Pages

Kamis, 23 April 2015

Sukseskan Hidup Mu ..! (1)

Kank Hari Santoso,Konsultan MSDM Insight Management

1.       Menjadi Orang Berpengaruh di tempat Kerja

Menjadi orang yang memiliki pengaruh ditempat kerja tidak selalu berkaitan dengan kedudukan jabatan puncak ,kita ambil contoh bagaimana seorang teknisi memiliki peranan penting saat komputer bagian keuangan mengalami trouble, padahal gaji seluruh  karyawan perusahaan sangat bergantung dari kelancaran operasional komputer tersebut dan kelancaran komputer itu saat ini sangat bergantung dari teknisi tadi.

Kekuatan pengaruh itu tercipta dari peran apa yang bisa anda berikan pada profesi yang anda jalankan. Oleh karena itu peranan anda dalam memberikan yang terbaik dari yang anda bisa akan menentukan seberapa besar kekuatan pengaruh yang anda miliki ditempat kerja.
    
2.       Mutu kinerja  

Kinerja bukan sekedar mengenai apakah anda sudah menyelesaikan pekerjaan yang anda emban ,melainkan terletak bagaimana anda mengerjakannya alias sangat bergantung dari mutu kinerja profesionalitas anda. Itulah sebabnya mengapa pemain bola profesional memiliki kinerja yang diandalkan untuk memenangkan sebuah turnamen.

Jika anda ingin diperhitungkan dalam menjalani kehidupan profesional anda,tingkatkan terus mutu kinerja anda dengan terus meningkatkan pengetahuan ,mengasah keterampilan ,menambah pengalaman baru dan mengembangkan interpersonal skill.

3.       Relasi harmonis di tempat kerja.

Alasan mengapa anda mau membantu rekan kerja adalah karena anda merasa tidak mendapatkan kerugian setelah membantunya,demikian juga dengan rekan anda. Rekan kerja bukan sekedar sebuah relasi transaksional sesama teman kerja melainkan mitra yang saling berbagi kebaikan hati untuk saling memberikan solusi atas beban kerja yang anda hadapi.

Jangan merasa bahwa saling membantu kesulitan rekan kerja tidak penting lantaran bisa saja anda dikemudian hari  mengalami masalah dan kesulitan ,dan bantuan dari rekan kerja anda dapat meringankan dan memberikan solusi atas persoaan yang anda hadapi.

4.       Menatap masa depan

Coba bayangkan jika saat anda mengemudikan kendaraan hanya melihat spion,dapat dipastikan anda akan menabrak atau tidak akan pernah sampai ketempat tujuan.  Dan apa jadinya jika dalam merintis sukses masa depan anda hanya terjebak pada kegagalan kegagalan dimasa lalu ,bisa jadi anda  selalu berada dalam kegagalan.

Kegagalan cukup diketahui sebagaimana fungsi spion hanya untuk mengetahui kondisi dibelakang kendaraan selanjutnya fokuskan pada upaya untuk mewujudkan mimpi masa depan . karena masa depan memang harus diraih dan kegagalan masa lau harus segera ditinggalkan.

5.       Membangun brand pribadi

Banyak orang menempuh cara instan untuk menjadi terkenal dengan demikian mereka berharap citra dirinya/brand pribadinya dapat terbentuk dan bertahan lama. Namun seperti yang kita saksikan mereka esai come esay go,mudah datang dan lalu menghilang. Mengapa..! Kerena citra diri atau brand pribadi bukan tercipta secara instan alias merupkan reputasi kulaitas diri.

Oleh karena itu dalam membangun brand pribadi adalah ibarat menanam sebuah benih yang kemudian tubuh menjadi tunas dan besar,anda harus bersabar mulai dari nol ,from zero to hero,anda harus menciptakan reputasi kulitas pribadi yang dapat membangun kesan dari orang lain.

6.       Visualisasikan  Cita Cita

Sukses bisa berawal dari mimpi ,oleh karena itu visualisasikan mimpimu dengan  menempelkan  gambaran cita cita, menyaksikan  video tokoh idolamu ,kalimat kalimat yang menginspirasikanmu sehingga kamu bisa lebih kuat dalam memotivasi dirimu.

Semakin jelas dan semakin dekat kamu pada gambaran yang ingin kamu capai semakin dekatkemungkinan  kamu meraih  keberhasilanmu.  Karena gambaran akan keberhasilanmu akan membangkitkan motivasi dan kreativitas yang kamu miliki untuk segera mencapai keberhasilan.

7.       Tak ada keberhasilan tanpa perubahan

Tak ada ceritanya orangberhasil tanpa berani melewati perubahan, kerena perubahan sesungguhnya merupakan proses menuju keberhasilan dari suatu keadaan menuju pada kedaan berikutnya . Coba banyangkan jika kamu saat ini ,lebih banyak waktumu hanya untuk bermain HP ,bermalas malasan atau kongkow kongkow apakah mungkin cita citamu masuk pada perguruan Tinggi favoritmu terwujud.. ?
Jika kamu pada posisi zona nyamanmu yang kamu sendiri yakin bahwa tidak akan menghasilkan apa pa untuk masa depan mu coba pikirkan mau berapa lama kamu berada disitu, dan masa depan seperti apa yang kamu dapatkan. Maka segeralah berubah sebelum perubahan yang akan memaksamu berubah ..
  1. Jangan Batasi Diri sendiri
Jika ada  orang dapat mendaki sampai  puncak gunung sementara banyak orang lebih memilih mengeluh karena keterbatasan dirinya. Sesungguhnya bukan medan yang ditempuhnya yang sulit namun karena orang yang memilih mengeluh telah memilih untuk membatasi dirinya  sendiri meraih puncak keberhasilannya.
Oleh karena itu jika anda ingin berhasil  meraih puncak jangan batasi pikiran mu dengan kecemasan dan ketakutan ketakutan yang kamu ciptkan sendiri, Seringkali bukan keahlian yang membuat orang berhasil tetapi keyakinan dirilah yang akan mengantar sesorang kepada keberhasilannya.

  1. Jangan Menunda
Perjalanan mu takakan segera sampai ketujuan tanpa kamu mulai dengan langkah yang pertama . Oleh kerena itu mulai lah untuk berani  mulai melangkah jangan ditunda. Dengan kamu menambil tindakan dan melakukan sesuatu akan lebih mendekatkan pada apa yang kamu inginkan.
 Jangan hanya melingkari kolom lowongan pekerjaan yang kamu inginkan  pada koran  yang beli setiap hari sabtu tanpa mulai segera mulai menuliskan lamaran pekerjaan. Karena jika kamu menundanya dapat dipastikan lowongan pekerjaan itu sudah terisi. Jangan tunda segera lakukan ..!

  1.  Gagal bukan Kiamat
Kesalahan terbesar dari orang gagal adalah hanya meratapi ,merenungi kegagalan tanpa melakukan upaya upaya perbaikan. Padahal banyak orang sukses justru memulai langkah darai kegegalan kegagalan berati kegagalan sebanranya pertanda bahwa engakau akan suskes.  


Cra pasti unuk meraih kenerhasilan adalah berani memantapkan diri untuk memulainya lagi ,karena hambatan dan kesulitan yang engkau lewati lebih banyak pada cara pandanmu sendiri . mengapa karena banyak orang berhasil justru mengalami kegagalan kegagalan sperti yang engkau alami bahkan lebih parah namun mereka bisa memaluinya dan mengubah cara pandangnya sehingga mencapai kesuksesan. Jadi mestinya engkau bisa..

0 komentar:

Posting Komentar