Pages

Rabu, 09 Juli 2014

Kiat Tetap Bahagia Dalam Kegagalan

Kegagalan adalah kata yang tak disukai dalam menggapai sukses, sehingga kita menjadi kehilangan kendali dalam hidup ,menurunkan rasa percaya diri dan harga diri sampai membuang energi percuma untuk meratapi. Banyak orang menyakini bahwa kegagalan adalah kunci kesuksesan, namun bayak juga yang tidak sanggup membuktikannya disaat dirinya ditimpa kegagalan. Mungkin kalimat itu sebagai penghibur diri  meskipun banyak tokoh sukses berhasil meriah puncak karena setumpuk kegagalan yang diraihnya. Nah lantas harus bagaimana., ..?
1.       Naluri manusia menghindari kejadian atau keadaan yang tidak disukainya, padahal boleh jadi dibalik kondisi/persoalan  yang tidak disukainya adalah jembatan menuju kebaikan yang berikutnya. Mengapa ?



     ,dalam kondisi sulit reptilian brain memberikan isyarat, melarikan diri, bertahan atau melawan.  Melarikan diri menghadapi persoalan hanya merupakan penundaan untuk datangnya persoalan yang lebih besar. Bertahan dalam kesulitan hanya tergantung pada cadangan kesabaran. Melawan  kesulitan akan membuat otak lebih cerdas menemukan solusi , perasaan lebih kuat mengahadapi gerusan erosi emosi dan otak lebih kuat untuk bekerja lebih keras. Walau mungkin kesulitan belum berlalu namun cara menghadapi kesulitan akan lebih hebat daripada sekedar beratahan apalgi melarikan diri..? .
2.       Dibalik kesulitan terdapat kemudahan, barang siapa menghindari kesultan sebenarnya hanya akan menghadapi kesulitan yang dihadapinya. Namun hanya sedikit orang memiliki keberanian menghadapi kesulitan karena enggan keluar dari zona nyamannya. Keberanian bukan persoalan seperangkat strategi taktik dan teknologi namun lebih merupakan kekuatan moral, mental dan keyakinan diri untuk berani menghadapi ancaman dan tantangan. Jadi  kuatkan mental anda menghadapi kesulitan karena waktu lah yang mengantar anda pada keberhasilan.
3.        Setiap orang  tergantung dari niatnya  dan  akan  memperoleh dari apa yang diniatkannya. Perolehan itu bisa berarti banyak ,sedikit atau tidak sama sekali. Tidak sama sekali atau gagal total  adalah perolehan dari kurun batas perjuangan. Perolehan apapun yang didapat harus disyukuri karena bersyukur adalah syarat untuk bertambahnya nikmat oleh karena itu bersyukur dalam kegagalan akan mendatangkan keberhasilan. Dengan bersyukur berarti akan mengerahkan segala potinsi diri untuk belajar kembali menjadi lebih baik ,maka tumpukan perbuatan  lebih baik adalah kebaikan terbaik itu sendiri.
4.        Jika perjuangan belum memperoleh hasil pada waktunya bukan berarti  akhir dari segalanya. Tak ada yang tidak mungkin jika yang maha memungkinkan mewujudkan tak  ada rintangan yang akan menghalangi jika kehenadaknya sudah beralaku.  Meminta kepada NYa adalah upaya untuk terus memperbaiki keadaan dari perubahan yang tidak nyaman,cepat lambat terwujudnya  adalah kehendaknya atas kebaikan bagi diri anda. Karena itu berbaiik sangkalah kepada Tuhan supaya Tuhan meperbaiki persangkaannya seperti apa yang anda inginkan….

Jangan berhenti berharap karena  dengan harapan andalah alasan dunia untuk tetap berputar.. Bersambung ..   



0 komentar:

Posting Komentar