Pages

Selasa, 02 Juni 2015

4 Alasan Perasaan Selalu Kurang

Kita sudah memiliki semua apa yang kita inginkan, namun kadang masih saja ada perasaan yang masih kurang dalam diri ini dan masih ingin ini itu ini itu,apa sebenarnya yang saya rasakan”. Begitulah  keluhan salah seorang manager dari sebuah BUMN.

Mungkin perasaan  selalu kurang yang  beliau rasakan,kadang juga kita rasakan. Lantas apa yang sebenarnya terjadi:



1.       Kita hanya  ingin mendapatkan apa yang kita inginkan,tanpa menikmati apa yang sudah kita dapatkan. Padahal rasa syukur adalah menikmati dan memanfaatkannya sebagaimana mestinya dari perwujudan segala sesuatu yang sudah diraih.

2.       Pencapaian dari  apa yang sudah diraihnya hanya terpuaskan pada persepsi inderawi semata Pad ahal rasa syukur yang sebenarnya dapat mengantarkan hamba yang telah diberi nikmatNya untuk memuji kebesaranNya.

3.       Keberhasilan dalam meraih kesuksesan tidak membuatnya menjadi lebih dekat kepada Allah namun sebaliknya banyak menghambur-hamburkan kehidupan yang menjauhkan diri kepadaNya. Padahal Syukur dilandaskan pada lima sendi yakni: orang yang bersyukur  tunduk kepada yang memberiNya nikmat bukan nikmat yang diberikan, mengakui nikmatNya, memujiNya karena nikmat itu dan tidak menggunakan nikmat itu untuk sesuatu yang dibenciNya.

4.       Meremehkan perolehan sedikit dan berharap mendapatkan lebih banyak,sehingga perolehan yang sedikit justru diabaikan dan tidak dimanfaatkan. Padahal Allah menjadikan  syukur  sebagai alasan untuk bertambahnya nikmatNya, memelihara dan menjaga nikmatNya...

Disarikan dari : Ibnu’l Q ayim al –jauzziyyah, Madariju al Salikin manazilu iyyaka Na’buddu wa iyya Nastaain Juz- 2  

0 komentar:

Posting Komentar