Pages

Minggu, 11 Januari 2015

Kajian MSDM (ASN) Islami : Kiat Mengatasi Atasan Selalu Berpikiran Negatif

Parah   !,kami ingin unit kerja ini dapat memberikan palayanan yang lebih baik,namun atasan enggan mendukung bahkan kami dianggap mengada –ada bahkan dianggap ingin menggantikan kedudukannya,padahal enggak mungkin buanget kank hari..kami staff yang masih lauamaa.. sekali bisa memiliki keduduka. Dari beberapa mantan  rekan kerja dan staffnya sepertinya atasan saya merasa tersaingi jka ada orang lain yang lebih hebat darinya , akhirnya sebagian pegawai memilih apatis atau kerja sebatas nya saja memilih menjadi safe player ,lantas saya harus bagaimana..?

Saya coba analisa melalui perilaku organisasi saja, mengingat jika kita analisa melalui perilaku manajerial sudah dapat dipastikan atasan anda tidak menjalankan porsi modeling the way , encourage the heart dan share on the vision sebagaimana mestinya.  

Rasulullah SAW Bersabda : “ Tahukah anda semua ,siapa yang diharamkan neraka kepadanya..?                                Para sahabat menjawab : Hanya Allah dan rosulnya yang  lebih tahu ..!”. Maka Rosulullah SAW melanjutkan jawabannya : Neraka itu diharamkan bagi orang yan lemah lembut,mudah dalam pergaulan dan bersemangat kekeluargaan”. (HR At Tirmidzi dari Ibnu Mas’ud )

“Psychologists and sociologists have esed this same principle to explain why a worker gets angry when he learns  that he is receiving less pay than co worker for performing a similiar job .....etc.  In deed, it account for the anger we feel being  treated unfairly or unjustly in any situation” . Journal of Conflict Resolution ,across national Study .



Kebanyakan perilaku negatif yang melekat dalam diri seseorang merupakan hasil pengalaman masa lalu yang tidak menyenangkan,orang yang memiliki self esteem rendah dan meraka adalah ornag yang tidak dapat berdamai serta bahagia dengan dirinya sendiri. Sehingga sangat sulit melihat kebahagiaan,kesuksesan dan superioritas orang lain mereka tidak ingin orang lain lebih unggul darinya bahkan jika perlu menjegal keberhasilan orang lain meskipun hal tersebut untuk keberhasilan unit kerja yang dipimpinnya.

Mereka adalah orang yang sulit menerima masukan apalagi untuk bidang kerja yang dijalani,tergesa gesa mencela ide atau memotong pembeicaraan orang lain tentang apa yang seharusnya dilakukan dan tidak jarang meminjam Nama TOP manejemen untuk urusan yang membutuhkan peneguhan orang lain atau mekmaksa orang lain menyetujui kepusannya itu. Jika anda bahawan rasanya SULIT untuk mengubah pendiriannya..? “then learn what you have to do to change her/him,you and the situation..!”

Namun ada baiknya anda gunakan persuasive approach berikut ini   :  

  • Hindari membantah atau berdebat dengan atasan saat “tensi “ atasan sudah meninggi atau tidak ingin anda membantahnya. Membantah atau berdebat dengan atasan dengan momen seperti ini hanya akan memperkeruh suasana meskipun anda dipihak yang benar dan memiliki  bukti data serta fakta yang akurat.  Atasan pun tak akan mendengarkan dan  menghiraukan apapun informasi dari  anda sepenting /segenting apapun yang anda sampaikan.  Jangan masukan dalam hati komentar negatif dan penolakannya pilihlah menghindar dan mencari momen waktu yang tepat untuk menyampaikannya atau simpan saja ide anda untuk suatu saat nanti.
  • Milikilah kerendahan hati  guna memuji dan memberikan kalimat positif  untuk meredam dan merespon pemikiran serta perilaku negatifnya.  Kalimat positif anda bukan untuk membuat modus ABS/AIS  melainkan pada orang dengan self esteem rendah memeiliki efek pengaruh yang luar biasa. Mereka merasa dihargai kedudukannya,diakui keberadaannya dan anda tidak dianggap saingan yang mengancamnya. Perilaku positif anda akan tersimpan dalam long term memory nya sebagai sosok yang dapat memberikan pemenuhan need of recognation nya.  Lambat laun akan mengubah pola berpikir dan persepsi nya ata sperilaku orang lain untuk lebih positif.
  • Berbicaralah tentang  riwayat sukses yang diraihnya, dengan anda mendengar cerita suksesnya akan membantu pelepasan emosi  dari dirinya sehingga mereka merasa nyaman sekaligus dapat meningkatkan self esteem nya.   Buatlah pertanyaan yang dapat menggali momorinya tentang pencapaian keberhasilan penghargaan yang pernah diterimanya sehingga dapat bercerita dengan bangga dan meneguhkan citra positif  dari dirinya. Dari jawaban itulah anda akan mendapatkan gambaran banyak tentang kepribadiannya.
“Pada dasarnya perilaku negatif atasan anda memiliki latar belakang yang kadang belum  kita diketahui.bagaimana pun tak ada orang yang berkeinginan untuk negatif selamanya”. Kank Hari



0 komentar:

Posting Komentar