Pages

Rabu, 08 April 2015

3 Kiat Menjadi Pembicara Seminar Yang Menguasai" Mind" Audiens (1)

Tak bisa di pungkiri saat ini keterampilan presentasi menjadi kompetensi wajib bagi setiap orang yang meniinginkan dirinya  meningkat dalam karir bisnis maupun organisasi. Namun keterampilan presentasi bukan saja persoalan kemampuan berbicara didepan umum atau pidato sebaliknya presntasi diharapkan dapat mendatangkan perubahan before and after to get information . Harus ada perubahan perilaku setalah mengikuti presentasi ,apakah perubahan mindset ,perasaan serta perubahan perilaku, walaupun tidak bisa disebut gampang paling sederhana jika hal itu presentasi penjualan tinggal menghitung berapa persen yang melakukan  Closing the sale..

Demikian juga pada presentasi presentasi dalam seminar,lantas bagaimana menciptakan presentasi yang bisa mempengaruhi  audience,berikut hal hal yang perlu diperhatikan:


Pertama : Lima  menit pertama sudah harus dapat menjadi daya tarik bagi audience untuk ingin mengikuti presentasi sampai tuntas. Sehingga peserta presentasi tidak hanya tertarik pada judul seminar saja melainkan benar benar mau mengorbankan waktu untuk mengikuti presentasi nara sumber sampai akhir seminar. Daya tarik pembicara  berkaitan dengan kemampuan nara sumber kualitas “vokal “ dengan materi serta gaya  dalam menyampaikan presentasi . ada banyak cara dalam menyampaikan materi disini ,mualai dari ingin dikenal karena kelucuannya ,dapat mengungkapkan fakta yang “terdekat” dengan audience.Dsb

Kedua : Mungkin saja pembicara meniru gaya pembicara lain sebagai “role model” terutama bagi pembicara pemula. Namun salah satu cara agar audience dapat mengenali anda adalah dengan menjadi diri sendiri,oleh karena itu miliki kemampuan untuk memposisikan diri sebagai diri sendiri ingin dikenal sebagai apa. Sehingga anda bisa dibedakan dari pembicara pembicara lainnya,dan anda tentu saja tidak mungkin tampil sebaik role model jika anda hanya meniru gaya presentasinya. 
  

Ketiga : Upayakanlah berbicara dua arah jika memang waktu yang disediakan lebih dari 30 menit ,untuk mengukur sejauh mana audience fokus dalam mengikuti  semua sajian materi yang anda presentasikan. Buatlah audience untuk bangkit rasa ingin tahunya (coriusity) sehingga para audience memiliki kemampuan berpikir ,bertanya atau berpendapat,libatkan audience untuk aktif dalam presentasi anda sehingga audience semakin lama semakin kuat daya ingatnya atas materi yang anda sampaikan dan membawa dampak besar bagi kehidupannya..(bersambung)  








0 komentar:

Posting Komentar