Pages

Selasa, 15 Juli 2014

ASN,Pelayanan Prima dan Keterbukaan Publik.

Konsep pelayanan prima   terus berkembang dari waktu ke waktu. Pesatnya   perubahan dan perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi  mengharuskan instansi pemerintahan  memiliki  relationship strategy   yang bisa diandalkan . Untuk itulah aparatur pemerintahan perlu meningkatkan keterampilan teknis dalam komunikasi dan relasi disamping tentu saja sikap  mental melayani yang harus dipupuk.Aparatur pemerintahan bukan sekedar aparat yang kerjanya hanya memerintah memerintah saja tapi benar benar pelayan masyarakat. Ada beberapa elemen kunci yang harus dikembangkan aparat pemerintah dalam memberikan pelayanan prima sekaligus melaksanakan keterbukaan publik. Elemen kunci itu adalah:



Pertama, Integrasi

Integrasi merupakan kunci bagi lembaga terkait  untuk memberikan pelayanan optimal. Karena  masyarakat tidak ingin bertele tele dalam mendapatkan informasi ataupun solusi atas persoalan yang dihadapinya. Terlebih dengan adanya Teknologi Informasi Komunikasi integrasi dari bidang dan unit terkait semestinya sudah bukan lagi penghalang. Sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan (informasi )melalui perangkat gadget yang dimilikinya,ambil contoh kota Surabaya dengan pelayanan dinas pendidikan terpadu online, Banyuwangi dengan keterbukaan keuangan online dsb.

Kedua, Koordinasi.

 Semua petugas aparatur pemerintahan  harus paham bahwa mereka tidak bisa bekerja secara    individual, melainkan makhluk social yang membutuhkan  hubungan kerjasama, disamping dengan berkoordinasi urusan dengan masing masing daerah terkait sekalipun sudah memiliki perangkat TIK yang canggih dapat terselesaikan pada wilayah kerja unit bersangkutan. "Karena itu,rapat koordinasi semestinya merupakan komitmen koordinasi antar pusat dan daerah dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat  ," saat saya sampaikan dalam seminar pelayanan prima pendidikan kepada petugas PPID Jawa Timur.

Bersambung…




0 komentar:

Posting Komentar