melayani Dengan Lebih Baik .orang sukses tidak hanya  puas terhadap hasil baik yang sudah dicapainya. Namun tetap berpikir dan berkomitmen untuk melayani orang lain dengan lebih baik dan berupaya lebih bertanggung jawab atas pilihan sikap yang diambilnya. Mereka adalah pekerja keras yang menghayati dan menikmati  proses penyelesaian pekerjaannya dengan senang hati  namun juga sekaligus memiliki perbedaan di atas rata rata orang kebanyakan sehingga baik upaya maupun hasilnya bisa dikenali.

Di masa depan di mana kondisi yang maki penuh dengan  membutuhkan pribadi pribadi tangguh yang memiliki keterampilan pengelolaan diri secara efektif  dan membangun kompetensi diri mempersiapkan diri menghadapi tantangan dan kesulitan meraih kemajuan dan perbaikan masa depan.

0 komentar:

Posting Komentar