Pages

Kamis, 26 Februari 2015

Tutorial Managerial : Menata Ulang Pegawai

Kank, Sebagai atasan baru di tempat kerja ini,saya ingin menata ulang sumber daya manusianya. Saya ingin setiap pegawai benar benar dapat bekerja sebagaimana mestinya dan meiliki integritas. Apa yang mesti saya lakukan..?

“Good management  give a degree of order and consistency to key dimensions like the quality and performance of work”.

Perubahan bisa mendatangkan penolakan bahkan “pemberontakan” jika niat baik anda untuk menata ulang pegawai untuk kebaikan mereka tidak dapat diterima secara baik baik pula.  “More changes always  needed more leadership .”Oleh karena itu beberapa tips berikut ini semoga bermanfaat.


·         System of action trying to ensure that those people actually do the job.  
Mengukur dedikasi pegawai bukan sekedar absen kehadiran namun juga harus diukur mereka yang melakukan pekerjaannya secara signifikan. Mereka yang senantiasa hadir dikantor tanpa melakukan pekerjaan yang signifikan hanya tutut membantu pemborosan energy ,mulai dari air listrik sampai gaji itu sendiri.  Ukurlah beban kerja yang harus diselesaikan dengan waktu untuk menyelesaikannya.

·         Keeping people moving in the right direction .
Agar tidak menimbulkan penolakan apalagi pemberontakan maka persiapkanlah strategi komunikasi yang efektif,informasi apa untuk siapa,pastikan setiap pihak yang berkepentingan mendapatkan dan memahami informasi yang ingin anda sampaikan berkaitan dengan tata ulang SDM tersebut.

·         Design career experiences  to develop that potential competences
Mutu pekerjaan jauh lebih penting daripada sekedar selesainya pekerjaan dengan hasil yang tidak memuaskan. Oleh karena itu bagaimana mereka menyesaikanpekerjaannya lebih penting dari hsail pekerjaan yang dikerjakan secara tidak tepat. Anda harus dapat membangkitkan ketulusan hasrat SDM untuk meningkatkan mutu produktivitasnya bukan semata mata mereka yang bekerja menggugurkan kewajibannya alias berorientasi pada besaran gaji yang diterima. Oleh karena itu anda harus membangun sistem remunerasi yang dapat mengakomodasi mutu  kinerja mereka.

·         Be actively seek out  people with leadership potential and exposed them .
Perhatikan karakter pegawai ,terutama yang tetap mempertahankan loyalitas dan dedikasi disaat instansi /perusahaan anda sedang krisis. Merekalah orang –orang yang selayaknya mendapatkan apresiasi ,lantaran mereka memiliki kesetiaan,penghormatan ,kepercayaan dan penghargaan serta rasa memiliki organisasi temapt dimana mereka bekerja.
·         Despite mayor obstacle to change
Petakan kembali kompetensi SDM dan  posisi tenaga kerja yang dibutuhkan ,sebagai pemimpin yang memiliki kewenangan dan kesempatan anda dapat mengatur kembali siapa memiliki apa ,bisa apa dan hasilnya bagaimana  secara tepat sesuai dengan core competences masing masing SDM .

“Hargailah pegawai yang memiliki komitmen terhadap pekerjaannya supaya anda dihargai atas apa yang sudah anda kerjakan’. Kank Hari.  


0 komentar:

Posting Komentar