Pages

Selasa, 20 Januari 2015

Psikologi Motivasi Kewirausahaan: 4 Kiat Berani Memulai Bisnis

Kank,dari sisi “study kelayakan’saya yakin bisnis yang akan saya rintis bakal maju tapi mengapa saya menjadi takut untuk memulai ,padahal bisnis saya minim resiko.Lantas Bagaimana caranya saya memotivasi diri sendiri agarberani memulai..?

Tantangan untuk memulai sesuatu yang akan membawa perbaikan hidup dengna menjadi wirausaha  adalah keberanian, bukan pada modal atau kelengkapan sarana dan prasarana usaha,mengapa..? Karena banyak pengusaha sukses justru berawal dari nol dengan modal minim bahkan tanpa modal financial namun memiliki keberanian untuk memulai bisnisnya. Mereka beranggapan sebuah perjalanan jauh harus dimulai dari langkah awal,oleh karena itu mereka memberanikan diri segera mengawali melangkah dengan memulai bisnis meskipun dengan bekal yang minim. Mereka bukan tidak berhadapan resiko kegagalan namun karena keberanian itulah resiko kegagalan menjadi tantangan bagi keberhasilannya .Belajar dari  pengusaha sukses itulah maka ada beberapa sikap mental yang harus anda kembangkan,diantaranya sebagai berikut:  



  • Milikilah keyakinan pada tujuan anda,karena hanya mereka yang memiliki keyakinan pada tujuannya yang akan sampai”.  Tantangan awal dari memulai bisnis adalah menghilangkan keraguan yang muncul akibat pengembangan pikiran negatif dari diri sendiri.  Terlalu banyak pertimbangan dan meragukan keberhasiln akan membuat anda kehilangan rasa percaya diri dan bahkan bisa merusak harga diri. Padahal para pengusaha sukses adalah sosok yang sangat percaya diri bahwa dirinya bisa berhasil dan  bahwa produk atau usahanya dapat diterima dan laku dipasaran membuat mereka merasa lebih berharga dalam nmenjalani kehidupannya, sehingga rasa percaya dirinya meningkat seiring dengan kuntungannya yang meningkat pula. Jadi tak ada kata lain “yakinlah pada niat baik anda dan segera laksanakan apa yang anda yakini...!
  • “jadikan rencana usaha anda sebagai upaya memperbaiki kehidupan,diri sendiri,anak istri,orang tua dan kebermanfataan bagi konsumen” . Dengan demikian anda memiliki semanga yang mendorong anda pada tahapan peningkatan mutu kehidupan.  Ingin memberikan peningkatan mutu yang lebih baik bagi orang orang yang anda cintai menjadi bahan bakar peningkatan emosi untuk menjadi pebisnis yang sukses yang mengabaikan besarnya halangan. Karena semakin besar halangan semakin besar peluang keberhasilan dan semakin besar peluang pula  keuntungan yang diraih . Dengan melihat betapa besar manfaat usaha yang bakal anda kembangkan bagi peningkatan mutu kehidupan orang yang anda cintai akan membuat anda gigih untuk berjuang sekaligus memiliki semangat dan keberanian untuk memulainya. “ Lihatlah  betapa besar manfaat orang yang anda cintai,lantas mengapa anda ragu memulainya..!”.  
  • “Percayalah anda bisa ,dengan percaya anda bisa anda akan yakin bisa memulai,tinjau kembali pengalaman menegangkan saat anda menyelesaikan skripsi ,ujian bahkan berhasil menjadi juara kompetisi  akan membuat anda tahu betapa hebatnya diri anda”. Pengetahuan pada kemampuan diri saat mengahadapi kesulitan kesulitan dan berhasil menyelesaikannya akan membuat anda percaya bahwa anda pernah bisa mengatasi kesulitan yang bisa anda selesikan akan meningkatkan keyakinan diri bahwa nada memang pantas untuk berhasil . dengan demikian anda punya keyakinan bahwa anda bisa  bisa menyelesaikan beberapa rintangan dan berhasil ,sehingga anda ingin mecoba dan mengulani nya lagi pada tantangan mental memulai bisnis yang sudah anda rencanakan dengan matang. “ Jika kita sedikit merenungkan betapa beraninya saat mengahadapi kesulitan dimasa lalu maka tak ada lasan bagi kita untuk takut memperbaiki mutu kehidupan saat ini buat beka dimasa depan..!”.
  • “ Mulailah dengan semangat,karena semangat anda akan memancarkan aura positif bagi diri sendiri dan membawa pencerahan bagi orang lain”.  Semangat yang anda miliki dapat membuat orang lain yakin bahwa usaha yang anda lakukan layak diapresisasi,meraka yakin pada produk atau usaha anda akan membawa kebermanfataan bagi pemenuhan kebutuhan nya sehingga mereka tidak punya alasan lain untuk memanfaatkan berbagai prodauk/jasa yang anda tawarkan dengan perasaan senang.  Dan Lihatlah betapa semangat anda untuk memperbaiki kulitas hidup orang membuat seluruh isi dunia menyambut kedatangangan anda ,betapa anda menemukan semangat anda  bisa mentangkan semangat kebermaknaan hidup semua orang yang anda temui. Jadi mulailah dengan semangat ,sehingga anda memiliki semangat untuk memulainya..!  

0 komentar:

Posting Komentar