Pages

Minggu, 25 Januari 2015

Kiat Praktis Berinteraksi Dengan Rekan Kerja Yang Tak Disukai

Seringkali anda  kesulitan dalam mengendalikan perasaan jika berhadapan dengan rekan kerja yang tak anda disukai apalagi  jika anda harus terus bekerja sama dalam satu team unit kerja. Inilah yang bisa anda lakukan agar tetap berkepala dingin walau perasaan sedang  tidak nyaman:

·         Memaafkan akan lebih meringankan daripada terus menyimpan dendam”,belajarlah untuk memaafkan keterbatasan diri untuk memahami orang orang yang sulit anda mengerti,sekaligus belajarlah untuk bisa memaafkan kesulitannya untuk mengerti anda.

·         Setiap orang memiliki caranya sendiri dalam menghadapi persoalan termasuk  menyelesaikan tugasnya”. Berikan  kebebasan kepadanya untuk  menyelesaikan tugasnya  secara bertanggung jawab, jangan terlalu banyak member saran selama tidak melanggar prinsip kerja.



·         Setiap orang lebih bersemangat bila dipuji bukan dimusuhi”. Milikilah ketulusan hati untuk memberikan pujian dan motivasi agar dapat menjalin kerja sama yang harmonis dengan orang yang tak disukai.

·         Diam mungkin lebih baik dari pada berbicara muncul banyak persoalan”. Jika semua pembicaraan lebih karena kepentingan ego yang tak ada manfaatnya ditanggapi maka diam tidak menanggapi akan lebih baik bagi anda.

·         “Jika  terpaksa anda menegur  karena kesalahannnya lebih baik terkait pada hasil yang ingin dicapai bukan menilai  hasil upayanya”.  Buatlah teguran yang mengarah untuk perbaikan mutu dan hasil kerja dengan kalimat poitif bukan dengan maksud untuk menyerang. Termasuk mungkin memperbaiki nada suara yang mengarah kepada lebih bersahabat.

·         “Anda hanya bertugas mengingatkan bukan mengubah perilakunya”.  Berhentilah memaksakan kehendak untuk mengubah perilaku orang lain dikarenakan hanya akan melelahkan perasaan anda,biarkan orang dengan pilihan sikapnya dan bertanggung jawab atas konsekuensi logis yang diterimanya .





0 komentar:

Posting Komentar