Pages

Jumat, 16 Januari 2015

Dialog Psikologi MSDM ISLAMI : 4 Cara Menumbuhkan Perasaan Berharga Dalam Berprofesi

Kank , sekalipun saya menduduki  jabatan SPV setingkat (Kasie di ASN ) kadang saya merasa tidak bangga dan berharga saat menjalani profesi. Bagaimana ini kank..? “

“Perasaan tidak berharga itu merupakan hasil dari persepsi yang anda kembangkan sendiri oleh karena itu perbaiki persepsi anda tentang perasaan tidak bangga dan berharga dalam menjalani profesi itu..
“Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah (pula) kamu bersedih hati . Padahal kamu orang yang paling tinggi derajatnya, jika orang yang beriman “ (QS Ali Imran :139) 

Melalui apa kank..?

  “Seorang yang beriman pasti mengetahui alasan mengepa dirinya beriman..”Kenalilah penyebab anda merasa tidak bangga dan tidak berharga dalam menjalani profesi itu,apakah disebabkan knowledge pada bidang yang anda geluti kurang memadai,jika ini penyebabnya berupayalah untuk terus belajar meningkatkan pengetahuan tentang tugas dan fungsi SPV  sehingga anda lebih percaya diri dalam menjalankan tugas.


Saya rasa bukan itu tapi memang seharusnya saya tidak boleh berhenti belajar. Lantas bagaimana jika saya ingin menjalani profesi ini dengan baik..?

 “Seorang yang beriman akan menjalankan apa yang diyakininya..” Perasaan  yakin dapat mengerjakan tugas dengan baik akan menumbuhkan rasa percaya  diri, oleh karena itu tingkatkan terus knowhow anda di segala keterampilan dari SPV mulai dari technical skill, negotiation skill, public speaking skill dan conceptual skill. Baik dengan banyak latihan maupun mengembangkan diri melalui  membaca ataupun mengikuti pelatihan.

OK ,kank. Lantas bagaimana menumbuhkan optimisme  perasaan berharga itu sendiri...?

 “Seorang beriman pasti meyakini balasan dari keimanannya “. Bekerjalah dengan passion kebaikan dan kejujuran karena akibat dari kebaikan dan kejujuran dalam berprofesi tidak akan mendatangkan selain perasaan nyaman tentream,bahagia terhindar dari rasa cemas,rasa bersalah  rasa penghukuman pada diri sendiri serta mendatangkan rasa hormat dan kebahagiaan orang lain termasuk stake holder.

Berarti bertindak dan berpikir positif kuncinya, kank ..?

Yes, Seorang beriman pasti percaya akan masa depannya..”  anda tidak bisa merasakan perasaan bangga dan berharga dalam menjalani profesi dan kehidupan yang besarnya melebihi dari persepsi yang anda kembangkan. Kualitas perasaan berharga   dalam menjalani profesi yang anda rasakan merupakan hasil proses olah pikir dan standar kehidupan yang telah anda tetapkan  sendiri. Jika anda merasa tidak cukup berharga dalam menjalani profesi maka anda dihinggapi perasaan tak percaya diri,termasuk bagaimana reaksi orang lain kepada anda mungkin juga  staff anda sendiri.


“ Salah satu ujuan dari jabatan adalah ketidak percayaan diri serta perasaan tidak cukup berharga dalam menjalankan amanat ,oleh karena itu tunaikan manat sebagaimana mestinya agar anda cukup berharga dimata manusia dan dihadapan Tuhan”.  Kank hari Ustadz MSDM 

0 komentar:

Posting Komentar