Pages

Minggu, 24 Mei 2015

Ciri Ciri Kehilangan Makna Hidup Dalam Menjalani Profesi





Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. Qs Yunus : 62 

Successful life is one that balances work love and play ,so that though attention is paid to earning a living, practicing a successful life enriches you human being ,something figures in a bank book cannot do  ”. Psychological Science

Mungkin saja anda saat ini merasa bahwa tujuan anda berkarir tidak seperti yang anda bayangkan seperti pada saat  pertama kali masuk kerja, mungkin saja anda juga mulai bosan dengan rutinitas yang menjemukan yang hanya membuat anda kehilangan gairah kerja, atau mungkin saja anda merasa kehilangan sesuatu padahal anda sama sekali tidak kehilangan benda satupun, waspadalah sesungguhnya anda sedang kehilangan makna hidup.  Adapun ciri ciri bahwa anda sedang kehilangan makna hidup dalam menjalani profesi adalah sebagai berikut:


1.       Anda merasa bahwa anda hanya satu satunya orang yang mengerjakan tugas secara sendirian, dan anda merasa diri anda adalah yang paling hebat dan tak terkalahkan. Wasapadailah bahwa perilaku yang merasa diri paling hebat dan tak ada tandingan adalah penyakit sombong yang bisa mengantar anda pada kesalahan atau kegagalan. Mengingat ilmu apapun yang anda miliki adalah ilmu yang bisa dipelajari oleh orang lain sekaligus bisa saja orang lain mengerjakannya lebaih baik dari yang anda bisa, kesombongan hanya akan mendatangkan kebencian dan menghilangkan dukungan akibatnya bisa saja anda merasa kesepian dan  merasa sendirian saat menjalankan tugas profesi.


2.       Berharap terlalu tinggi namun kondisi lingkungan kerja tidak memungkinkan,akibatnya bisa mendatangkan rasa frustrasi. Perbedaan yang tinggi antara harapan dan kenyataan akan mendatangkan kekecewaan. Boleh saja anda merasa sebagai karyawan terbaik melebihi karyawan lainnya dalam ide ,perilaku dan kinerja ,namun jika anda memaksakan kehendak bahwa semua harus dapat berjalan sebagaimana mestinya seperti yang anda pikirkan ,sementara kondisi tidak memungkinkan dapat dipastikan akan membuat anda kecewa ,frustrasi,demotivasi,kehilangan semangat kerja bahkan  bakal memunculkan sikap apatis. Yang berdampak bukan pada perusahaan atau instansi melainkan berdampak pada ketidakseimbangan kondisi piskologis anda pribadi. Akibatnya bisa bermacam macam  anda mudah sakit ,mudah cemas ,mudah marah ,persaan sedih dan kecewa berkepanjangan dan tidak bahagia. Bagaimana pun juga kenyataan adalah dasar dari munculnya sebuah harapan .   

3.       Merisaukan yang tidak perlu sering membuat orang kehilangan peluang untuk memikirkan pengembangan bakat pribadi. Banyak para pekerja yang mudah termakan isu isu tidak jelas yang belum tentu kebenarannya. Seperti penggantian kebijakan,pergantian pimpinan ,aturan main baru yang belum diputuskan  seakan akan menjadi suatu kedaan yan benar benar mengancam posisi pekerjaan padahal hal tersebut belum terlaksana . merisaukan hal yang tidak perlu hanya akan mendatangkan kecemasan dan menghilangkan konsentrasi untuk menjalani profesi dengan lebih baik. Kalaupun akan ada perubahan tentu persuhaan akan memperimbangkan masak masak kebijakannya apalagi jika menyangkut nasib orang banyak yang rentan mendatangkan konflik yang dapat merusak reputasi perusahaan jika dilakukan tanpa pertimbangan.

4.       Saya ini bekerja hanya sekedar menjalankan perintah,sekilas pernyataan ini memang benar tapi jika diucapkan dengan perasaan jengkel akibat berada dalam posisi tidak berdaya sesungguHnya karyAwan bersangkutan tidak memiliki tujuan karir yang tidak jelas. Karena jika orang merasa bahwa bekerja untuk menyenangkan orang lain hanya akan mendatangkan keletihan dan kelelahan karena kesenangan tidak terbatas,dan orang bersangkutan pasti selalu dalam kecemasan lantaran tidak bisa menikmati hidup atas pekerjaan yang dijalani. Padahal setiap pekerjaan yang kita lakukan sebenarnya adalah menanam benih mutu kehidupan yang lebih baik dimasa depan. Jika merasa bekerja untuk orang lain dapat dipastikan kita akan kehilangan makna hidup itu sendiri.


5.       Menyerah sebelum mencoba,cukup banyak orang memiliki cita cita meraih mimpi tapi mimpinya hanya sebatas mimpi mereka enggan bangun untuk mewujudkannya. Pada kenyataannya orang sukses yang berawal dari mimpi adalah mereka  yang benar benar bangun untuk bekerja keras meraih mimpi. Dengan berbagai upaya yang tidak mudah,bersiap siap menghadapi berbagai kesulitan dan rintangan sehari hari ,tidak mudah menyerah sampai memang pada akhirnya Allah mengahendaki mimpi itu benar benar terjadi. Jika anda tidak menolong diri anda sendiri bagaimana mungkin Allah menganggap perlu memberikan pertolongan kepada anda  . Bersambung ...

0 komentar:

Posting Komentar