Pages

Sabtu, 07 Februari 2015

5 A Menjadi Kreatif Dengan Belajar Dari “Kesalahan”

“Kami  menyadari bahwa kesalahan tidak dapat dielakkan dalam menjalankan tugas ,namun bagaimana caranya agar kami bisa sukses dari kesalahan  dan tidak ingin mengulanginya,kank..?”
Wahai Tuhan kami,janganlah Engkau siksa kami jika lupa atau salah” (QS AL Baqarah 286)

Seringkali kita tidak menyadari bahwa kesalahan yang kita lakukan dalam menjalankan tugas merupakan modal termahal untuk memperbaiki mutu kinerja dimasa depan sehingga pada saat melakukan keslahan kita sering mengingkari kesalahan (denial) sehingga tidak jarang kita mengulangi kesalahan yang sama dikemudian hari. Agar kita bisa kreatif dalam menghadapi keslahan berikut ini bebrapa tip s yang bisa dilakukan:


1.       Akui kesalahan  yang telah anda lakukan dengan kebesaran hati dengan tidak memendam perasaan sebagai manusia yang gagal ,karena kesalahan merupakan hal yang wajar dilakukan manusia selama tidak mengulangi kesalahan yang sama.

2.       Analisa kesalahan,adalah tugas selajutnya  yang harus anda lakukan dengan berfokus menemukan penyebab  terjadinya kesalahan itu,dengan anda mengetahui kesalahan anda dapat menyusun  langkah memperbaiki keadaan.

3.       Akomodasi pemikiran pemikiran alternative ,baik yang datangnya dari diri sendiri maupun orang lain tanpa merasa digurui atau merasa terlalu dicampuri,bisa jadi ide saran kritik dari orang lain bisa mempercepat proses memperbaiki keadaan.

4.       Asumsikan pertimbangan dari segala kemungkinan yang terjadi dimasa depan akibat dari keputusan atas pemilihan alternative yang telah anda pilih tadi.

5.       Ambil langkah yang paling sederhana dalam langkah bertindak daripada berbelit belit dengan berbagai pertimbangan dan alasan.  Sehingga langkah awal penyelesaian masalah sudah dapat dimulai dengan langkah sederhana tadi. Contoh jika harus datang pagi kekantor tanpa  datang terlambat  maka alasan kemacetan atau angkot terlambat bukan menjadi alasan pembenar melainkan langkah sederhana yang dilakukan adalah dengan datang lebih pagi kekantor. 

“Jika tidak belajar dari kesalahan,bagaimana mungkin memperbaiki keadaan..!”. 

0 komentar:

Posting Komentar