Pages

Senin, 26 Januari 2015

How To Be Good Leader.. (1)

Seorang pemimpin kehadirannya sangat diharapkan oleh staff atau pengikutnya,dikarenakan mereka butuh arahan dan bimbingan menuju tercapainya goal pribadi maupun organisasinya. Oleh karena itu mengenal kebutuhan staff atau pengikut akan memudahkan pemimpin memberikan arahan, berikut langkah yang bisa dilakukan:

·         Perhatikan kepentingannya,agar mereka memperhatikan kepentingan organisasi.
Sabda Nabi: “Aku (nabi) kepada kalian hanyalah semisal bapak terhadap anaknya”. Hr Abu Dawud.Nasa’i .Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).

Setiap orang membutuhkan perhatian dan kasih sayang tulus,oleh karena itu staff /pengikut hendaklah diperlakukan dengan penuh rasa kasih sayang yang tulus.Sebagaimana kasihnya kepada putra sendiri,kasih diartikan sebagai kesenangan memberi,memberikan kemudahan ,memberikan kegembiraan dalam menjalankan tugas. Sementara sayang dimakna sebagai kepedulian akan kemajuan karir  dan mengkhawatirkan resiko yang bakal dihadapi staff , staff merasa   sangat diperhatikan atasannya  sehingga tidak ada alasan baginya untuk menolak arahan.


·         Berikan pemahaman sebelum menanamkan ide.

Setiap orang tidak suka dipaksa untuk menerima ide masukan yang belum difahami atau diyakini kebenarannya oleh staff. Memaksakan ide kepada staff yang belum bisa memahami sangat tidak dianjurkan sebagus apapun ide itu . Bukan saja akan menghasilkan penolakan atau keterpaksaan dalam menjalaninya namun juga bisa menciptakan kondisi yang tidak kondusif dsn menurunkan produktifitas. “Tidaklah seseorang yang menyampaikan pembicaraan pada  suatu kaum, sedangkan pembicaraannya tidak dipahami oleh akal melainkan akan menjadi fitnah belaka diantara mereka”. (Hr. Muslim)

·         Dengarkan ide yang disampaikan staff anda.

Sebuah prestasi besar  pemimpin organisasi tidak jarang  terwujud karena melaksanakan  ide sederhana dari staffnya,dikarenakan tidak jarang ide staff itu berangkat dari kondisi nyata lingkungan yang dihadapi,sehingga ide sederhana itu menjadi solusi bagi persoalan organisasi. Jangan merasa ide bawahan sebagai ancaman eksistensi anda,dengarkan idenya boleh jadi akan mengantarkan kesuksesan bagi kepemimpinan.


0 komentar:

Posting Komentar