Pages

Minggu, 08 Maret 2015

Tutorial Terpilih Menjadi Pegawai Terbaik

Tak dapat dipungkiri di era persaingan yang sengit ini, setiap pegawai berharap dapat dipertahankan diperusahaan/instansinya,berbagai cara dilakukan agar dirinya tidak termasuk yang di “promosingkirkan”. 

Namun patut disadari juga tak ada karyawan abadi pegawai abadi dalam suatu organisasi,oleh karena itu setiap pegawai mesti harus dapat menjamin mutu kinerja pribadi agar dimanapun mereka berada tetap “diperhitungkan”. Inilah beberapa  tipsnya:

1.       Integrity: Pertahankan kejujuran,loyalitas ,dedikasi dan bekerja sesuai dengan aturan           berlaku. Dengan demikian tak ada alasan bagi menjemen menemukan kesalahan/pelanggaran   yang anda lakukan.
2.       Critical Thinking: Berpikir kritis terhadap tugas tugas yang dibebankan agar target yang ditetapkan dapat terselesaikan secara berhasil guna dan tepat guna. Berpikir kritis termasuk memiliki kesediaan menerima kritik tanpa sakit hati ,dikarenakan kehadiran kritik  untuk perbaikan mutu kinerja.


3.       Adaptability   : Miliki sikap siap melaksanakan tugas-tugas baru  jangan terpaku hanya tugas rutin yang sudah menjadi SOP anda,  agar kemampuan anda terhadap beban tugas yang berbeda menjadi meningkat. Jangan menolak tugas yang diberikan pimpinan dengan beraneka macam dalih ,dikeranakan pimpinan sudah mempertimbangkan kompetensi dan hasil yang diharapkan dengan menugaskan anda .
4.       Spirit of Learning : kembangkan kegemaran untuk belajar baik untuk peningkatan target mutu kinerja maupun belajar untuk pengembangan kualitas sikap mental,termasuk kecepat tanggapa dalam menerima dan mengolah  informasi terbaru untuk perbaikan maupun kemajuan organisasi dimana anda bekerja.  Bersikaplah terbuka pada orang lain perbedaan pendapat atau serangan kritik kepada anada sesunguhnya adalah “materi pembelajaran” .
5.       Leadership by Example:  Contoh dari keberhasilan atas pekerjaan yang anda jalankan “berbicara”  lebih keras  daripada usulan dan saran yang terlalu ideal apalagi sulit diimplemantasikan.  Kepeloporan dan keteladanan anda  dalam meningkatkan mutu kerja yang dapat terlihat hasilnya lambat laun akan diikuti oleh para pegawai lain.  Mungkin juga dipertimbangkan sebagai sistem sikap kerja yang dikembangkan pada unit kerja anda.
6.       Do the Best : Biasakanlah diri anda untuk memberikan yang terbaik dari yang bisa anda kerjakan,  dapat  dipastikan hasil yang anda dapatkan akan lebih baik. Bukankah tak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan pula.  Dengan demikian aura positif  yang anda pancarkan  akan membangkitkan orang lain menjadi yang terbaik pula. 


“Tumbuhkan kualitas kinerja anda agar hasil dari apa yang anda kerjakan benar benar berkualitas”. Kank Hari, Personality Development Coach 

0 komentar:

Posting Komentar