Pages

Senin, 19 Januari 2015

Kajian Psikologi Islam MSDM : Menghadapi Perasaan Tak Cukup Waktu

Saya merasa sangat sibuk tapi bila direnungkan saya merasa tak ada hasil apa apa, Apa yang sedang terjadi  Kank?

Perasaan tidak bermakna saat menjalani tugas yang terwujud dari  merasa banyak waktu yang digunakan tapi tak ada hasil yang bisa dirasakan merupakan pencerminan dari perasaan kecewa atau harapan terpendam  karena tak kesampaian apa yang sebenarnya anda inginkan. Kedua bisa jadi karena anda punya kecenderungan  untuk memiliki imajinasi yang tinggi terhadap profesi. Ketiga bisa jadi anda merasa profesi yang saat ini anda jalani bukan merupakan ladang tempat anda dapat beraktuliasasi diri, sehingga perasaan bangga dan bermakna dalam menjalani profesi  tidak terpenuhi alias meaningless.

Terimalah perasaan tidak nyaman yang anda rasakan, namun milikilah niat untuk memperbaiki perasaan tidak nyaman tersebut, jangan biarkan persaan tidak nyaman itu berlarut larut yakinkan bahwa anda dapat menyingkirkannya.

Oleh karena itu milikilah  keterampilan mengelola waktu (time management) untuk semua pekerjaan yang anda inginkan, selesaikanlah setiap apa yang sudah anda mulai jangan menunda pekerjaan karena setiap penundaan  hanya akan  membuat perasaan tidak nyaman.


 
Milikilah rasa syukur atas pekerjaan yang telah anda selesaikan karena ini bukti bahwa anda memiliki kompetensi dan mampu menyelesaikan tugas, wujudkan rasa syukur atas kompetensi yang anda miliki jangan berpikir bahwa kompetensi anda miliki  tidak berharga dengan berharap  memiliki profesi yang anda impikan tapi belum kesampaian karena hanya akan menimbulkan kekecewaan saja . Kembangkan terus kompetensi anda setahap demi setahap dan rayakan keberhasilan anda dalam menyelesaikannya sehingga anda merasa  berharga.

Selesaikanlah setiap permasalahan jangan hanya dipendam atau dibiarkan dengan harapan persoalan selesai dengan sendirinya. Fokuskan pada alternatif pemecahan permasalahan jangan hanya  mengingkari  persoalan dengan mengabaikannya. Jika perlu berkonsultasilah dengan senior atau ahlinya agar anda mendapatkan pencerahan  dari sisi positif persoalan yang anda hadapi sekaligus menemukan solusinya.

Milikilah kemampuan mengelolah diri, dengan melatih perasaan tenang dalam  berbagai menghadapi persoalan, padanglah setiap persoalan secara objektif jangan biarkan pikiran negatif  menyerang anda. Jangan tergesa –gesa mengambil kesimpulan atas permasalahan yang anda hadapi tanpa menganalisa secara mendalam dan mempertimbangkan. Agar anda terbiasa memberikan label negatif dari persoalan yang anda hadapi.

Jangan hanya berpikir benar- salah terhadap persoalan karena bisa jadi setiap persoalan memiliki alasan dan latar belakang sendiri sendiri.  Dalam berkomunikasi  dengan orang lain jangan memaksakan kehendak ,karena penolakan atas ide yang anda sampaikan hanya akan mendatangkan kekecewaan yang berpengaruh terhadap kesehatan psikologi anda sehingga anda makin sulit  menghargai atas upaya yang telah anda capai sehingga anda merasa tidak menghasilkan apa apa meskipun merasa sudah bekerja keras
Kembangkan hobi  jangan hanya terfokus pada rutinitas bekerja agar anda memiliki keragaman kegiatan yang menyenangkan.


0 komentar:

Posting Komentar