Pages

Minggu, 23 Februari 2014

Berpikir Positif , Syarat Mutlak Menjadi Professional



Katakanlah, “Hai hamba hamba Ku yang melampui batas terhadap diri mereka sendiri , janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya  Allah mengampuni dosa dosa semuanya .
Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang”  (QS az Zumar 39: 53 )

 Berpikir positif    adalah sebuah kata sederhana  yang mudah diucapkan tapi sulit dilaksanakan. Kata ini dapat berarti banyak hal . Mulai  dari  cara pandang  kita terhadap lingkungan , respon terhadap lingkungan , sampai pada perilaku dan perkataan yang kita perbuat pada diri sendiri. Sehingga perilaku kita terlihat pada cara kita berbicara, perbuatan, pilihan dan keputusan yang diambil.



Oleh karena itu yang mempengaruhi bagaimana  kita bersikap   terletak pada pola pikir yang kita miliki sendiri, karena akan tercermin dari apa yang kita katakan setiap hari. Respon ucapan yang kita katakan saat menghadapi situasi tertentu, respon ucapan  di saat menghadapi beragam kesulitan . Apakah kita mengucapkan dengan rasa syukur dan sabar atau sebaliknya lebih banyak mencela    lebih banyak keluh kesah  atau merasa cemas  . Because you are in control of your life . Don’t ever forget that. You are what you are because of the conscious and subconscious choices you have made. Barbara Hall ,A Summons To new Orleans, 2000

Ambil contoh ketika anda dicalonkan sebagai kandidat supervisor atau koordinator proyek  , mendapatkan support dari rekan kerja,atasan langsung dan keluarga  karena anda memang pantas  untuk mendudukinya  seperti kemampuan konseptual , pandai membuat perencanaan ,memiliki ide ide brilliant  dan banyak lagi prasyarat yang memenuhi. Semua orang yakin bahwa anda mampu menjadi sosok  supervisor  yang handal . Tetapi anda  mengatakan kepada diri sendiri  bahwa hal tersebut tidak pantas anda raih terlalu beresiko , lingkungan tidak kondusif ,bagaimana jika nanti gagal ,bagaimana jika top management tidak mendukung anda   target terlalu tinggi dan lain lain.  Ucapan dan asumsi yang anda miliki adalah tembok penghalang bagi terbukanya tantangan kemajuan dan langkah positif. 

Sebaliknya, jika lingkungan kerja meremehkan  anda dan mengatakan anda tidak pantas  karena tidak mempunyai prasyarat dan kualitas menjadi pemimpin . Tetapi anda tidak berkecil hati  yakin akan kompetensi dan akhlak  serta percaya bahwa anda akan sukses .Bahkan anda dapat membalikkan  asumsi mereka dengan dengan menunjukan fakta fakta keberhasilan secara bertahap dan memberanikan diri untuk siap mencoba segala tantangan dan peluang yang diberikan. Anda telah membuka semangat untuk meraih keberhasilan. Itulah keyakinan yang anda miliki , tidak merisaukan dan menanggapi apa kata orang lain  yang tidak penting, YANG PALING PENTING  adalah apa yang anda yakini atas diri sendiri.

Allah berfirman , “ Aku bergantung prasangka hambaKu kepadaKu. Apabila ia berprasangka baik kepadaKU ,  maka baik baginya dan  bila ia berperasangka buruk maka keburukan baginya.” (HR Ahmad )
Masalahnya  banyak orang tidak terbiasa atau terbentuk karakter berpikir positif  untuk berani jujur  terhadap diri mereka sendiri. Mereka tidak terlatih untuk menggunakan kalimat kalimat yang baik  untuk mendorong diri sendiri  meraih kesuksesan secara benar . Itulah sebabnya mereka, mereka takut untuk melangkah menghadapi tantangan yang diberikan. Jadilah orang  yang mempunyai  keberanian jujur  untuk berkata positif pada diri sendiri , karena hanya mereka yang mampu berpikir positif terhadap Tuhannya yang mampu berpikir,berkata  dan bertindak positif pada dirinya serta  lebih berhasil meraih masa depannya.
Everything that is really great and inspiring is created by the individual who can labor in freedom. Albert Einstein , Out of My Later Year .
Berpikir , berkata dan bertindak positif adalah kata sederhana  yang semestinya mudah dilaksanakan..     



0 komentar:

Posting Komentar