Pages

Sabtu, 18 Oktober 2014

Kiat Menghindari Masa Depan Suram


Wahai orang orang yang beriman ,bertawakalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), Bertawakalah kepada Allah ,sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan “.  Al Hasyr 18 .
“Membangun perubahan cara berpikir tentu bukan cara yang mudah,perubahan harus melalui proses dan bahkan terkadang banyak rintangan. Berpikir untuk sesuatu yang lebih baik sudah harus menjadi perilaku dan nilai keseharian seseorang  Kunci utama perubahan harus melalui proses perubahan itu sendiri”. How Successful  People Think ,Jhon c Maxwell.

 Ada  baiknya kita menyimak wanita  yang menjabat sebagai kepala devisi  disebuah perbankan ini , beliau  pernah mendapat penghargaan  di  tingkat Asean  memiliki ,semboyan ,selalu belajar untuk menjadi lebih baik ,tak gampang menyerah percaya diri dan membangun networking. Hal hal tersebut sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil .”saya dilahirkan dari keluarga sederhana,sejak kecil tertantang untuk hidup mandiri dan tidak boleh gampang menyerah” ,Katanya

 Kebiasaan kebiasan apa saja yang membuat hidup anda lebih sejahtera sekaligus mengubah pola kebisaan lama anda yang tidak meningkatkan mutu kualitas hidup anda,berikut rahasianya:

Memberi melampui harapan

Haritsah bin Wahab menceritakan bahwa Rosulullah SWA  pernah “menantang “ orang untuk bersedekah dalam sabdanya: “bersedekalah anda  segera ,karena akan datang suatu masa  dimana seseorang  berjalan dengan membawa sedekahnya namun tidak dapat menemui orang yang mau menerima sedekahnya . Berkata lah salah seorang dari mereka : Seandainya kamu datang kemarin niscaya aku akan menerimanya,tetapi kini akau tidak lagi membutuhkan sedekahmu..”. Hr Bukhari

“Saya menuntut lebih dari diri sendiri dibanding yang diharapkan orang lain kepada saya,perusahaan kami yang bergerak di telekomunikasi  menargertkan pertumbuhan di atas indutri telko secara umum.Kami tahu tantangan dunia telkomunikasi sesungguhnya masih sama yankni memberikan nilai lebih kepada pelanggan,sebagai head corporate communication sebuah perusahaan telekomunikasi,kami harus menyusun program komunikasi  yang inovatif ,kreatif  dan agresif  untuk mendapatkan pemahaman dan penerimaan karyawan pelenggan serta seluruh stakeholder perusahaan”. Ujar Head Of Corporate  Communication salah satu perusahaan Telkomunikasi terkemuka di Indonesia.
  
Perusahaan yang sukses akan memiliki team management yang memiliki kebiasaan yang mengedepankan value yakni melakukan lebih banyak dari sekedar yang diharapkan  Para professional tidak hanya berpikir berapa yang semestinya dia terima melainkan berpikir bagaimana memberikan kontribusi yang lebih besar melebihi dari yang dia dapatkan ,oleh karena itu sistem promosi jabatan untuk mereka super cepat karena dapat membuat peningkatkan lebih dari 200 sampai 300 persen dalam setahun.

Jangan Hanya Mengeluh  

 Dalam perang uhud Nabi pernah tersungkur dan terluka ,sehingga seorang sahabat berkata “anda ini Rosul Allah ,tetapi orang orang kafir itu telah menyiksa anda sedemikian rupa ya rosul “.Dengan tenang belaiau menjawab  : Sesungguhnya saya diutus untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam ini bukan untuk menjadi sorang pengutuk ..!”.

“Saat itu ,saya masih kerja shift , dini hari  saya sudah harus berada di terminal bus menuju ke rumah kurang lebih pukul 05.00,pukul 14.00 saya harus balik lagi kekantor untuk kerja.begitu terus menerus kehidupan saya tekuni bertahun tahun. Namun saya sadar bagian hidup itu memang harus saya lewati oleh karena itu saya tanamkan dalam pikiran dan perilaku saya,tidak pernah puas,tidak takut kesulitan dan masih terus ingin belajar serta memberikan yang terbaik untuk perusahaan,samapi saya pada akhirnya saya menduduki jabatan seperti saat ini “kata seorang manajer   senior  alumi Pasca Sarjana Universitas  ternama, yang meraih beberapa prestasi  dibidang pengembangan bisnis dan ditugasi untuk membidani  produk inovatif consumer good.

Naluri mempertahankan diri dari kehadiran problem yang datang biasanya mencari cari alasan atau menghindari persoalan ,perilaku yang muncul biasanya muncul dalam bentuk rasa tajut,cemas,minder dan mengabaikan masalah seakan masalah akan pergi dengan sendirinya. Namun tidak demikian dengan professional yang memiliki jiwa pemenang mereka memiliki keterampilan problem solving dan decision making skill ,mereka dapat menunjukkan kredibilitas nya  dalam mengahadapi kesulitan.

 Memberi Kemudahan Bagi   Orang Lain.

Suatu ketika Rosul SAW bersabda kepada Sahabat Abu Dzar :” Apakah saya belum memberitahukan kepada anda ,amal yang ringan pada badan tetapi berat pada timbangan..?
Belum,….apakah itu ya Rosul ,Jawb Abu Dzar
“yaitu diam ,bagus akhlak dan meninggalkan apa apa yang tidak perlu bagi anda”. Jawab Nabi. 

“. Inti sari dari strategi saya adalah bagaimana mendayagunakan para  partner,salah satunya adalah mendorong para distributor mendapatkan penghasilan yang lebih banyak dengan menjual produk kami,salah satunya adalah menggelar event di outlet penjualan harus terus ditambah frekuensinya.Kami mengandalkan promosi below the line untuk mengedukasi pasar ,sehingga omzet dari tahun ketahun terus meningkat “. Kata Manajer Merk Untuk Produk Child Care Nasional .

  Sebagaiman disampaikan  Ricard S Gallanger dalam bukunya  “What to Say to a Costumer “ : “Diera konsumen yang kian kritis ini pemasar harus mampu menemukan saluran distribusi yang tepat ,mengingat konsumen lebih memilih mempelajari suatu produk atau layanan dari berbagai sumber.  Oleh  karena itu hal ini adalah kesempatan bagi para pemasar perlu memikirkan cara agar konsumen dapat  mendaptkan kemanfaatan lebih mudah dari kemudahan menggunakan produk atau layanan”.

“Persiapan yang sudah kami lakukan adalah business process, billing system dan costumer relationship management  sehingga kami tidak hanya mengandalkan outlet atau sales channel  terkait berbagai pertayaan dan memberi  kemudahan pelayanan  melalui call center “. Kata Costumer Service Manager sebuah provider perusahaan telekomunikasi ternama.  Diberitakan puluhan ribu pelanggan baru  telah dapat diraih setelah menerapkan program tersebut.

 Oleh karena itu tak ada cara lain meraih sukses kecuali dengan memberikan kemudahan bagi orang lain dengan demikian anda akan dipermudah dalam mewujudkan mimpi meraih sukses di masa depan. Kank Hari Santoso ,Global HRD insight Management Consulting 

0 komentar:

Posting Komentar