Pages

Minggu, 04 Januari 2015

KAJIAN ISLAMI MSDM ASN : KIAT MENGHINDARI KEBIASAAN BURUK REKAN KERJA

Kank, sudah bukan rahasia lagi jika  beberapa rekan kerja lebih suka berperilaku tidak semestinya,menunda pekerjaan, bekerja tidak sesuai SOP, atau bekerja tidak berdasarkan mutu yang ditetapkan,lebih memilih sekedar absen dsb. Saya tahu itu tidak benar lantas bagaimana saya agar tidak terpengaruh ..?
“Jikalau Tuhaanmu menghendaki,tentulah beriman semua yang ada dimuka bumi  seluruhnya. Maka apakah engkau memaksa manusia supaya mereka menjadi mukmin semuanya,padahal tidak ada satu jiwa pun akan beriman kecuali dengan izin Allah dan Allah menimpakan kekotoran kepada orang orang yang tidak mempergunakan akalnya”. QS Yunus 99-100. 

Lingkungan dan rekan kerja yang tidak kondusif dapat mempengaruhi perilaku kerja dan pencapaian kinerja pada seseorang, meskipun pada akhirnya setiap pegawai ASN harus bertanggung jawab atas  beban standar kinerja nya masing masing.Sebagaimana firman Allah dalam ayat tersebut diatas  kepada orang orang yang tidak mempergunakan akalnya, Oleh karena itu penting bagi anda unrtuk memiliki sikap mental  positif dalam menjalankan tugas demi kepentingan diri sendiri dan citra lembaga. Berikut beberapa kiat agar memiliki sikap positif:  



  • Milikilah tujuan hidup dalam menjalankan tugas,karena mereka yang tidak memiliki tujuan akan tersesat pada akhirnya. Rata rata keberhasilan orang sukses memiliki  perencanaan yang jelas sekaligus dengan eksekusi dalam tindakan yang jelas.  Meraka terus menghidupkannya dalam setiap gerak langkah upayanya ,mereka terus mengarahkan tindakan nya menuju tujuan yang ingin dicapainya.
  • Jika menuruti orang pada perilaku tidak baiknya akan membuat anda menyesal dikemudian hari karena perilaku tidak baik yang anda lakukan pula.  Ingatlah bahwa peningkatan mutu kualitas kehidupan anda  baik dalam profesi ,pribadi maupun sosial sangat bergantung dari reputasi atau rekam jejak kinerja dan sikap mental anda dala menjalani kehidupan.
  • Berbuat baik dan benar akan mendatangkan ketenteraman demikian juga sebaliknya berbuat pelanggaran hanya berbuah kegelisahan ,kecemasan dan perasaan tidak tenang yang bisa berakibat pada kebahagiaan hidup.   Olah karena itu jika anda lebih senang disebut sebagi orang yang baik dan berbuat kebenaran lakukan kebaikan secara berkesinambungan karena kebaikan itu harus terus dilakukan.
  • Orang yang baik tidak perlu cemas akan harga dirinya. Setiap orang yang merasa tidak melakukan pelanggran akan lebih ringan dalam melangkah seklaigus puas dan senang atas apa yang dilakukannya karena dampak perilakunya juga berbuah kebaikan bagi orang lain . Jika anada senantias menjalankan tugas dengan baik anda akan terdorong untuk memberikan yang terbaik dari yang anda bisa sekaligu meningkatkan self esteem anda. Dengan demikian anda tidak terlalu merisaukan  bagaimana orang lain menghargai anda.
“Dengarkan suara hati anda terutama  ketika anda ingin mengikuti perilaku tidak baik dari orang orang disekitar anda nisacaya anda akan selamat”. Kank Hari




0 komentar:

Posting Komentar